Kata-kata Motivasi Kerja – Inspirasi untuk Karyawan

Kata-kata Motivasi Kerja – Inspirasi Untuk Karyawan

Kemajuan dan perkembangan dari sebuah organisasi termasuk dalam hal ini perusahaan merupakan hasil kerja tim yang solid. Perusahaan yang memiliki dasar team work yang bagus tentunya akan jauh lebih maju karena semua personel di dalamnya bisa berfungsi sesuai perannya masing-masing. Selain penghargaan yang diberikan kapada karyawan, kata-kata motivasi kerja dari atasan juga menjadi faktor penting agar semua sistem bisa berjalan dengan baik.

Tugas dan rutinitas dalam pekerjaan yang cenderung sama dan berulang setiap hari memang seringkali membuat karyawan menjadi bosan. Kebosanan yang terjadi tersebut bisa membawa dampak pada penurunan performa karyawan sehingga hasil pekerjaannya juga akan menurun.

Tentunya jika hal seperti itu sering terjadi, akan berakibat kurang baik bagi perusahaan karena akan berhubungan dengan pencapaian target dan kemajuan perusahaan itu sendiri.

Itulah alasannya mengapa kata-kata motivasi kerja sebenarnya menjadi kebutuhan bagi karyawan. Sayangnya masih banyak pimpinan, atasan atau leader yang belum memahami hal tersebut. Apakah yang dimaksud dengan motivasi dan apa manfaatnya? Berikut penjelasannya.

Apakah Itu Motivasi?

Pengertian

Motivasi sering juga disebut dengan kata “motif” merupakan alasan atau dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang untuk bertindak  agar apa yang menjadi tujuannya bisa tercapai. Berdasarkan pengertian tersebut, maka bisa dikatakan bahwa motivasi kerja adalah dorongan dari dalam diri karyawan untuk bekerja dengan maksimal agar target bisa tercapai.

Kata-kata motivasi kerja akan membantu menumbuhkan dorongan yang lebih kuat dari dalam diri karyawan yang bersangkutan.

Jenis Motivasi

Ada 2 jenis motivasi yaitu :

Motivasi Intrinsik yaitu dorongan yang datang benar-benar berasal dari dalam diri sendiri tanpa adanya pengaruh dari luar.

Motivasi Ekstrinsik yaitu dorongan yang datangnya berasal dari faktor di luar dirinya. Kata-kata motivasi kerja masuk ke dalam jenis ekstrinsik.

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis saat ini mau tidak mau pada akhirnya akan membuat perusahaan membuat standar yang tinggi pada karyawannya. Standar yang tinggi akan lebih cepat mendatangkan rasa cemas, depresi dan tekanan yang besar pada karyawan.

Disinilah kemudian motivasi kerja diperlukan agar karyawan bisa tetap bersemangat dalam menghadapi segala persoalan dalam pekerjaannya.

Masih bingung bagaimana cara untuk bisa menumbuhkan motivasi dalam melakukan pekerjaan, temukan jawabannya di bawah ini.

Cara Menumbuhkan dan Meningkatkan Motivasi Kerja

1. Selalu bersyukur dan berpikiran positif

Saat sedang stres dan tertekan menghadapi masalah dalam pekerjaan biasanya orang akan cenderung merasa bosan serta ingin menghindar. Jika pikiran seperti itu mulai menghinggapi diri berarti sudah waktunya Anda membutuhkan motivasi, baik dari orang lain seperti rekan kerja atau atasan.

Namun perlu diingat bahwa motivasi juga bisa berasal dari diri sendiri. Mulailah dari sikap positif dengan selalu mensyukuri keadaan karena masih memiliki pekerjaan. Selain itu, kembangkan juga sikap selalu berpikir positif bahwa Anda pasti mampu menyelesaikan semua tugas dan pekerjaan dengan baik.

2. Lebih mencintai pekerjaan Anda

Tidak ada salahnya menirukan romansa dan “pengorbanan” orang yang sedang jatuh cinta untuk menumbuhkan motivasi dalam pekerjaan. Orang yang jatuh cinta tidak mudah menyerah walaupun banyak rintangan menghadang.

Tapi bukan berarti Anda harus mendengarkan kata-kata motivasi kerja yang mirip rayuan orang yang jatuh cinta tentunya. Itu hanyalah salah satu cara agar bisa lebih bersemangat menyelesaikan setiap masalah dalam pekerjaan dengan lebih mencintai apa yang dilakukan.

3. Hilangkan ketakutan dan keraguan

Semangat dan motivasi seseorang bisa menurun atau bahkan hilang hanya karena dia merasa takut dan ragu dalam menghadapi sebuah persoalan. Takut pekerjaan tidak akan sempurna adalah hal yang lumrah tetapi jangan menjadikannya alasan untuk tidak melakukan apapun.

Baca Juga :

Lebih baik melakukan sesuatu dengan tidak sempurna daripada tidak mengerjakan apapun. Buang keraguan jauh-jauh karena itu hanya akan membuat Anda tidak berani melakukan apapun dalam pekerjaan.

4. Setidaknya Anda bukan pengangguran

Kata-kata motivasi kerja bisa juga Anda dapatkan dengan cara melihat fakta bahwa saat ini masih banyak pengangguran yang bersusah payah mencari pekerjaan. Lalu mengapa Anda yang beruntung telah mendapatkan pekerjaan menyia-nyiakan hal tersebut?

Sesulit apapun masalah yang harus diselesaikan dalam pekerjaan, tetap ingatlah setidaknya Anda bukan pengangguran.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.