Strategi Untung Besar Dalam Bisnis Hewan Kurban

Strategi Untung Besar Dalam Bisnis Hewan Kurban

Bagi umat islam, menjelang hari raya idul adha seperti ini merupakan berkah yang sangat luar biasa. Bukan saja pada calon penerima daging kurban namun juga bagi para pelaku bisnis hewan kurban.

Bagaimana tidak? Hewan peliharaan, dalam hal ini kambing dan sapi, sangat dicari untuk dijadikan hewan kurban.  Nah, tentu saja ini menjadi moment yang sangat tepat untuk mendapatkan untung besar.

Strategi Untung Besar Menekuni Bisnis Hewan Kurban

Untuk Anda yang saat ini tertarik menggeluti bisnis hewan kurban, berikut telah kami rangkum beberapa tips yang bisa dicoba agar bisa untung besar bisnis hewan qurban. Penasaran?

1. Pilihlah hewan kurban yang berkualitas

Memilih hewan kurban yang berkualitas merupakan syarat utama yang dapat menunjang bisnis penjualan hewan kurban Anda agar mendapat untung besar. Hal ini sangat wajar, karena pastinya para konsumen menginginkan hewan kurban dengan kualitas yang baik. Dimana kualitas tersebut, dilihat dari segi kesehatan hewan dan juga bobot hewan itu sendiri.

Untuk itu, saat membeli (kulakan) hewan kurban, pastikan untuk teliti dalam mengecek kesehatan serta bobot hewan kurban Anda, agar nantinya tidak merugi karena hewan kurban yang tidak sehat tentu akan sulit untuk dijual kembali.

Jika anda kurang memahami tentang bagaimana kriteria hewan kurban yang bagus, Anda dapat mengajak orang yang sudah berpengalaman pada pekerjaan ini.

2. Carilah hewan kurban langsung dari peternak

Tips selanjutnya adalah membeli hewan kurban langsung dari peternaknya. Kenapa harus begitu? Karena hewan kurban yang dibeli langsung dari peternak biasanya memiliki harga yang lebih murah jika dibanding dengan hewan kurban yang dijual oleh pedagang di pasar hewan.

Jika Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari pasar, tentu hal ini merupakan hal yang menguntungkan, karena dapat memperbesar potensi keuntungan yang didapat.

Selain itu, berdasarkan pengalaman banyak orang yang telah terjun dalam bisnis ini, kualitas hewan kurban yang diambil langsung dari peternak lebih terjamin.

Hewan dari peternak biasanya bisa didapatkan di daerah-daerah pedesaan atau sedikit ke pelosok. Di sana biasanya banyak peternak yang memelihara baik sapi atau kambing, karena persediaan makanan masih sangat melimpah.

Jadi intinya, pintar-pintarlah berkomunikasi dan mengambil hati para peternak, agar tawaran harga yang Anda ajukan bisa diterima.

3. Perbanyak kenalan dengan pengurus masjid atau komunitas islam

Tidak dipungkiri dengan memperbanyak kenalan pengurus masjid atau komunitas islam, sangat menunjang dalam meningkatkan bisnis perdagangan hewan kurban Anda.

Pengurus masjid, ta’mir masjid atau komunitas-komunitas sejenis yang berbasis agama islam, pada hari-hari tersebut (saat menjelang hari raya qurban), pasti akan sibuk berburu hewan kurban.

Maka dari itu, manfaatkan peluang bisnis ini, makin  banyak kenalan Anda, maka potensi pembelian hewan kurban semakin tinggi.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk berkomunikasi dengan mereka, salah satunya adalah dengan masuk melalui kegiatan-kegiatan yang sering diadakan.

Sering-seringlah mengikuti kegiatan mereka, seperti kegiatan amal misalnya, pengajian atau kegiatan yang lainnya. Dengan aktif seperti ini, tentu akan memudahkan Anda untuk menjalin interaksi yang baik.

4. Berpromosi dengan berbagai media

Promosi merupakan bagian penting dalam sebuah bisnis. Maka Anda juga wajib melakukan hal ini saat menjalankan bisnis perdagangan hewan kurban, supaya  berpotensi mendapat untung yang besar.

Saran kami, sebaiknya Anda rajin menyebar selebaran atau brosur ke berbagai lokasi strategis dalam melakukan promosi. Lokasi strategis ini bisa di masjid, musholla, menaruh di swalayan, apotik, di pinggir-pinggir jalan atau tempat-tempat ramai lainnya yang berpotensi dibaca banyak orang.

Khusus untuk masjid, sangat dianjurkan untuk meminta izin terlebih dahulu pada ta’mir masjid jika bermaksud untuk berpromosi, hal ini agar tidak mengganggu aktivitas masjid dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika ragu (tidak enak) untuk menempel selebaran di masjid, Anda bisa menempelnya di jalan menuju masjid atau didinding pagar luarnya.

Selain mengandalkan promosi offline, jangan lupa berpromosi di berbagai media sosial. Tak dipungkiri, dengan bantuan internet, usaha kita bisa dikenal dengan lebih efektif dan murah.

Untuk Anda yang tidak punya modal, bisa mendapatkan untung besar dengan menjadi makelar perdagangan hewan kurban.

Selain menjadi pedagang langsung, Anda juga bisa memilih menjadi makelar dari bisnis ini. Artinya, Anda bertugas menjembatani antara penjual dan pembeli tanpa harus mengeluarkan  banyak modal dan itu juga sangat menguntungkan.

Agar bisa sukses di bidang ini, Anda harus aktif memperbanyak kenalan penjual hewan kurban. Dengan banyak kenalan, Anda bisa mempromosikan hewan mereka kepada pembeli atau konsumen.

Bisnis seperti ini selain bisa dilakukan nyaris tanpa modal finansial,  juga tidak beresiko sama sekali. Mungkin resiko yang akan diterima bila gagal, hanya pengorbanan waktu saja. Dan nyatanya, sudah banyak yang membuktikan, bisa meraih untung besar dari usaha ini, bila menguasai tekniknya.

Baca Juga :

Demikianlah ulasan kami mengenai strategi untuk mendapatkan untung besar dalam bisnis hewan kurban. Silahkan dicoba dan semoga sukses.

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.