Alasan Saya Tidak Memasang Widget Artikel Populer

2
51
Alasan Saya Tidak Memasang Widget Artikel Populer

Widget Artikel Populer – Fungsi Widget dalam sebuah blog cukup banyak, mulai untuk memaksimalkan navigasi, profil pemilik blog, pengikut, arsip, feed RSS, polling, tautan berlangganan, Logo, memasang gambar hingga wadah untuk pengiklan. Namun, yang paling banyak difungsikan adalah menggunakannya sebagai sarana navigasi dan tempat untuk memasang iklan.

Pada umumnya, widget yang dipasang pada sebuah blog adalah widget artikel populer, komentar terbaru, artikel terbaru, sosial media dan label. Banyak yang menyarankan widget ini digunakan se-efesien dan se-efektif mungkin. Jangan sampai widget tersebut membuat blog Anda semakin berat dan akhirnya akan mempengaruhi kualitas SEO dari blog itu sendiri.

Namun pernahkah Anda memperhatikan blog yang sudah tenar. Sepertinya tidak memasang salah satu widget yang sering terpampang pada blog di belantara dunia maya. Widget apakah itu?

Widget artikel populer. Widget ini sebetulnya sangat riskan, karena bisa menjadi bumerang terhadap blog itu sendiri. Nah, untuk mengetahui alasan kenapa sebaiknya widget artikel populer ini ditiadakan dalam sebuah blog, silahkan disimak ulasan berikut :

Kenapa Widget Artikel Populer Sebaiknya Tidak Dipasang

1. Mempermudah pesaing

Jika artikel populer terpasang dalam sebuah blog, maka kompetitor dengan mudah memperoleh informasi. Kompetitor akan mengetahui artikel yang memberikan kontribusi terbesar dalam meraih pengunjung.

Kompetitor yang bersangkutan akan berusaha membuat sebuah artikel yang lebih menarik, lebih lengkap dan lebih informatif untuk menyaingi blog Anda.

Kalau ilmu SEO Anda tidak terlalu baik untuk bersaing dengan mereka yang berpengalaman, maka jangan kaget ketika jumlah pengunjung blog Anda menurun drastis.

2. Pertimbangan advertiser

Sebuah blog dengan lalulintas yang tinggi akan menarik perhatian oleh pengiklan mandiri. Para calon pengiklan akan melihat nice dari blog yang Anda kembangkan tersebut.

Ketika mengetahui artikel populer dalam blog Anda tidak berkaitan dengan produk yang mereka usung, maka jangan berharap blog Anda mendapat job iklan mandiri.

Sekedar berbagi, saya pernah menemukan blog gado-gado yang memiliki pengunjung puluhan ribu/hari, kurang ingat berapa puluh ribu tepatnya. Waktu itu iseng saja mengklik statistik histats yang terpasang di blog tersebut. Tak disangka, pemilik blog tidak mengunci layanan yang digunakan secara gratis itu.

Yang membuat saya kaget, 90% lebih pengunjung blog tersebut menuju satu artikel yang sangat singkat. Artikel tersebut menyajikan lirik lagu salah satu band ternama di Indonesia.

Jika Anda memposisikan diri sebagai pemilik produk dan berencana mencari blog untuk diajak kerjasama dalam penempatan iklan. Apakah berminat ketika mengetahui sumber lalulintas blog bersangkutan berasal dari artikel seperti itu?

BACA JUGA :

Melihat dari 2 alasan di atas, maka saya mumutuskan untuk tidak menampilkan artikel populer blog ini. Namum kalau Anda tetap ingin menampilkan widget tersebut, silahkan searching di google dengan keyword “Cara Memasang Widget Artikel Populer”.

Sudah banyak blogger yang memberikan tutorialnya, mulai dari tampilan sederhana sampai yang elegan dan menawan.

Itulah pendapat saya, jika Anda memiliki pendapat lain, silahkan meninggalkan komentar. salam




2 KOMENTAR

  1. Ia gan, lebih baik dihilangkan widget artikel populernya. Kalau tujuannya untuk menurunkan bounce rate, yang paling efektif itu memasang iklan adsense matched content.

    Kalau artikel kita berkualitas, maka yakin deh bakal turun tuh bonce ratenya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.