Mempertimbangkan Asuransi Kredit Perdagangan untuk Bisnis Anda

Mempertimbangkan Asuransi Kredit Perdagangan untuk Bisnis Anda
Tidak ada salahnya untuk mengenali apa yang dimaksud dengan asuransi kredit perdagangan sebelum memutuskan untuk mengambilnya

Asuransi kredit perdagangan merupakan salah satu produk keuangan yang diciptakan untuk melindungi bisnis dari berbagai risiko perdagangan, terlebih jika Anda bergelut dalam sektor usaha formal yang membutuhkan modal besar.

Keberadaan asuransi pun menjadi penting untuk menjamin usaha Anda tetap berjalan lancar meski dengan beragam tantangan dan hambatan. Namun, sebelum mengambil asuransi piutang dagang, ada baiknya Anda mempelajarinya terlebih dahulu.

Dengan pengetahuan yang cukup, maka Anda dapat mempertimbangkan dengan matang apakah memang membutuhkannya. Atau justru anggaran yang tersedia tersebut dapat dimanfaatkan untuk jenis pengeluaran lainnya.

Apa yang Dimaksud Dengan Asuransi Piutang Dagang?

Trade credit insurance atau asuransi kredit dagang merupakan salah satu produk asuransi yang dikhususkan untuk bisnis.

Ketika seorang pembeli yang bertransaksi dengan Anda mengalami gagal bayar atau sedang menghadapi kredit macet dari pelanggan, maka asuransi ini akan menjamin usaha Anda.

Dengan adanya asuransi piutang dagang, kerugian dalam kasus-kasus tersebut akan tercakup dalam polis asuransi. Sehingga keuangan Anda tidak akan terganggu sekalipun produk yang dijual sudah terlanjur dikirimkan sementara pihak pembeli tidak sanggup menyelesaikan pembayaran.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Seperti umumnya asuransi, Anda diwajibkan untuk membayar premi sesuai dengan ketentuan. Premi ini dapat dibayarkan secara berkala untuk mencakup seluruh transaksi penjualan yang Anda lakukan, tetapi kerap juga dibayarkan sekali saja untuk setiap transaksi penjualan.

Jika transaksi penjualan yang Anda lakukan mengalami masalah pada pembayarannya, tetapi barang sudah terlanjur Anda kirimkan, pihak asuransi akan menanggung kerugian sesuai dengan ketentuan yang tertera pada polis asuransi tersebut.

Dengan demikian, cashflow yang Anda miliki tidak akan banyak terganggu oleh kegagalan pembayaran tersebut.

Apa Saja yang Tercakup di Dalamnya?

Cakupan asuransi piutang dagang akan berbeda-beda tergantung dengan ketentuan atau polis yang telah disepakati. Namun, umumnya jenis asuransi ini akan menanggung kerugian ketika Anda tidak menerima pembayaran atas tagihan penjualan yang disebabkan oleh risiko komersial.

Biasanya ini terjadi karena pihak pembeli tidak sanggup memasarkan kembali produk yang mereka beli dari Anda. Sehingga pembayaran kepada Anda selaku penjual pertama produk tersebut pun menjadi terganggu.

suransi ini akan menanggung setiap kerugian tanpa memandang lokasi di mana pembeli berada, baik itu di dalam negeri maupun pembeli dari luar negeri.

Apakah Saya Membutuhkan Asuransi Ini?

Mengingat sifatnya, tidak semua pelaku usaha akan membutuhkan produk asuransi ini.

Jika nilai transaksi yang dilakukan tidak terlalu besar, umumnya pelaku usaha tidak akan mengeluarkan biaya lebih untuk membayar premi asuransi.

Walaupun terjadi kegagalan pembayaran dari pihak pembeli, beban kerugian yang ditanggung mungkin tidak sepadan dengan biaya premi. Dan biasanya tidak terlalu mengganggu arus keuangan pelaku usaha.

Sebaliknya, pelaku usaha dengan nilai transaksi yang sangat besar disarankan mengambil asuransi kredit dagang ini untuk memberikan proteksi terhadap kelancaran bisnisnya.

Baca Juga :

Pelaku usaha dapat memanfaatkan ganti rugi dari pihak asuransi karena adanya gagal bayar dari pelanggan untuk membantu permodalan agar usaha tetap beroperasi.

Pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi kredit perdagangan ini. Konsultasikan dengan agen atau seseorang yang dapat memberikan masukan tentang perlindungan bisnis Anda.

Mengenal bisnis yang Anda jalankan serta risiko yang dihadapi merupakan sebuah keharusan yang perlu dimiliki setiap pelaku usaha untuk menjaga kelancaran bisnisnya.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.