Syarat Lamaran Kerja yang Umum Digunakan

Syarat Lamaran Kerja yang Umum Digunakan

Setelah lulus dari bangku sekolah atau lulus dari salah satu perguruan tinggi, pada umumnya mereka mencoba mencari pekerjaan. Mencari pekerjaan sesuai dengan keahliannya.

Namun terkadang seseorang bingung mempersiapkan berkas lamaran kerja. Berkas apa saja yang dibutuhkan perusahaan target melamar pekerjaan yang dimaksud.

Jika Anda sedang berada di posisi demikian, jangan risau. Yang perlu diketahui, pada umumnya syarat lamaran kerja itu sama saja. Berikut Syarat lamaran yang sangat umum digunakan oleh perusahaan di Indonesia.

Berkas Syarat Lamaran Kerja yang Umum Digunakan di Perusahaan Swasta atau Pemerintah

1. Surat lamaran kerja

Pertama yang harus dipersiapkan adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini biasanya ditulis tangan, namun tidak menjadi suatu kewajiban. Tergantung dari instruksi dari lowongan kerja yang Anda peroleh.

Tujuan utama dari proposal lamaran kerja ini ditulis tangan adalah tidak lain untuk melihat kepribadian sang calon pekerja. Kecerdasan, kerapian, konsistensi dan lain-lain dapat diterlihat dari tulisan tangan seseorang.

2. Daftar riwayat hidup atau Curriculum Vitae (CV)

Berbeda dengan surat lamaran kerja yang teknik penulisannya bersifat formal, daftar riwayat hidup ini lebih fleksibel. Bisa dituangkan lebih kreatif, terlihat ceria dan bersemangat.

Isi dari riwayat hidup ini menjelaskan riwayat pendidikan, keahlian spesifik, pengalaman kerja, prestasi dan sebagainya. Poinnya adalah bagaimana menceritakan tentang diri Anda sehingga pemberi kerja merasa Anda layak mendapatkan posisi pekerjaan tersebut.

Baca Juga :

3. Foto copy Ijazah

Umumnya, syarat lamaran kerja dari perusahaan atau pemerintah meminta foto copy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir basah. Namun, jika foto copy ijazah legalisir basah Anda terbatas, maka Anda cukup meng-copy foto copy ijazah legalisir basah tersebut.

Jadi yang Anda kirim nantinya hanya foto copy dari copy ijazah yang sudah dilegalisir basah.

Perlu diingat, jika tujuan Anda mendaftar cpns, sebaiknya gunakan foto copy ijazah legalisir basah.

4. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Kartu identitas seperti KTP adalah syarat mutlak yang harus ada dalam berkas lamaran Anda. Sebaiknya alamat yang tertera di CV Anda harus sama dengan alamat yang tertera dalam KTP.

Jika memang alamat saat ini berbeda dengan alamat KTP Anda, sebaiknya dalam Curriculum Vitae (CV) jelaskan alamat sesuai dengan KTP dan domisili saat ini. Jadi dalam CV terdapat 2 alamat, alamat permanen (sesuai dengan KTP) dan alamat sementara (domisili saat ini).

5. Foto copy sertifikat dan piagam jika ada

Ini juga termasuk sangat penting untuk meyakinkan pihak pemberi kerja tentang kemampuan Anda. Sertifikat memperlihatkan keahlian yang Anda miliki, sementara piagam memperlihatkan prestasi yang selama ini diraih.

6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

SKCK adalah surat kelakuan baik dari kepolisian yang artinya Anda bebas dari catatan kejahatan dari kepolisian. SKCK ini juga tidak kalah penting dengan syarat lamaran kerja lainnya lho.

7. Pas photo

Pas photo juga sebaiknya disertakan sebagai berkas lamaran kerja. Hal tersebut akan menambah keakuratan informasi yang Anda sajikan sehingga mengurangi keraguan si pemberi kerja.

Biasanya ukuran pas photo adalah 3 x 4 atau 4 x 6.

Baca Juga :

8. Surat keterangan sehat dari dokter

Surat keterangan berbadan sehat dari dokter juga penting, namun tidak menjadi prioritas dalam berkas lamaran kerja. Nanti juga akan diperiksa oleh dokter yang ditunjuk oleh pemberi kerja jika Anda berhasil masuk ke tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen tenaga kerja.

Demikian artikel tentang syarat lamaran kerja yang umum digunakan. Anda juga wajib memperhatikan syarat lamaran kerja dari informasi yang didapat ya. Good Luck




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.