3 Cara Melihat Peluang Usaha yang Baik untuk Dikembangkan

4
Cara Melihat Peluang Usaha yang Baik untuk Dikembangkan

Melihat Peluang Usaha – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis baik yang dijalankan dari rumah maupun bisnis yang langsung berskala besar, ada baiknya melakukan riset peluang usaha. Tujuannya agar kedepannya bisnis yang Anda bangun tidak mandek ditengah jalan karena salah memilih jenis bisnis.

Cara melihat peluang usaha yang baik sebetulnya tidak begitu sulit, asalkan tahu langkah demi langkah untuk menuju satu ide sebagai pondasi awal memulai usaha.

Jika bisnis dapat menghasilkan uang dengan cepat tanpa perjuangan, konsistensi dan tekat yang kokoh, maka niscaya semua orang akan berlomba-lomba menjalankannya.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan teknik utama memperoleh ide bisnis yang baik untuk dikembangkan.

Bagaimana Cara melihat Peluang Usaha yang Baik?

1. Munculkan pertanyaan pada diri Anda

Pertanyaan yang akan membangkitkan ide bisnis adalah pertanyaan yang menyangkut informasi atau kebutuhan yang susah diperoleh di daerah Anda. Semakin banyak orang (diri Anda) yang bertanya akan kebutuhan hidupnya, maka disitu pasti ada masalah dan masalah bagi seorang pebisnis adalah suatu anugrah.

Semakin banyak masalah di daerah Anda, maka sudah bisa dipastikan peluang bisnis yang baik sangat melimpah.

Bisa juga mengamati perbincangan yang Anda lakukan dengan teman, tetangga, keluarga atau orang yang baru Anda temui. Jika Anda mampu mengolah interaksi percakapan tersebut dengan mengorek permasalah dari lawan bicara Anda, tentunya ini sangat menguntungkan.

Contoh kecilnya menemukan peluang bisnis yang baik adalah jika sering mendengar teman Anda menginginkan suatu makanan yang enak untuk keluarganya, sementara di kota Anda tidak ada warung yang mampu memberikan kenikmatan tersebut. Maka usaha warung dengan hidangan cita rasa yang berkelas pasti sangat layak untuk dikembangkan.

2. Memperhatikan bisnis di kota lain

Jika tidak menemukan ide bisnis dari poin pertama yang saya utarakan di atas, maka langkah yang bisa Anda ambil sebagai cara melihat peluang usaha yang baik adalah mengamati jenis bisnis di kota lain. Jika menemukan suatu bisnis yang sekiranya belum ada yang menjalankan di daerah Anda, mungkin saja bisnis tersebut layak.

Agar lebih yakin kelayakan bisnis tersebut untuk dikembangkan, maka kembali lagi ke point pertama, apakah masyarakat di daerah Anda membutuhkan atau tidak. Jika ya, maka siap untuk dieksekusi.

Sebagai motivasi untuk Anda, dari dulu sampai sekarang saya (penulis) selalu melakukan hal ini dan akhirnya saya berhasil keluar dari pekerjaan dan memulai suatu usaha. Dengan dukungan dari keluarga, semua berjalan dengan lancar walau masih memiliki beberapa kendala.

Ingat, kendala yang ada merupakan suatu kebutuhan bagi seorang pengusaha untuk mencapai suatu kesuksesan finansial yang selalu didambakan.

3. Modifikasi bisnis orang lain

Teknik ini adalah teknik yang paling sering kita temui dikalangan pebisnis, baik pada skala lokal maupun skala internasional. Anda tahu dengan mesin pencari yang super dahsyat yaitu google.com?

Pada dasarnya google adalah hasil pengembangan dari teknik pencarian data yang telah ada pada saat itu. Dengan teknik modifikasi yang dilakukannya, pencipta google.com berhasil menciptakan mesin pencari yang sangat presisi sesuai dengan kebutuhan penggunaanya.

Nah, dengan contoh di atas, Anda bisa melakukan pengembangan suatu bisnis menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang lain. Pelajari bisnis yang Anda sasar, bagaimana teknik penyajian terhadap pelanggan dan apa yang mereka tawarkan.

Jika menemukan suatu celah yang menurut Anda mampu bersaing, maka bisnis tersebut layak untuk diperjuangkan.

Baca Juga :

Inti dari bisnis adalah ketekunan, konsistensi dan kesabaran. Tidak ada bisnis yang bertahan lama dan mampu berkembang dengan baik jika ingin memperoleh hasil bagai membalik telapak tangan. Sekian cara melihat peluang bisnis yang baik, semoga bermanfaat untuk Anda. salam

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.