Persyaratan Umum Pengajuan Work Permit di Indonesia

Beberapa Persyaratan Umum untuk Mendapatkan Work Permit di Indonesia

Work Permit di Indonesia – Setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia tentu harus tunduk pada aturan yang sudah dibuat dan ditetapkan di Indonesia. Salah satunya adalah pemberian work permit atau izin kerja para pekerja asing.

Regulasi tentang pekerja asing ini termasuk juga mengatur tentang berapa jumlah tenaga asing yang bisa dipekerjakan, posisi yang bisa diisi yang ditentukan berdasarkan pengalaman kerja dan keahlian yang dimilikinya dan hal-hal lainnya.

Tidak hanya berkaitan dengan pekerja, aturan ini juga berlaku untuk pengusaha yang dimiliki ataupun di dalamnya terdapat saham dari pihak asing walaupun jumlahnya tidak signifikan. Hal tersebut karena perusahaan tersebut sudah dikategorikan sebagai perusahaan asing.

Beberapa Persyaratan Umum untuk Mendapatkan Work Permit

Berdasarkan regulasi atau aturan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Tenaga Kerja Indonesia, work permit tidak bisa diberikan kepada setiap pekerja atau pengusaha asing. Ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan izin bekerja ini. Diantara persyaratan umum itu adalah sebagai berikut.

1. Pendidikan yang berkaitan dengan posisi pekerjaan

Persyaratan umum untuk mengajukan work permit sesuai yang diatur oleh pemerintah melalui Kementerian Tenaga Kerja Indonesia adalah pendidikan minimum yang berkaitan dengan posisi yang akan diambil di Indonesia.

Regulasi tentang pendidikan ini dibuat agar perusahaan yang menggunakan tenaga kerja asing juga bisa tetap mempertimbangkan adanya tenaga kerja lokal di perusahaannya.

Ini juga berarti jika posisi yang bisa diisi oleh tenaga kerja asing adalah posisi-posisi ahli atau yang minimal membutuhkan jenjang pendidikan tertentu. Tanpa adanya pendidikan yang berkaitan dengan posisi yang akan ditempati di perusahaan yang berada di Indonesia ini, pekerja asing akan sulit mendapatkan izin kerjanya.

2. Sertifikat kompetensi berkaitan dengan posisi pekerjaan

Selain riwayat pendidikan yang berkaitan dengan posisi yang akan ditempati, regulasi yang ditetapkan pemerintah juga mengatur tentang adanya sertifikat kompetensi dalam persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh pekerja asing.

Sertifikat kompetensi ini juga harus berkaitan dengan posisi pekerjaan yang akan ditempati dengan durasi bekerja setidaknya 5 tahun di posisi tersebut. Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan pekerja dengan kemampuan yang layak karena nantinya akan ditempatkan sebagai tenaga professional.

3. Bukti kesehatan ataupun asuransi jiwa selama bekerja di Indonesia

Yang terakhir adalah dokumen atau bukti kesehatan dan asuransi jiwa yang juga harus disertakan untuk bisa mendapatkan izin bekerja di Indonesia.

Asuransi jaminan kesehatan ataupun asuransi jiwa ini berfungsi sebagai jaminan dan perlindungan kepada pegawai selama masa kerjanya di Indonesia.

Tidak hanya pekerja saja, pengusaha ataupun investor yang hendak mendirikan perusahaan maupun menanamkan modal di Indonesia juga harus mematuhi work permit yang sudah diatur tersebut.

Berbeda dengan aturan untuk pekerja, regulasi yang mengatur tentang pengusaha maupun investor asing yang menanamkan modal di perusahaan di Indonesia juga tentu memiliki standar aturan yang berbeda.

Yang tak kalah penting dalam semua aturan yang sudah dibuat itu adalah rentang waktu berlakunya izin bekerja tersebut. Izin tersebut akan berlaku selama 6-12 bulan, dimana izin ini akan diberikan untuk perusahaan asing dengan peran atau posisi tertentu dan waktu yang diberikan juga bergantung pada posisinya.

Demikian penjelasan lengkap tentang Work permit atau izin kerja bagi pekerja asing maupun bagi perusahaan asing yang akan menanamkan modal di Indonesia.

Baca Juga :

Untuk berkonsultasi tentang hal ini dan semua hal yang berkaitan dengan izin kerja, lisensi, peraturan dan hal lainnya yang berkaitan dengan pekerja asing di Indonesia, pernitindo.com adalah konsultan tepat dengan pengalaman 25 tahun yang akan membantu Anda mengatasi perizinan dan peraturan pekerja asing tersebut.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.