Bolehkah Memasang Video Youtube Orang Lain di Blog Adsense?

1
107
Bolehkah Memasang Video Youtube Orang Lain di Blog Adsense

Beberapa kali saya menemukan pertanyaan, “bolehkah memasang video youtube orang lain di blog adsense“. Padahal sudah banyak yang memberikan jawabannya melalui tulisan, namun tetap saja sebagian dari blogger tersebut masih ragu untuk menyematkan video dari youtube di blog mereka.

Jadi untuk Anda yang masih ragu, saya akan mencoba menjabarkan sedikit tentang boleh tidaknya memasang video youtube orang lain di blog adsense. Silahkan disimak gan.

Alasan Bolehnya Menggunakan Video Youtube di Blog Adsense

Youtube.com menyediakan fasilitas embed untuk dipasang di web blog, itu salah satu tanda bahwa video youtube boleh dipasang di blog.

Tapi, pertanyaan selanjutnya, “Kalau yang disematkan video orang lain, apakah melanggar hak cipta?” Saya katakan tidak, asalkan tidak mendownload video tersebut kemudian menguploadnya secara mandiri di blog Anda.

Atau memodifikasi kode embed bertujuan untuk menghilangkan beberapa fungsi dari video youtube yang dapat merugikan pemilik video. Perhatikan gambar berikut :

Memasang Video Youtube Orang Lain di Blog Adsense?


Sebagai indikator dibolehkannya memasang video youtube orang lain di blog adalah ketika video youtube running di blog Anda, maka iklan yang muncul adalah iklan dari pemilik video tersebut. 

Itu artinya pemiliki tetap memiliki hak kepemilikan video. Malahan akan mendapat keuntungan karena melalui blog Anda, mereka dapat pundi-pundi dolar bukan?

Selanjutnya, setiap pemilik video youtube bisa melihat web blog apa saja yang menggunakan videonya. Itu merupakan fasilitas yang diberikan oleh youtube untuk pemilik video agar dapat melacak penyebaran video hasil karyanya itu.

Youtube menyediakan layanan tersebut kemungkinan bertujuan untuk membantu melacak pengguna fasilitas embed yang tidak sesuai dengan TOS mereka, dengan cara melaporkan blog yang melanggar tersebut.

Bolehkah Memasang Video Youtube Orang Lain di Blog Adsense?

Kalau mengumpulkan video youtube pada sebuah blog dengan tujuan monetisasi menggunakan adsense, maka jawabannya blog Anda akan dibanned. Sesuai dengan aturan adsense bahwa blog yang boleh ikut program mereka adalah blog yang memiliki cukup konten berkualitas dan bermanfaat untuk pengunjung.

Baca Juga :

Itulah sedikit pemaparan soal bolehkah memasang video youtube orang lain di blog adsense. Semoga dapat mencerahkan, salam.




1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.