Bagi Para Pemimpi, Kisah Sukses Peter Sondakh Bisa Menjadi Kisah Inspiratif
Sumber : Tribunnews

Peter Sondakh adalah seorang pengusaha sukses di Indonesia. Peter melakoni usaha di berbagai bidang. Menjadi seorang Peter Sondakh bukanlah posisi yang mudah untuk didapatkan.

Seperti pengusaha sukses lainnya, Peter memulai bisnisnya dari nol dan bisnisnya pernah mengalami jatuh-bangun. Peter Sondakh sangat terkenal sebagai pendiri Grup Rajawali.

Grup Rajawali berada di deretan perusahaan besar Indonesia dan di kancah global. Pada tahun 1998, krisis ekonomi yang melanda Indonesia sempat membuat nama Peter Sondakh dan Grup Rajawali tenggelam.

Namun berkat kemampuannya dalam jual-beli perusahaan, Peter dengan Grup Rajawali dapat bangkit meski perlahan-lahan. Selain dengan jual-beli perusahaan, Peter juga menggalakkan bisnis di bidang properti, perkebunan dan pertambangan untuk menopang Grup Rajawali.

Group Rajawali Menjadi Global Player

Usaha dan kerja keras Peter pun tak sia-sia. Setelah terpuruk akibat krisis moneter, tak lama kemudian, Grup Rajawali pun menjadi global player yang sangat disegani. Baik oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia maupun luar Indonesia.

Soal kemampuannya dalam bidang bisnis, seorang Peter Sondakh tak perlu diragukan lagi. Penciuman dan penglihatannya akan peluang bisnis sangat baik, sebaik burung rajawali.

Pada tahun 2006 lalu, total kekayaan yang dimiliki oleh Peter adalah US$ 1,45 miliar.

Pengusaha yang kini berusia 62 tahun itu pernah menjadi pemegang saham sebuah perusahaan besar di Indonesia yang bernama PT Bumi Modern pada tahun 1976 silam. Saat itu, Dia masih sangat muda, baru berusia 24 tahun.

Peter Sondakh adalah lulusan Universitas La Salle dengan jurusan Commercial Finance. Karirnya di awali dengan mendirikan PT Rajawali Wira Bhakti Utama. Perusahaan inilah yang menjadi cikal bakal PT Grup Rajawali.

Cikal Bakal Berdirinya Stasiun Televisi RCTI

Peter memiliki Perusahaan Rajawali Wira Bhakti Utama secara penuh pada tahun 1993 yang merupakan perusahaan perintis TV swasta. Tidak lama kemudian, Ia mendirikan sebuah stasiun televisi swasta RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia).

Peter tak sendirian saat mendirikan stasiun televisi tersebut. Ia bermitra dengan rekannya, Bambang Trihatmodjo. Selama berkiprah di RCTI, yaitu sejak tahun 1976 hingga tahun 1996, Rajawali mempunyai lima jenis sektor usaha, di antaranya adalah sektor pariwisara, telekomunikasi, perdagangan, keuangan dan transportasi.

Di sektor pariwisata sendiri, Peter memiliki 16 buah bisnis perhotelan di sejumlah kawasan wisata terkenal di Indonesia.

Sementara itu, di sektor transportasi, Peter Sondakh mengembangkan tiga perusahaan transportasi yang dinamakan Rajawali Air Transport. Di sektor keuangan, Rajawali hadir dengan 7 anak perusahaan.

Bagaimana dengan sektor perdagangan? Ada 9 perusahaan milik Peter di sektor perdagangan. Bisnis milik Peter Sondakh tak hanya berbatas pada kelima sektor di atas. Masih ada beberapa sektor lain yang Ia geluti. Diantaranya adalah bisnisnya yang bergerak di bidang industri kimia.

Salah satunya adalah  industri produksi polyester chip. Produk lainnya yaitu PET Film. Apakah Anda familiar dengan nama merk rokok Bentoel? PT Bentoel adalah industri rokok garapan Peter Rajawali.

Baca Juga :

Tentu kesuksesan dan kekayaan konglomerat yang satu ini tidak diraih dalam sekejap mata. Semua yang diperolehnya ada prosesnya dan tentu saja disertai usaha, modal dan relasi yang luas.

Jadi, gak usah heran kenapa Dia bisa kaya seperti sekarang. Kamu pun juga bisa kok seperti dirinya. So, tunggu apa lagi!

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.