Jaminan Nyaman di Jalan dengan Tips Cegah dan Atasi Mabuk Darat Ini!

Jaminan Nyaman di Jalan dengan Tips Cegah dan Atasi Mabuk Darat Ini

Moda transportasi umum darat untuk perjalanan jarak jauh seperti bus dan shuttle memang merupakan alternatif yang digemari masyarakat Indonesia.

Jadi, tak heran kalau banyak penyedia transportasi umum darat yang melayani kebutuhan ini, seperti PO Kramat Djati yang namanya sudah sangat tersohor, terutama di Pulau Jawa. Cek info selengkapnya PO Kramat Djati di sini.

Sayangnya, banyak yang masih ragu kalau harus naik shuttle atau bus saat melakukan perjalanan, terutama perjalanan jarak jauh. Alasannya adalah mabuk darat, yang jelas membuat perjalanan jadi jauh dari kata nyaman.

Meski demikian, mabuk darat sebenarnya merupakan masalah yang bisa ditangani dengan mudah, lho! Bahkan, solusinya juga bisa ditemukan di sekitar Anda.

Ingin tahu apa saja cara untuk mencegah dan mengatasi mabuk darat selama perjalanan naik bus atau shuttle? Yuk, simak ulasannya berikut ini dan semoga informasinya bermanfaat untuk Anda, ya!

Sebelum Berangkat, Hindari Makan Terlalu Kekenyangan

Melakukan perjalanan dalam kondisi perut kosong memang terasa tak nyaman. Apalagi, tak jarang hal ini jadi penyebab mual, terutama jika Anda relatif tidak tahan dingin dan suhu di dalam kabin bus maupun shuttle terasa terlalu dingin bagi Anda.

Meski demikian, bukan berarti Anda bisa makan sepuasnya sampai perut terasa kekenyangan, ya. Sebab, perut yang terlalu penuh juga bisa memicu gejala mabuk darat seperti mual dan pusing. Karenanya, isilah perut secukupnya saja sebelum Anda bepergian naik bus maupun shuttle.

Tangkal Mabuk Darat dengan Obat Anti Mabuk

Di pasaran, tak sulit untuk menemukan obat anti mabuk perjalanan atau obat anti mual. Nah, Anda bisa jadikan obat ini sebagai solusi agar tidak merasa mual dan pusing selama di dalam bus atau shuttle nanti.

Tentu saja, agar efek obatnya bekerja secara maksimal, minumlah obat anti mabuk ini sebelum Anda memulai perjalanan. Misalnya ketika masih menunggu armada sampai akhirnya siap berangkat.

Cek langsung petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan obat untuk melihat berapa dosis yang perlu dikonsumsi demi keamanan dan kesehatan tubuh Anda.

Atasi dengan Camilan

Beberapa orang membuktikan bahwa dengan mengonsumsi makanan ringan saat perjalanan bisa membantu mereka mencegah gejala mabuk darat. Di samping itu, cara ini juga bisa membantu mereka kembali mengisi perut jika sudah terlanjur muntah karena mabuk perjalanan.

Dengan begitu, perut kembali terisi dan gejala mual maupun muntah bisa dicegah.

Di samping itu, jangan lupa untuk minum air putih, terutama jika sudah terlanjur muntah. Pasalnya, isi perut yang keluar bersama dengan muntahan bukan hanya makanan, tapi juga cairan.

Jadi, untuk mencegah risiko dehidrasi, segera minum air putih. Apalagi, cara ini juga bisa membantu membersihkan mulut dari rasa asam yang menyengat dan memualkan yang tersisa setelah muntah.

Istirahat Sejenak Sambil Memejamkan Mata

Langkah lain yang juga bisa Anda lakukan, terutama jika gejala mabuk darat sudah mulai muncul di tengah perjalanan adalah dengan memejamkan mata dan beristirahat sejenak.

Tidak harus tidur kok; sekadar beristirahat sejenak dari aktivitas apapun yang Anda lakukan seperti bermain HP atau membaca saja sudah cukup. Selama beristirahat, pastikan posisi kepala Anda berada dalam posisi yang stabil untuk menghindari risiko sakit kepala yang makin parah, ya.

Makan Permen

Anda barangkali sering menemukan orang-orang yang langsung makan permen begitu perjalanan dimulai, terutama permen yang mengandung mint atau jahe. Karena sudah ada banyak orang yang membuktikan bahwa mereka bisa mengatasi dan mencegah mabuk darat dengan cara ini.

Tak ada salahnya mempersiapkan segenggam permen sebagai salah satu bekal perjalanan Anda. Kalaupun kurang menikmati permen mint atau jahe, Anda bebas membawa permen dengan rasa apapun yang Anda sukai.

Menggunakan Minyak Angin atau Aromaterapi

Saat ini, berbagai produk minyak angin sudah dimodifikasi dengan kandungan aromaterapi sehingga baunya terasa lebih enak dan segar. Jadi, kalau Anda tergolong orang yang makin mual jika menggunakan minyak angin biasa, minyak angin aromaterapi ini jelas bisa jadi solusi.

Baca Juga :

Kemasannya juga makin bervariasi, termasuk dengan botol dan ujung roller yang bisa dioleskan dengan mudah di area seperti tengkuk dan perut untuk membantu mengatasi gejala mabuk perjalanan yang muncul.