5 Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis dengan Mudah

5
1931
Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis dengan Mudah

Persaingan Bisnis – Persaingan dalam dunia bisnis tidak bisa kita hindari, maka dari itu jika ingin terjun dalam dunia bisnis persiapkan diri untuk menghadapi para pesaing Anda. Strategi memenangkan persaingan bisnis sebetulnya sangat simpel, dengan mengaplikasikan moto yang sering kita dengar yaitu pelanggan adalah raja berarti Anda sudah berada satu langkah di depan para pesaing.

Tapi untuk menang dalam persaingan secara mutlak sehingga pasar Anda tidak mudah direbut oleh pesaing lain, maka dibutuhkan beberapa strategi yang matang dan sudah teruji. Berikut yang harusnya tidak boleh Anda tinggalkan jika menjalankan suatu bisnis.

Cara Menghadapi Pesaing Bisnis

1. Memiliki harga yang kompetitif

Faktor utama memenangkan persaingan bisnis adalah menawarkan harga yang kompetitif, artinya harga yang ditawarkan dari produk atau jasa bisnis Anda tidak jauh dari harga pesaing.

Harga produk yang jauh lebih tinggi dari harga pasaran akan sulit mengembangkan bisnis yang dikelola, kecuali bisnis yang Anda bangun memiliki target pasar kalangan menengah keatas dengan dukungan fasilitas yang mewah dan lain-lain.

Namun memasang harga yang terlalu murah bisa merusak citra perusahaan. Bisa saja calon pelanggan berpikir bahwa produk yang Anda tawarkan tidak memiliki mutu. Betul bukan?

2. Jangan mengeluarkan ucapan yang menjatuhkan pesaing

Sesuai dengan karakteristik masyarakat kita, jika seseorang terlihat mengalami penindasan atau semacamnya, cenderung akan mendapat dukungan. Sudah banyak contohnya seperti yang sering terjadi pada politik dalam negeri ini.

Ketika melakukan hal tersebut, maka konsumen akan memberikan nilai negatif bagi Anda dan usaha yang sedang dibangun.

Jika seorang pelanggan memancing untuk mengungkapkan kejelekan dari pesaing Anda, usahakan jangan ikut membantu. Jawablah dengan ucapan yang sopan seperti oh gitu yaatau yang lainnya asalkan jangan cuek atau tidak peduli dengan curahan hati pelanggan. 

3. Pelayanan yang baik untuk memenangkan persaingan bisnis

Bisnis selalu berhubungan dengan target pasar, dimana target tersebut adalah manusia. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tidak suka ditindas, diremehkan, suka dihormati dan sebagainya.

Strategi memenangkan persaingan bisnis dengan permainan harga belum tentu efektif jika tidak menyandingkannya dengan pelayanan yang baik. Jika ingin belajar bagaimana melayani pelanggan yang baik, cukup memperhatikan karyawan bank. Perhatikan bagaimana mereka berucap, bagaimana mereka menyambut customer dengan sopan dan lembut.

4. Memperluas pasar

Memperluas pasar bukan hanya membangun outlet baru di beberapa tempat yang berbeda, bisa saja menambahkan jenis produk sesuai dengan perencanaan target pasar baru Anda. Misalnya saja, jika selama ini target Anda hanya remaja, memproduksi atau menambahkan produk yang sering digunakan oleh ibu rumah tangga bisa dilakukan untuk memperluas pasar. 

5. Promosi yang tepat

Sebagian besar perusahaan bonafit selalu memberikan perhatian yang besar terhadap promosi produk mereka. Biaya yang dikeluarkan untuk promosi memang tidak sedikit, tapi itu akan sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan kemudian hari.

Baca Juga :

Sebelum memilih jenis promosi untuk bisnis Anda, lakukan riset terhadap para pesaing. Mereka menggunakan promosi seperti apa dan bagaimana melakukannya. Setelah menemukan yang sesuai dengan passion Anda, lakukan modifikasi dan jalankan.

Demikian artikel strategi memenangkan persaingan bisnis, semoga bisa membantu. Salam sukses




5 KOMENTAR

  1. Trimakasih atas komentarnya. Saya rasa Anda paham bagaimana teknik pemasaran yang efektif. Bukan hanya soal harga, melainkan bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik kepada para konsumen. Palayanan disini yang saya maksudkan bukan hanya berucap lembut atau semacamnya, melainkan kondisi fisik dari tempat usaha atau menjadikan sesuatu yang biasa menjadi mewah dan elegan.

    Contoh kecilnya, harga biskuit kiloan yang dijual oleh para UKM termasuk dalam kategori murah bukan. Namun jika biskuit tersebut diambil oleh perusahaan besar dan melakukan rebranding dengan tampilan yang sangat menarik, harga bisa berkali lipat dari harga yang dipasang oleh UKM tersebut.

    Jadi saya simpulkan harga tidak menjadi patokan mutlak untuk bertahan dalam dunia bisnis, walaupun hal tersebut salah satu poin yang sangat menentukan.

    Akhir kata, trimakasih atas pertanyaan yang sifatnya berbagi ilmu. Semoga kita semua menemukan kesuksesan dalam dunia entrepreneur. Salam hangat

  2. saya rasa nomor 1,3,4 dan 5 masih umum dan mudah penerapannya tetapi yang agak susah nomor 2, sadar atau tidak sadar kita sering melakukannya mengeluarkan berbagai pernyataan hanya untuk menjatuhkan pesaing.
    terimakasih

  3. Betul, maka dari itu setiap orang yang berprofesi sebagai pebisnis sangat disarankan melatih diri untuk selalu berpikiran positif sehingga diharapkan ucapan yang nantinya dilontarkan juga selalu mengandung unsur positif.

    Bukan hanya itu, pikiran positif diharapkan akan mejadi karakter bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan aktifitasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.