Manfaat Minum Segelas Susu Selama Bulan Ramadan

Manfaat Minum Segelas Susu Selama Bulan Ramadan

Puasa Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Setelah 11 bulan, akan datang 1 bulan yang penuh berkah dan ampunan. Dimana setiap kebaikan yang dilakukan pahalanya berlipat.

Ramadan adalah momen dimana semua muslim di dunia menjalankan ibadah puasa dengan segala cobaan dan godaan yang menyertainya sepanjang hari.

Semua muslim yang sudah akil baliq wajib untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan kecuali sedang berhalangan seperti sakit atau haid bagi wanita.

Nah, agar badan bisa tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa selama 30 hari, konsumsilah makanan bergizi. Karbohidrat, protein, vitamin dan mineral sebisa mungkin harus dipenuhi. Sempurnakan dengan minum susu selama puasa.

Kalau selama ini, banyak yang mengatakan bahwa orang dewasa tidak perlu minum susu itu tidak benar. Susu adalah sumber protein, vitamin dan juga mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Mengapa selama bulan Ramadan disarankan untuk minum susu? Inilah jawabannya.

Manfaat Minum Segelas Susu untuk Tubuh

Memulihkan energi tubuh

Setelah menjalankan puasa selama seharian lebih, wajar jika tubuh akan terasa lemas karena rendahnya kadar gula darah. Hal tersebut disebabkan oleh tidak adanya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk dibakar menjadi energi.

Minum segelas susu ketika berbuka puasa bisa bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh sehingga akan kembali bugar. Nutrisi yang ada di susu akan membuat tubuh kembali bertenaga.

Memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama

Kadang kita akan merasa cepat sekali lapar padahal waktu berbuka masih sangat lama. Rasa lapar tersebut pastinya akan mengganggu aktivitas dan membuat kita merasa malas dan tubuh menjadi lemas.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mengonsumsi susu saat makan sahur. Susu akan membuat perut bisa terasa kenyang lebih lama meskipun tidak ada makanan yang masuk.

Kandungan protein yang cukup tinggi di dalam susu itulah yang memberikan efek kenyang lebih lama pada perut. Sehingga perut Anda tidak akan cepat merasa keroncongan karena lapar.

Efek rasa kenyang lebih lama akan sempurna jika Anda juga menyertakan sayur dan buah-buahan di samping minum segelas susu.

Membantu tidur menjadi lebih nyenyak

Tahukah Anda, jika mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur akan membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Kandungan asam amino tryptophan yang ada pada susu akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Akibatnya, tidur akan lebih nyenyak dari biasanya dan tentunya hal ini sangat baik untuk tubuh Anda.

Apalagi selama bulan Ramadan, harus bangun dini hari untuk makan sahur. Itu artinya jam tidur Anda juga akan berkurang. Dengan tidur lebih nyenyak meskipun durasinya berkurang, tetap akan menjaga badan bugar dan sehat.

Mengembalikan cairan tubuh

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa minuman isotonik atau air kelapa muda sajalah yang bisa mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Padahal nyatanya, susu juga memiliki efek yang sama yaitu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

Baca Juga :

Selama lebih dari 12 jam berpuasa tidak makan dan minum, tentu saja cairan tubuh harus segera dipulihkan. Anda bisa mengonsumsi segelas susu pada waktu buka puasa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama seharian tidak minum.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di McMaster University pada tahun 2011 yang lalu, minum susu akan menggantikan sodium di dalam tubuh yang telah hilang bersama keringat. Bahkan dikatakan bahwa, kemampuan hidrasi susu lebih bagus daripada air putih.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.