Cara Membuat Teh Hijau – Menyeduh Teh Hijau agar Rasanya Lebih Enak

Cara Membuat Teh Hijau - Menyeduh Teh Hijau agar Rasanya Lebih Enak

Pastinya Anda sudah tidak asing dengan manfaat dari teh hijau bagi kesehatan tubuh ataupun untuk mempertahankan berat badan. Hanya saja, seringkali orang malas untuk konsumsi teh hijau karena rasanya yang memang cenderung lebih pahit daripada teh hitam. 

Hal tersebut tentunya sangat disayangkan karena artinya Anda akan melewatkan sejuta manfaat baik dari teh hijau.

Orang Jepang sudah sejak lama memiliki kebiasaan minum teh hijau dan merasakan sendiri manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Mereka memiliki rahasia tersendiri dalam meracik dan menyeduh teh hijau agar memiliki citarasa yang enak saat diminum.

Anda juga bisa membuat teh hijau yang enak jika mengetahui bagaimana cara penyeduhan yang benar.

Penasaran bagaimana cara menyeduh teh hijau yang benar agar bisa mendapatkan citarasa yang enak saat diminum? Anda bisa mengikuti tahapan dan cara membuat teh hijau berikut ini.

Rahasia Penyeduhan Teh Hijau agar Enak Rasanya

Pilih teh hijau secara tepat

Rasa yang enak bisa didapatkan jika teh yang dipilih sudah tepat. Ya, bagaimana rasa teh hijau nantinya akan sangat dipengaruhi oleh pemilihan jenis yang tepat.

Di pasaran, setidaknya Anda akan menemukan teh hijau dalam 3 bentuk dan kemasan dimana masing-masing jenis akan memberikan pengaruh pada rasa. Ketiga bentuk teh hijau yang dimaksud yaitu kemasan dalam kantong atau teh celup, bentuk teh tabur atau daun teh kering dan teh hijau bubuk.

Jika ingin mendapatkan rasa terbaik, pilihan yang tepat adalah teh hijau dalam bentuk bubuk. Selain rasanya paling tidak pahit diantara bentuk lainnya, bubuk teh hijau juga paling banyak nutrisinya.

Gunakan air dengan suhu yang tepat

Rahasia mendapatkan rasa teh hijau yang enak dan tidak pahit juga dipengaruhi oleh berapa suhu air yang digunakan.

Kebiasaan yang sering dilakukan orang Indonesia kebanyakan adalah menyeduh teh menggunakan air mendidih 100°C. Ini adalah sebuah kesalahan yang justru akan membuat teh hijau terasa pahit dan kurang enak.

Suhu air yang tepat digunakan untuk menyeduh teh hijau agar rasanya tidak pahit adalah sekitar 70 hingga 80°C. Jika menggunakan air yang mendidih, sebaiknya diamkan dulu selama 2 menit lebih sebelum digunakan untuk menyeduh. Cara ini akan membuat teh hijau menjadi lebih enak dan tidak terasa pahit.

Gunakan durasi penyeduhan yang tepat

Jangan terlalu lama menyeduh teh hijau karena justru akan membuat rasanya menjadi tidak enak. Sebagaimana suhu air, gunakan durasi penyeduhan yang tepat untuk mendapatkan rasa yang enak.

Seduhlah teh dengan durasi sekitar 2 hingga 3 menit, jangan lebih lama dari itu ya. Penyeduhan teh yang dilakukan dengan durasi yang tepat akan menghasilkan rasa yang enak.

Tambahkan bahan dalam teh

Untuk memberikan rasa yang enak pada teh, Anda bisa menambahkan bahan tertentu ke dalam minuman tersebut. Bahan yang bisa dimasukkan ke dalam teh agar rasanya lebih enak misalnya irisan jeruk lemon, daun mint dan vanila. Anda juga bisa menambahkan bahan herbal yang bagus untuk kesehatan seperti jahe.

Baca Juga :

Takar teh dengan tepat

Jangan lupa gunakan teh hijau dalam ukuran yang tepat kalau ingin mendapatkan rasa yang enak di lidah. Memang sebenarnya tergantung pada selera masing-masing, hanya saja disarankan untuk menggunakan ukuran 2 gram teh setiap cangkirnya.

Perbandingan teh dan air 2:1 tersebut akan menghasilkan rasa yang pas dan enak di lidah Anda. Semoga cara membuat teh hijau atau menyeduh teh hijau yang kami paparkan di atas bermanfaat.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.