Apa Itu Pansos? Contoh Positifnya Juga Banyak Lho!

Apa Itu Pansos? Contoh Positifnya Juga Banyak Lho!

Apa itu Pansos? Para generasi Millennial tentu sudah tidak asing dengan istilah Pansos atau ‘Panjat Sosial”. Ketika mendengar istilah tersebut, kebanyakan orang langsung berpikir bahwa pansos adalah hal yang tidak positif dan tidak bermanfaat.

Banyak yang mengartikan pansos merujuk pada orang yang suka pamer atau mencari pengakuan sosial yang lebih tinggi padahal tidak sesuai dengan status sebenarnya.

Namun, tahukah Anda, ternyata pansos tidak hanya bermakna negatif saja, akan tetapi juga bisa bermakna positif. Pansos yang bernilai positif tentu saja akan memberikan manfaat bagi banyak orang.

Lalu, apa saja pansos positif itu? Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut ini beberapa contoh panjat sosial bernilai positif yang bisa dipraktikkan.

Contoh Panjat Sosial ‘Pansos’ Bernilai Positif

1. Buat status positif

Salah satu contoh panjat sosial yang bernilai positif yaitu dengan membuat status motivasi untuk banyak orang. Tahukah Anda, sering membuat postingan galau justru bisa dikira mencari perhatian.

Bahkan beberapa orang merasa risih dengan status galau yang selalu Anda tampilkan di postingan. Bukan berarti mereka tidak perhatian, hanya saja malas menanggapi hal-hal yang dirasa tidak penting.

Oleh karena itu, sebaiknya ubahlah kebiasaan tersebut menjadi hal-hal yang lebih bermanfaat dan memotivasi. Salah satu caranya yaitu dengan membagikan quote-quote dari buku bacaan yang memotivasi. Selain bisa menginspirasi, Anda juga bisa membagikan kebaikan kecil namun bermakna.

2. Lakukan bakti sosial

Contoh selanjutnya dari panjat sosial bernilai positif yang bisa dijumpai dalam kegiatan sehari-hari adalah melakukan bakti sosial. Untuk menaikkan status sosial, jangan hanya selalu membuat postingan tentang kemewahan saja, sesekali Anda juga perlu melakukan bakti sosial seperti membersihkan sampah di lingkungan sekitar.

Dengan mengunggah kegiatan sosial ke media social, justru akan membuat masyarakat sadar betapa pentingnya kebersihan lingkungan di sekitarnya. Hal tersebut dapat memotivasi orang lain bukan?

3. Tunjukan potensi diri

Tahukah Anda, menunjukkan potensi yang ada pada diri juga menjadi salah satu contoh pansos yang bernilai positif. Setiap orang tentu saja memiliki potensi berbeda yang bisa dikembangkan.

Misalnya saja jika Anda memiliki kemampuan menulis puisi atau kata-kata yang memotivasi, maka unggah lah agar karya Anda bisa dikenal secara luas. Dengan begitu, secara tidak langsung kata-kata kebaikan yang Anda sampai justru bisa memotivasi orang lain.

4. Lakukan kegiatan yang bermanfaat

Kebanyakan orang tidak sadar hampir sebagian besar waktunya digunakan untuk scrolling di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

Padahal, hal tersebut hanya akan membuang-buang. Agar lebih bermanfaat, maka ubahlah kebiasaan scrolling menjadi kegiatan yang lebih postif dan menarik.

Pada intinya, gunakan waktu senggang yang Anda miliki saat ini untuk melakukan berbagai macam hal yang berguna, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kenyataannya, untuk membuat diri Anda tenar, tidak harus melakukan hal-hal yang bersifat sensasi saja. Akan tetapi, dengan melakukan sesuatu yang baik juga bisa membuat Anda lebih populer.

Baca Juga :

Itulah beberapa jenis panjat sosial ‘pansos’ bernilai positif yang bisa dipraktikkan setelah membaca artikel ini. Jadikan hidup Anda lebih produktif dengan melakukan berbagai hal yang lebih bermanfaat, khususnya untuk diri Anda dan umumnya untuk lingkungan sekitar Anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda agar bisa hidup lebih baik lagi dari sebelumnya.