Jajanan Pasar Unik dan Tradisional

0
39
Jajanan Pasar Unik dan Tradisional

Jajanan Pasar Unik – Di zaman globalisasi seperti saat ini, kue-kue tradisional yang sangat eksis di masanya mulai tergeser dengan kehadiran berbagai kue-kue perkotaan yang berasal dari luar Indonesia. Padahal dari segi rasa, kue-kue tradisional tak kalah enak dengan kue-kue modern yang marak ditemukan di perkotaan.

Hingga saat ini, hanya terdapat beberapa jenis kue tradisional yang masih eksis di Indonesia. Biasanya kue-kue tersebut banyak di jual di pasar tradisional buatan warga setempat yang tetap ingin menjaga kelestarian kekayaan kue asli Indonesia.

Di daerah pedesaan, kue-kue tradisional masih cukup mudah didapatkan. Namun di perkotaan, kue-kue ini hanya bisa didapatkan di pasar-pasar yang menjadi jajanan-jajanan khas pasar tradisional.

Kue cubit merupakan kue yang sudah ada sejak zaman belanda dan masih terus dibuat hingga saat ini. Selain itu, ada berbagai jajanan unik lainnya yang tidak kalah enak. Berikut beberapa jajanan pasar unik yang layak untuk kalian coba :

Jajanan Pasar Unik dan Kue Tradisional

1. Klepon

Jajanan-jajanan Pasar Unik dan Tradisional

Klepon merupakan jajanan pasar yang sudah cukup sulit ditemui. Hanya beberapa tempat saja yang menjual makanan ini, itupun dalam jumlah yang sedikit. Klepon sendiri merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang di isi gula merah.

Klepon biasanya berbentuk bulat dengan balutan kelapa parut yang menambah cita rasa dari kue ini. klepon biasanya menjadi hidangan wajib pada acara-acara besar seperti pernikahan dan peresmian rumah.

2. Onde-onde

Jajanan Pasar Unik dan Tradisional2

Di kota-kota besar, kue ini masih cukup mudah ditemukan karena rasanya yang enak. Bahkan, beberapa jajanan diperkotaan membuat inovasi dari kue onde-onde dengan isian es krim dan berbagai toping kekinian lainnya.

Seperti halnya klepon, onde-onde berbentuk bulat dengan bahan dasar tepung terigu atau tepung ketan yang di isi kacang hijau atau kelapa. Di bagian luar kue ini, diberi taburan biji wijen yang mempercantik tampilan dari kue ini.

3. Kue cubit

Jajanan Pasar Unik dan Tradisional5

Makanan satu ini juga masih cukup eksis di kota-kota besar, bahkan beberapa sudah mulai dijual di supermarket dengan tambahan toping. Cara membuat kue cubit relatif sama dengan cara membuat pukis, hanya cetakan yang digunakan sedikit berbeda. Kue cubit berbentuk bulat dengan ukuran yang lumayan kecil.

4. Dadar gulung

Jajanan Pasar Unik dan Tradisional

Dadar gulung bisa dibilang merupakan pancake asal indonesia. Jika orang luar memakan pancake dengan campuran madu atau toping lebih premium, dadar gulung biasanya dimakan dengan isian kelapa parut dicampur gula merah.

Kue ini akan memberikan rasa manis dari isian dan kenyal pada bagian dadar nya. Dadar gulung biasanya berwarna hijau namun seiring berkembangnya zaman, dadar gulung mulai dibuat berwarna-warni.

5. Nagasari

Jajanan Pasar Unik dan Tradisional4

Kue ini juga cukup terkenal dan unik. Nagasari cukup banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda. Nagasari merupakan jajanan pasar berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dengan isian potongan pisang. Kue ini juga biasanya di bungkus dengan daun pisang tua yang memberikan rasa yang cukup khas.

6. Kue lapis

Jajanan Pasar Unik dan Tradisional

Seperti halnya Nagasari, Kue lapis merupakan salah satu olahan tepung beras yang masih populer hingga saat ini. kue lapis sesuai namanya berbentuk kotak dan berlapis-lapis, biasanya kue lapis dibuat dengan 2 hingga 3 warna.

Karena tekstur yang dimiliki kue ini sedikit kenyal dan lengket, biasanya kue lapis disajikan dengan dilapisi plastik agar mudah untuk dipegang.

Baca Juga :

Sebenarnya masih banyak lagi jajanan pasar unik tradisional yang masih eksis hingga saat ini. Intinya adalah seberapapun enaknya kue-kue yang berasal dari luar, kita tetap harus menjaga kelestarian kekayaan kuliner negara kita sendiri. Jika tidak bisa membuat sendiri, paling tidak kalian tetap membeli jajanan kue-kue tradisional agar kelestariannya tetap terjaga.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.