Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Kartu Kredit untuk Tambahan Modal

0
59
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menggunakan Kartu Kredit untuk Tambahan Modal

Sebagaimana yang kita tahu, salah satu kendala yang kerap kali dialami oleh seseorang yang akan memulai sebuah bisnis adalah masalah modal. Ada banyak sekali orang yang memiliki kemauan tinggi untuk terjun ke dunia bisnis, tetapi akhirnya urung dilakukan karena tidak memiliki cukup modal untuk memulainya. Entah itu modal untuk biasa sewa tempat, membeli bahan baku, atau lainnya.

Padahal sebenarnya ada berbagai macam cara yang bisa ditempuh agar bisa mendapatkan tambahan modal. Tidak melulu harus mempunyai sertifikat rumah atau BPKB kendaraan sebagai jaminan, bahkan nyatanya Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan tambahan modal tersebut. 

Namun tentu saja, Anda tidak boleh gegabah dalam menggunakannya, harus melalui perhitungan yang matang. Jika tidak, bukannya untung yang didapat, tapi malah sebaliknya.

Perhatikan Hal Berikut Jika Ingin Memanfaatkan Kartu Kredit Untuk Tambahan Modal

Nah, untuk Anda yang ingin memanfaatkan kartu kredit sebagai cara untuk mendapatkan modal, maka beberapa hal berikut harus diperhatikan. Apa saja?

1. Jumlah dana yang dibutuhkan

Perhitungkan berapa jumlah dana yang akan Anda butuhkan untuk tambahan modal usaha tersebut. Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan. Pasalnya, setiap kartu kredit memiliki besaran limit yang berbeda-beda, tergantung dari Bank dan juga jenis kartu kredit yang digunakan.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda membeli barang yang transaksinya bisa dilakukan secara langsung melalui kartu kredit. 

2. Bandingkan cicilan dengan omzet

Hal kedua yang juga harus Anda perhatikan pada saat menggunakan kartu kredit untuk tambahan modal adalah membandingkan antara besarnya cicilan yang harus dibayarkan dengan omzet bisnis Anda.

Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan guna menghindari kredit yang macet. Idealnya, omzet bisnis haruslah lebih besar dibandingkan dengan jumlah cicilan yang harus dibayar, bahkan kalau bisa omset minimal 3x lipat dibanding cicilan. 

3. Limit kartu kredit

Perlu diketahui bahwa setiap kartu kredit memiliki limit tertentu yang berbeda-beda, tergantung dari bank dan juga jenis kartu yang digunakan. Untuk itu, sudah seharusnya Anda membuat perhitungan terlebih dahulu sebelum bertindak.

4. Melakukan pembayaran minimum

Hal keempat yang juga harus diperhatikan pada saat menggunakan kartu kredit untuk tambahan modal yaitu dengan menerapkan pembayaran minimum, hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan karena akan berkaitan dengan kesanggupan Anda dalam membayar cicilan.

Kesanggupan Anda untuk membayar cicilan bisa dilihat dari besarnya keuntungan bisnis yang diperoleh setiap bulannya. 

5. Konsultasi dengan pihak Bank

Demi kelancaran Anda saat menggunakan kartu kredit sebagai tambahan modal, maka alangkah baiknya mengkonsultasikannya secara langsung dengan pihak bank.

Hal ini tentu saja sangat perlu untuk dilakukan agar pihak bank mengerti dan juga untuk menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Anda bisa bertanya mengenai berbagai hal yang perlu diketahui.

6. Jangan konsumtif, ingat tujuan awal Anda

Bukan rahasia lagi bila kartu kredit sering membuat seseorang dikejar-kejar dept kolektor. Biasanya ini disebabkan kebiasaan buruk pemilik kartu kredit yang gemar belanja.

Oleh karena itu, pastikan menghindari kebiasaan tersebut dan selalu ingat tujuan awal Anda memiliki kartu kredit sebagai modal usaha.

Baca Juga :

Nah, itulah diatas beberapa tips untuk Anda yang ingin memanfaatkan kartu kredit sebagai modal usaha. Memang, terdapat pro dan kontra mengenai hal ini, banyak pihak tidak menyarankan menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha, mengingat resikonya yang cukup besar.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.