Makanan Burung Pleci agar Rajin Berbunyi

Makanan Burung Pleci agar Rajin Berbunyi
Sumber : pengicau.net

Memiliki burung pleci yang rajin berkicau dengan gerakan lincahnya merupakan keinginan banyak penggemar burung kicau. Agar mendapatkan peliharaan seperti itu, dibutuhkan jenis makanan yang berkualitas, mengandung banyak vitamin dan memiliki nilai gizi yang tinggi.

Biasanya jenis makanan burung yang memiliki kandungan vitamin dan nilai gizi yang tinggi terdapat pada sayuran, buah-buahan dan extra fooding.

Hanya ada beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang disukai oleh burung pleci seperti wortel, apel, pisang, mentimun dan lain sebagainya. Selain itu, Anda bisa juga memberikan pakan berupa voer.

Berbeda dengan jenis burung pemakan biji-bijian seperti burung lovebird, kenari dan juga parkit. Burung pleci ini lebih menyukai buah-buahan, baik yang dipelihara maupun yang hidup di alam liar.

Makanan Burung Pleci agar Cepat Gacor

Seperti yang diketahui semua penggemar burung di Indonesia, ada banyak jenis makanan untuk burung pleci. Berikut ini beberapa jenis makanan burung pleci yang perlu menjadi pertimbangan untuk diberikan pada burung peliharaan.

1. Wortel

Wortel merupakan jenis sayuran yang sangat bagus untuk dikonsumsi, baik untuk manusia maupun untuk binatang. Khususnya untuk burung pleci, wortel memiliki peran yang sangat baik jika dikonsumsi. Sebab wortel memiliki banyak kandungan nutrisi yang terdiri dari kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9 dan vitamin C, sodium, zat besi dan kalium.

Karena kandungan wortel yang banyak, pastinya juga bermanfaat bagi yang mengkonsumsi. Manfaat wortel bagi burung pleci atau burung kicauan lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan mata, sehingga dapat menajamkan penglihatan dan burung akan terhindar dari penyakit rabun, bengkak atau belekan. Wortel juga dapat menjadikan warna bulu semakin terlihat cerah dan indah.

2. Apel

Selain wortel, Anda juga dapat memberinya buah apel. Dengan memberi pakan buah apel, maka dapat menambah stamina burung, mencegah burung kekurangan cairan dalam tubuh, dapat meningkatkan birahi pleci, meningkatkan kekebalan tubuh serta mencukupi kebutuhan nutrisi bagi burung.

Pemberian pada burung pleci dengan cara di potong-potong, lalu digantungkan di dalam sangkar.

3. Mentimun

Mentimun dapat dijadikan sebagai makanan tambahan bagi burung pleci, karena timun mengandung kadar air yang banyak. Jika burung pleci mengkonsumsi mentimun, maka dapat mencegah dehidrasi.

Selain itu, dapat juga mengatasi burung cacingan dan mengatasi masalah pencernaan. Berilah pakan mentimun secukupnya saja, sebab jika berlebihan dapat menyebabkan burung mengalami over birahi (OB).

4. Kroto

Kroto atau telur semut dapat dijadikan sebagai makanan tambahan untuk burung pleci. Sebaiknya berilah kroto yang masih segar (kroto berwarna putih dan masih ada semut rang-rang yang masih hidup). Disarankan untuk tidak memberi kroto yang sudah kadaluarsa karena dapat mengakibatkan keracunan.

Dengan memberi pakan kroto dapat menjadikan burung pleci gacor dan rajin berkicau. Namun jika memberi kroto secara berlebihan dapat mengakibatkan burung malas berkicau dan mengalami kegemukan.

5. Voer

Voer merupakan jenis pakan burung yang paling laris di pasaran. Sebagian besar pemelihara burung menjadikan voer sebagai makanan pokok. Ada jenis burung yang belum terbiasa memakan voer, biasanya ini terjadi pada burung hasil tangkapan sendiri dari hutan.

Untuk itu, sebaiknya mulailah pelihara burung yang masih anakan, lalu membiasakannya untuk memakan voer. Burung yang sudah dewasa juga dapat dibiasakan memakan voer akan tetapi sedikit sulit.

Baca Juga :

Untuk burung pleci ini, Anda harus memilih jenis voer yang berkualitas, karena dipasaran jenis voer bermacam-macam. Jenis voer yang baik untuk burung pleci adalah jenis voer 220 volt, voer leopard dan voer golden cup.

Jenis voer tersebut memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk voer 220 volt seharga 30-35 ribu, voer leopard 5 ribu dan voer golden cup memiliki harga yang tergolong mahal. Sebab voer golden cup memiliki kandungan protein lebih tinggi.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda