Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Youtube? Ini Langkah-Langkahnya!

0
224

Youtube kini telah menjadi salah satu media sosial yang digemari oleh banyak orang. Data yang dirilis oleh Google Indonesia pada tahun 2017 menyebutkan bahwa pengguna Youtube di Indonesia mencapai 50 juta orang. Artinya, jumlah tersebut sama dengan sekitar seperlima dari total jumlah penduduk di Indonesia.

Banyaknya jumlah pengguna Youtube tersebut tentu saja menciptakan pasar baru yang sangat potensial. Pemilik akun Youtube tidak hanya bisa berbagi video dengan banyak orang melalui dunia maya, tetapi juga bisa mendapatkan uang yang banyak dari aktivitasnya mengunggah video di Youtube.

Menarik bukan? Nah, untuk Anda yang yang belum tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari youtube, silahkan simak  ulasan berikut ini.

Panduan Menghasilkan Uang Dari Youtube

1. Membuat akun Youtube

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari Youtube tentu saja dengan membuat akun di Youtube. Perlu Anda ketahui bahwa akun Youtube terhubungan dengan akun Google.

Baca Juga :

Ketika Anda sudah masuk ke akun Google, hanya perlu membuka aplikasi Youtube dan klik tambahkan akun untuk membuat akun baru. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

2. Membuat konten-konten menarik

Untuk mendapatkan uang dari Youtube, tugas Anda tidak  berhenti sampai membuat akun. Berikutnya Anda perlu membuat konten-konten yang menarik untuk kemudian diunggah ke akun Youtube Anda.

Konten yang dibuat adalah kunci utama seberapa potensial akun Youtube Anda bisa menghasilkan uang. Semakin bagus kontennya, semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan uang dari Youtube.

Ada beberapa konten menarik yang bisa Anda buat dan unggah di Youtube :

  • Voice over

Konten Voice Over adalah narasi yang Anda buat untuk mengomentari atau memberikan pendapat atas fakta-fakta tertentu yang menarik. Konten ini bisa sangat menarik jika Anda membuat narasi dan menyajikannya secara menarik pula.

  • List

Konten ini merujuk pada video yang isinya adalah daftar hal-hal tertentu yang bisa menarik orang. Karena bentuknya list, tentu saja dibutuhkan lebih dari satu hal yang disajikan.

Misalnya, 20 fakta menarik tentang Asian Games atau 10 makanan yang harus dihindari bagi penderita asma. Dengan konten ini, Anda bisa menyajikan konten hiburan maupun edukasi bagi penonton video channel Anda.

  • Tutorial

Video ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin tahu caranya membuat atau mengoperasikan sesuatu. Konten seperti ini juga bisa sangat menarik bagi penonton karena memberikan nilai-nilai edukasi yang dibutuhkan.

Misalnya, cara membuat pie susu  khas Bali, cara membuat akun Youtube, cara mengoperasikan CorelDraw dan lain sebagainya.

  • Unboxing

Di luar sana, mungkin ada banyak sekali orang yang penasaran tentang suatu produk yang mereka inginkan. Nah, Anda bisa membuat video yang isinya adalah unboxing produk tertentu yang membuat penonton tertarik.

Bisa memulainya dengan menjelaskan produk tersebut ketika masih dalam kemasan. Lalu buka kemasannya dan jelaskan bagaimana detail produk serta fasilitas penunjang lainnya. Misalnya, video unboxing Samsung C9 Pro

  • Materi akademik

Isi video ini fokus untuk membahas materi-materi sekolah atau kuliah. Target penontonnya adalah siswa atau mahasiswa yang ingin tahu penjelasan materi yang belum mereka pahami.

Jenis konten ini sangat cocok bila Anda juga berprofesi sebagai seorang guru. Misalnya, membuat video tentang materi Simple Present Tense atau tentang rumus-rumus matematika. Prinsipnya, Anda harus menguasai materi yang akan diberikan melalui video.

3. Monetisasi akun youtube

Titik paling penting dalam cara mendapatkan uang dari Youtube adalah monetisasi akun. Apa itu? Monetisasi merupakan sebuah proses tertentu agar akun yang kita buat bisa menghasilkan uang.

Pada tahap ini, terjadi transaksi yang memungkinkan memperoleh uang dari akun Youtube Anda. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam monetisasi akun Youtube milik Anda.

Menayangkan iklan di video kita

Konten-konten menarik yang dibuat dan kemudian diunggah  di Youtube bisa membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi dan menonton video Anda. Tingkat kunjungan penonton ke akun Anda inilah yang disebut sebagai traffic.

Jika traffic akun Anda tinggi, maka akun Anda tersebut bisa menjadi sarana beriklan produk orang lain.

Anda bisa menawarkan jasa iklan kepada orang lain yang punya produk usaha. Yakinkan mereka bahwa Anda bisa membuat produknya dikenal oleh banyak orang.

Yang perlu diketahui, untuk sampai pada traffic yang tinggi, Anda harus memulainya dengan konten berkualitas yang bisa memikat perhatian.

Daftar ke Google Adsense

Adsense adalah salah satu program dari Google dimana pemilik akun bisa menayangkan iklan-iklan tertentu dari Google. Ada proses pendaftaran dan persetujuan yang perlu dilalui terlebih dahulu agar bisa terhubung dengan Google Adsense.

Setiap ada orang yang klik iklan melalui akun Anda, Anda akan memperoleh uang. Sistem ini lazim disebut dengan pay per click (PPC). Jadi, penghasilan Anda sangat tergantung dari seberapa sering iklan ditonton oleh orang lain.

Baca Juga :

Itulah penjelasan singkat tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari Youtube. Tentunya perlu lebih banyak belajar lagi selain menerapkan tips-tips di atas, agar bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah perbulannya.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.