Tips Lengkap Cara Menulis Artikel Seo Friendly

0
20
Tips Lengkap Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Cara Menulis Artikel Seo friendly – Sebagai seorang blogger, Anda harus paham bagaimana menulis yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Selain itu, hal yang sangat penting adalah artikel harus memenuhi unsur seo friendly.

Unsur artikel seo friendly terdiri beberapa item yang akan kita bahas dalam artikel ini, seperti tingkat keterbacaan, penggunaan kata kunci dan sebagainya. Untuk mempersingkat waktu, berikut kami paparkan cara menulis artikel seo untuk blog.

Cara Menulis Artikel Seo friendly agar dapat Bersaing di Serp

Tingkat keterbacaan artikel

Keterbacaan artikel (Readability) bisa kita masukkan sebagai bagian dari pengalaman pengguna (user experience). Agar artikel enak di baca, selain dari tata bahasa yang baik, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan.

  • Panjang paragraf tidak boleh terlalu panjang seperti yang sering ditemukan pada penulisan karya ilmiah. Hal ini bertujuan agar pembaca tidak jenuh. Maka dari itu, disarankan panjang paragraf tidak boleh lebih dari 150 kata.
  • Satu kalimat sebaiknya maksimal berisi 20 kata. Jika memang tidak sanggup memenuhi hal tersebut, setidaknya kalimat yang melebihi ketentuan tersebut tidak boleh melebihi 25% dari total panjang artikel.
  • Setiap artikel harusnya memiliki sub judul. Dalam suatu situs/website/blog, judul artikel biasanya sudah disetting menjadi H1. Maka dari itu, jika Anda membuat sub judul seharunya Anda meggunakan H2, H3, H4, H5 dan atau H6.

Contoh pada pengguna blogspot, H2 adalah heading, H3 adalah subheading dan H4 adalah minor heading.

Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Berbeda dengan pengguna wordpress, H2 adalah penajukan 2, H3 adalah penajukan 3, H4 adalah penajukan 4, H5 adalah penajukan 5 dan H6 adalah penajukan 6.

cara menulis artikel yang berkualitas seo Friendly

Perlu menjadi perhatian adalah penggunaan heading dalam artikel harus berjenjang. Sebelum menggunakan H3 harus terlebih dahulu menggunakan H2, sebelum menggunakan H4 harus terlebih dahulu menggunakan H3 dan seterusnya.

Ketentuan Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Banyak teknik yang digunakan blogger agar dapat tampil di halaman pertama search engine google. Beberapa teknik akan kami paparkan yang bisa membantu artikel Anda bersaing dengan artikel sejenis. Simak penjelasan berikut :

Panjang judul artikel

  • Panjang judul artikel yang sesuai dengan batas keterlihatan di search engine. Anda bisa menggunakan 50 hingga 55 karakter agar judul artikel dapat dilihat dengan sempurna.

Dalam judul artikel seharusnya memasukkan kata kunci yang Anda targetkan. selain itu, disarankan untuk menempatkan di awal judul artikel. Untuk meningkatkan RKT (Rasio Klik Tayang) di search engine, diperlukan pengolahan judul agar lebih menarik.

Biasanya poin ini sangat susah untuk disatukan. Jika ingin menempatkan kata kunci di awal judul artikel, maka sangat kecil ruang kita sebagai seorang penulis untuk mengeksploitasi judul demi meningkatkan RKT.

Maka dari itu minimal poin pertama harus terpenuhi yaitu kata kunci tertarget harus berada dalam judul.

Panjang artikel

  • Panjang artikel minimal 300 kata. Kurang dari 300 kata akan dianggap artikel yang kurang berisi sehingga susah bersaing di serp. Artikel yang ideal antara 500 kata hingga 800 kata.

Jika berencana menulis artikel lebih dari 1000 kata, coba dipertimbangkan lagi. Banyak sisi negatifnya kalau Anda tidak mampu menampilkan sesuai dengan harapan pembaca. Dibutuhkan pengalaman yang panjang agar dapat memenuhi kaidah seo dan menguasai emosi pembaca.

Dewasa ini, tingkat penggunaan smartphone jauh lebih tinggi dibanding penggunaan PC dalam mengakses internet. Bayangkan jika artikel dengan panjang lebih dari 1000 kata dibaca melalui smartphone? Saya yakin, jika Anda bukan penulis handal maka pembaca akan kabur tanpa menyelesaikan bacaannya.

Dampak negatifnya adalah tingkat bounce rate artikel Anda akan tinggi. Panjang artikel tidak akan sesuai dengan lama waktu kunjungan, sehingga artikel Anda akan dianggap sampah oleh google.

Kata kunci pada paragraf pertama

  • Kata kunci yang ditargetkan harusnya dimunculkan pada paragraf pertama atau minimal 100 kata pertama dari artikel Anda. Bagian ini juga sedikit menyulitkan jika semua artikel yang Anda tulis harus memenuhi kaidah tersebut.

Maka dari itu jangan terpaku dengan ketentuan ini. Jangan dipaksakan untuk memasukkan kata kunci yang akan merusak tata bahasa artikel Anda.

Deskripsi meta

  • Deskripsi meta harus mengandung kata kunci yang ditargetkan. Anda harus menulis deskripsi informatif sesuai dengan isi artikel jika ingin ditampilkan pada mesin pencari. Google akan menampilkan deskripsi hasil crawl robotnya jika deskripsi Anda dinilai tidak sesuai dengan isi artikel.

Contoh Deskripsi pada artikel ini “Cara Menulis Artikel Seo friendly – Artikel ini sudah memenuhi standar konten yang seo friendly, baik soal keterbacaan maupun pada penerapan teknik seo

Sama halnya memaksimalkan judul artikel, memaksimalkan meta description akan meningkatkan RKT halaman Anda dalam mesin pencari. Ketika RKT halaman baik, maka google tidak memiliki alasan untuk tidak menaikkan posisi artikel Anda dalam mesin pencarinya.

artikel berkualitas seo Friendly

Contoh deskripsi meta yang akan muncul di hasil pencarian google.

contoh tulisan seo friendly

Bagi pengguna blogspot, dapat menemukan penyetelan deskripsi meta ini pada bagian kanan dari halaman postingan blog.

Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Jika Anda tidak menemukan deskripsi penelusuran tersebut, maka terlebih dahulu aktifkan melalui Setelan>Preferensi Penelusuran>Tag meta.

Cara menulis artikel seo yang baik dan benar

Subpos terdapat kata kunci

  • Menggunakan kata kunci yang ditargetkan pada subpos seperti H2 dan seterusnya. Minimal kata kunci harus ada 1 pada subpos artikel.

Kepadatan kata kunci

  • Dalam dunia seo, kepadatan kata kunci dalam artikel sangat diperhatikan. Biasanya penggunaan kata kunci ini berkisar antara 0,5% hingga 2,5% dari total panjang artikel. Sebar kata kunci yang Anda targetkan secara merata agar terlihat lebih alami.

Jika berlebihan menggunakan kata kunci yang ditargetkan, maka artikel Anda akan dianggap menerapkan keyword stuffing. Contoh pada artikel ini, penggunaan kata kunci “Cara Menulis Artikel Seo Friendly” sebesar 0,5% dari panjang artikel.

Menulis Artikel Seo yang berkualitas

Menggunakan internal link dan eksternal link

  • Menggunakan internal link yang relevan dengan artikel harus dilakukan. Hal ini untuk meningkatkan kualitas artikel, baik artikel yang bersangkutan maupun artikel yang ditautkan. Dengan adanya link internal, maka kita membantu boot goole untuk menjangkau lebih dalam situs yang kita miliki.

Hal ini juga sangat berkaitan dengan bounce rate suatu halaman. Jika internal link berhubungan erat dengan artikel yang sedang dibaca oleh pengunjung, maka sudah tentu pengunjung akan tertarik mengikutinya.

Sedangkan eksternal link untuk memberikan sinyal pada robot google bahwa artikel yang Anda tulis sangat berkualitas ditandai adanya referensi dari luar situs Anda.

Gambar menggunakan alt atribut

  • Maksimalkan gambar artikel dengan menggunakan alt atribut. Alt atribut harus mengandung kata kunci yang ditargetkan. Fungsi alt atribut untuk memberikan informasi pada robot google bahwa gambar yang Anda gunakan berhubungan dengan kata kunci A misalnya.

Seperti yang saya gunakan pada gambar di artikel ini, semua menggunakan all atribut. Beberapa alt atribut menggunakan kata kunci “Cara Menulis Artikel Seo Friendly”.

Menggunakan anchor teks pada halaman itu sendiri

  • Menggunakan anchor teks yang merujuk pada halaman artikel bersangkutan. Contoh, misalnya Anda menargetkan kata kunci “sepatu anak sekolah”, maka kata kunci tersebut harus disematkan url artikel itu sendiri.

Banyak juga yang berpendapat menautkan url pada halaman itu sendiri adalah hal yang sia-sia. Perlu Anda ketahui, saya telah melakukan eksperimen soal berbagai model tautan link untuk optimasi seo on page. Hasil terbaik berdasarkan eksperimen tersebut saya gunakan pada artikel ini.

Jangan sekali-kali menautkan link artikel lain pada kata kunci yang ditargetkan.

Url artikel mengandung kata kunci dan tidak terlalu panjang

  • Sebaiknya url artikel mengandung kata kunci tertarget dan jangan terlalu panjang. Mungkin Anda bertanya kenapa beberapa artikel yang ada dalam blog ini memiliki url yang telalu panjang.

Jawabannya, beberapa waktu lalu sebelum menulis artikel ini, saya melakukan migrasi dari blogspot ke wordpress self hosting. Karena faktor tersebutlah, banyak url hasil migrasi mengikuti judul artikel yang ada (sementara dalam perbaikan).

Penggunaan sinonim dari kata kunci tertarget

  • Gunakan sinonim dari kata kunci yang ditargetkan. Ini teknik seo terbaru yang masuk dalam ruang lingkup penggunaan LSI (Latent Semantic Indexing). Beberapa blogger masih berbeda pendapat mengenai kriteria LSI ini.

Ada yang mengatakan LSI hanya pada bagian kata kunci yang memiliki relevansi seperti “cara menulis artikel seo friendly” dengan kata kunci LSI-nya “artikel berkualitas seo, artikel seo on page dan sebagainya”. Sementara sinonim bukan termasuk LSI.

Menurut saya, artikel yang ditulis sesuai dengan kaidah bahasa indonesia, menggunakan kalimat yang efektif dan tidak bertele-tele dengan sendirinya akan menemukan LSI yang dimaksud oleh google.

Maka dari itu, sangat disarankan menulis artikel secara lugas dan jelas. Jangan mengorbankan pengalaman pengguna hanya karena mengejar kata kunci.

Salah satu target utama penggunaan LSI ini adalah memenangkan persaingan kata kunci yang beragam. Dengan menerapkan teknik LSI ini, maka artikel Anda bisa saja memenangkan puluhan bahkan ratusan kata kunci turunan.

Menggunakan kata kunci yang sudah digunakan

  • Sangat tidak disarankan menggunakan kata kunci yang sudah pernah ditargetkan pada artikel lainnya dalam suatu situs/blog. Apakah Anda ingin bersaing dengan artikel Anda sendiri? Saya rasa jawabannya tidak. Itulah sebabnya, beberapa situs besar yang menerima kontributor mempertegas akan hal ini.

Mereka tidak menerima artikel yang menargetkan kata kunci yang sama seperti artikel yang sudah pernah terbit sebelumnya.

Baca Juga :

Sebagai penutup, saya ingin memberitahukan bahwa “cara menulis artikel seo friendly” ini saya kerjakan mulai dari tengah malam sampai dini hari. Kemudian lanjut editing pada pagi harinya dan langsung saya terbitkan.

Artikel ini sudah memenuhi standar konten yang seo friendly, baik soal keterbacaan maupun pada penerapan teknik seo on pagenya. Semoga pemaparan saya ini dapat dimengerti dan bermanfaat untuk Anda semua. Salam santun




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.