Cara Meningkatkan BPK Adsense (Memaksimalkan Auto ads dan Ad Balance)

0
Cara Meningkatkan BPK Adsense (Memaksimalkan Auto ads dan Ad Balance)

Seperti pada artikel sebelumnya, saya masih akan membahas tentang cara meningkatkan BPK adsense. Namun, kali ini agak berbeda. Topik yang akan saya angkat mengenai hasil analisa pribadi dengan melakukan beberapa eksperimen.

Jadi, sebelum kamu melanjutkan membaca artikel ini, saya sampaikan bahwa bisa saja apa yang saya bahas ini bertolak belakang dari pemahaman kamu selama ini. Maka dari itu, silahkan berkomentar yang baik untuk melakukan sanggahan atau sejenisnya.

Memanfaatkan Automatic Ads dan Ad Balance untuk Meningkatkan BPK Adsense

Automatic Ads (Auto Ads)

Tahukah kamu fungsi utama dari script automatic ads (auto ads) yang diperkenalkan oleh google adsense? Fungsi utama auto ads adalah menempatkan posisi iklan berdasarkan hasil analisa teknologi machine learning Google.

Jadi, jika mesin google tersebut mendeteksi adanya ruang kosong yang memungkinkan penambahan iklan, maka otomatis script auto ads akan bekerja dan menempatkan iklan yang sesuai minat pengunjung blog kamu.

Lantas, apa hubungannya auto ads dengan memaksimalkan bpk di google adsense (meningkatkan posisi tawar iklan)? Pelan-pelan saja bacanya, nanti juga kamu paham maksud saya.

Seperti dari panduan adsense mengenai cara kerja script auto ads, mesin google tersebut mampu membaca dan menganalisa halaman dari situs blog kamu, termasuk iklan adsense yang sudah terlebih dulu terpasang, kecuali jenis iklan dari jaringan lainnya.

Jika satu area dari halaman blog kamu sudah disisipkan iklan adsense, maka tidak mungkin script auto ads menampilkan iklan berdekatan dengan iklan tersebut.

Ingat, semua materi (bagian) yang ada di halaman blog kamu akan terdeteksi termasuk gambar, komentar dan sebagainya.

Ad Balance

Fungsi utama dari ad balance adalah memaksimalkan iklan yang tampil pada halaman blog kamu. Kalau kamu melakukan penyetingan di bawah 100% (misalnya 70%), maka prioritas iklan yang akan muncul adalah iklan dengan biaya per klik (BPK) yang tinggi.

Namun, jika tingkat kunjungan blog kamu masih rendah maka sebaiknya tidak melakukan eksperimen ad balance ini (saran dari google sendiri lho ya, kalau g’ percaya silahkan cari panduannya sendiri di layanan bantuan adsense).

Kalau panduannya belum ketemu, coba langsung klik halaman Support.google.

Setelah mempelajari fungsi dan tujuan dari auto ads dan ad balane, maka selanjutnya kita melakukan eksperimen untuk meningkatkan posisi tawar iklan adsense atau bahasa simpelnya meningkatkan bpk adsense.

Memaksimalkan BPK Google Adsense

Banyak blogger yang berpendapat bahwa menggunakan auto ads menurunkan penghasilan adsense mereka. Itu berdasarkan hasil eksperimen masing-masing blogger tentunya.

Pandangan saya soal penggunaan auto ads ini karena seperti yang kita bahas di atas, auto ads akan mencari ruang kosong yang sekiranya masih layak untuk menempatkan iklan google di dalamnya.

Jika ruang kosong pada suatu halaman dalam blog kamu sangat banyak, maka jangan heran kalau iklan adsense muncul dimana-mana. Misalnya panjang artikel kamu 1000 kata, kalau dalam artikel kamu itu tidak atau hanya sedikit disisipi gambar pendukung, maka disitulah peluang auto ads masuk.

Karena iklan adsense muncul lebih banyak dari sebelumnya, maka otomatis nilai bpk dari setiap klik akan turun. Logikanya, “semakin banyak barang yang beredar, maka harga akan cenderung turun begitupun sebaliknya“.

Lantas apa hubungannya peningkatan bpk dengan ad balance? Ini sudah sangat jelas berdasarkan pemaparan dari pihak adsense sendiri melalui laman supportnya.

Poin penting yang ingin saya sampaikan di sini untuk meningkatkan bpk adsesne kamu adalah gunakan semua sumber daya dari adsense dan maksimalkan laman artikel kamu.

Jangan biarkan terlalu banyak ruang kosong (hanya berisi tulisan yang panjang). Gunakan gambar, video atau apalah yang dapat menambah nilai dari tulisan yang kamu buat.

Ingat, gambar yang bersumber dari jaringan periklanan lain untuk saat ini masih belum dapat terbaca oleh machine learning Google (teknologi auto ads).

Cara menerapkan trik unik ini :

  1. Temukan unit iklan yang sesuai dengan blog kamu dan pasang pada posisi yang menurut kamu tepat sebelum google memperkenalkan auto adsnya. Maksimalkan kanal khusus kamu.
  2. Setting ad balance di bawah 100%. Untuk blog ini saya setting 70%.
  3. Periksa artikel kamu, sisipkan gambar jika memang perlu untuk menghindari ruang kosong yang berlebihan. Prioritaskan pada artikel populer kamu (artikel penghasil dollar kamu) dengan menganalisa google analytics.

Perubahan yang akan diperoleh setelah menerapkan trik-trik di atas?

Trik ini bertujuan untuk memaksa auto ads dan ad balance menampilkan iklan yang relevan dengan artikel kamu, sehingga yang muncul adalah iklan bpk tertinggi.

Baca Juga :

Berikut hasil yang akan diperoleh blog kamu nantinya :

  • Meningkatkan BPK adsense
  • Meningkatkan RKT halaman, artinya jumlah klik iklan semakin meningkat.
  • Meningkatkan pendapat adsense
Cara Meningkatkan BPK Adsense (Memaksimalkan Auto ads dan Ad Balance)

Sekian dulu ya gan, semoga kamu sukses meningkatkan BPK adsense dengan cara unik ini. Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.