Lulus SMK Jadilah Pengusaha, Jangan Selalu Berpikir Jadi Buruh

Didikan SMK pada umumnya adalah orang yang sudah siap kerja, karena di SMK siswanya memang sudah dilatih untuk siap terjun di dunia kerja. Kelebihan umum dari SMK adalah pelajarannya lebih sering praktek daripada teori, makanya saat ini SMK lebih diminati dibanding SMU.

Buat kamu yang lulusan SMK pasti memiliki pikiran jikalau sudah lulus ingin segera bekerja bukan? Dan biasanya harapan kerjanya juga tidak muluk-muluk, yang penting kerja di PT atau pabrik bonafit.

Bahkan kalau sudah kerja di salah satu perusahaan selalu berkeinginan untuk jadi karyawan tetap. Iya kan?

Mulai sekarang, lebih baik buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Lulusan SMK itu tak melulu jadi buruh, lulusan SMK juga harus bisa jadi pengusaha dan jangan mau jadi pekerja terus.

Perlu kalian tahu, jadi buruh atau karyawan swasta itu tak semudah yang dibayangkan.

Jadi buruh itu tidak enak. Kok bisa, kan enak punya gaji?

Nih Saya beritahu, menurut Saya jadi buruh itu benar benar menguras keringat dan membuang waktu. Berikut beberapa hal yang membuat Kamu bakal mikir 2 kali jadi buruh:

  • Pergi pagi pulang malam hasilnya tidak seberapa.
  • Sangat sulit buat jadi orang kaya.
  • Gaji pas-pasan apalagi kalau sudah punya keluarga. Sangat kurang!
  • Biar ada tambahan gaji, Kamu harus lembur banting tulang.
  • Sudah lembur mati-matian tapi tetap saja tidak bikin kaya.
  • Tanggal tua jadi masalah tiap bulan.
  • Capeknya parah, apalagi kalau udah kerja bergelut dengan mesin.
  • Ingin punya motor aja harus hutang.
  • Selalu takut dengan atasan (makanya banyak yang cari muka)

Dan masih banyak lagi yang akan Kamu hadapi jika tetap memutuskan ingin jadi buruh.

Apalagi jika kamu baru lulus SMK, akan sulit sekali menjadi karyawan tetap. Kamu harus terbiasa dengan sistem kontrak yang membuat Kita galau jika menjelang kontrak akan habis.

Sudah kerja melelahkan, tapi tidak pernah dihargai karena terikat sistem kontrak.

Terlepas dari itu semua, menjadi buruh juga perlu di syukuri, karena saat ini Kita tahu sendiri kalau masih banyak pengangguran dan orang yang tidak mampu.

Rubah Mindset Kamu

Maka dari itu, sebagai lulusan SMK kamu harus merubah mindset dari sekarang. Jangan melulu kita berpikir “bagaimana mendapatkan lapangan pekerjaan”. Mulai sekarang, berpikirlah bagaimana Kita bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang-orang yang menganggur.

Jujur saja, saya yang saat ini berprofesi sebagai buruh sudah 10 tahun menyesal. Kenapa tidak dari dulu saya berpikir membuka usaha?

Selama 10 tahun menjadi karyawan, hidup Saya begini-begini saja, masih banyak kekurangan. Dan yang paling Saya sesalkan adalah kenapa waktu masih sekolah, Saya menyia-nyiakan waktu hanya untuk bermain yang dampaknya baru terasa sekarang. 

Cari kerja susah karena saat tes selalu gagal, ingin usaha tapi tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Untuk adik adik SMK yang masih sekolah, ingat pesan kakakmu ini yang sudah lulus SMK 15 tahun yang lalu.

Manfaatkanlah waktumu mulai sekarang, jangan terlalu banyak main, karena penyesalan datang belakangan. Kasihan orang tuamu yang berharap punya anak sukses.

Ingat, punya penghasilan tetap sebagai buruh memang nyaman, tapi sulit menjadikan kamu sukses untuk diri sendiri maupun orang-orang yang Kamu sayang.

Baca Juga :

Saran Saya, jangan berpikir untuk menjadi buruh atau karyawan setelah lulus SMK. Berpikirlah untuk menjadi pengusaha. Gunakan otak dan kreatifitasmu untuk membangun usaha.

InsyaAllah, jika Kamu sudah niat buka usaha pasti ada jalannya. Contohnya teman Saya yang hanya lulusan SMP, saat ini Dia sudah punya rumah, mobil dan istri yang cantik padahal hanya lulusan SMP.

Karena apa?

Karena dia punya usaha yang maju bukan punya ID card sebagai karyawan.




4 KOMENTAR

  1. Sebenarnya apa yg bapak tulis ini adalah pemikiran saya saat ini. Tahun ini saya akan lulus smk dan mungkin juga tidak melanjutkan pendidikan lagi. Saya juga ingin bekerja di pabrik walaupun hanya sekedar karyawan saya sudah senang. Jika jngin menjadi pengusaha, saya bingung mau usaha apa soalnya gak ada modal. Saya juga sudah tidak akan di biayai sedikitpun sama ortu setelah lulus smk ini.
    Saya bingung, memang jadi buruh pabrik tidak akan maju, tapi mau bagaimana lagi. Pengen usaha tapi juga gak ada modal sama sekali.

  2. Memang kita perlu modal buat membuka usaha akan tetapi sebenarnya modal bukanlah tolok ukur kita memulai usaha, melainkan kita harus punya niatan yg kuat serta dibarengi berusaha yg sungguh sungguh dan jangan lupa berdoa. Usaha itu tidak akan pernah berjalan kalo kita hanya sekedar memperbincankan nya, cobalah memulai dan jangan hiraukan perkataan oranglain. Yakinlah setiap usaha yg kita lakukan pasti akan ada hasil dari semuanya, meskipun kita harus gagal, gagal, dan gagal saya yakin ada setitik keberhasilan dari banyaknya kegagalan yg pernah kita alami selama merintis usaha kita. Bersabarlah

  3. Halo pak,
    Saya bagas dan umur saya sekarang 20 tahun, saya sekarang bekerja disalah satu perusahaan dibidang fnb sebagai sales. Benar kata bapak, disini gaji saya terbagi untuk kebutuhan apalagi saya belum mempunyai rumah (menumpang saudara) dan ada tanggungan motor. Disini saya menyisihkan uang sebagian untuk membelikan rumah orang tua saya. Saya bingung untuk membuka usaha apa dengan gaji pas pasan. Sebenernya usaha itu bisa berbentuk apa saja, tapi saya bingung apa yang harus saya kerjakan pertama kali untuk membangun usaha dan usaha apa yang ingin saya bentuk. Disini saya bingung sekali. Saya sudah terlalu mikir jauh sekali untuk kedepannya seperti menikah, mempunyai rumah sendiri. Saya sudah melihat berbagai video wirausaha diumur 20th yang bisa meraup keuntungan berjuta juta. Saya ingin seperti mereka, tapi saya kurang ilmu dalam berwirausaha. Kiranya bapak mempunyai saran untuk saya, mohon maaf dan terima kasih

    • Menemukan usaha yang pas memang tidak bisa dikatakan mudah. Karena mereka yang sukses sebetulnya telah melakukan beberapa usaha yang gagal dan akhirnya menemukan jalannya sendiri. Mulailah dari memperhatikan di sekitar Anda, usaha apa yang sekira sanggup Anda lakukan. Jangan takut dikatakan ikut-ikutan, karena niscaya banyak pelajaran yang akan Anda dapatkan ketika bergerak dan melakukan usaha sendiri. Anda akan tahu langkah demi langka setelah terjun dalam dunia usaha. Jangan terlalu terpaku dengan teori, Anda akan sadar perkataan saya tersebut setelah benar-benar terjun dalam usaha. Doa kami, semoga Anda cepat memperoleh kesuksesan

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.