6 Cara Mengembangkan Usaha Kecil kecilan

Cara Mengembangkan Usaha Kecil kecilan

Cara Mengembangkan Usaha Kecil kecilan – “Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”. Peribahasa mainstream dalam ingatan sejak masih SD. Sebagaimana mestinya diimplementasikan juga dalam berwirausaha.

Tenang, tak perlu risau, galau, gundah gulana ber-angan terlalu jauh ketidak pastian untuk membuka lebar peluang usaha. Anda bisa mengawalinya dengan merintis usaha kecil kecilan

Sambil terus berkembang secara konsisten. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat diusahakan untuk ‘mengekspansi’ bisnis milik Anda tersebut :

1. Menginvestasikan Waktu Menggunakan Internet

Hampir satu dunia sekarang ini telah terpapar wabah komunikasi elektronik. Sudah jadi pelengkap hidup yang susah dipisahkan.

Saya yakin Anda semua pun sadar betul apa apa saja pengaruh positif yang siap disebarkan internet ke seluruh penjuru negeri.

Sebut saja misalnya sarana promosi secara cuma-cuma, melampaui sejumlah besar manusia tanpa batas. Media pamer testimoni sebanyak banyaknya, unggah foto, video katalog produk semua bisa.

Melahirkan banyak influencer terkenal dan dimintai tolong untuk memperkenalkan usaha Anda pada masyarakat luas.

2. Membangun Website Sederhana dengan WordPress untuk Mengembangkan Usaha Kecil kecilan Anda

Perwujudan kecerdasan digitalisasi masa kini memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, Anda yang tidak paham bahasa pemrograman sudah disediakan Content Management System (CMS).

CMS ini memungkinkan Anda untuk membuat konten secara bebas lalu mempublikasikannya di internet tanpa perlu ‘ngoding’ sama sekali. Satu bentuk CMS yang sudah sering kita dengar adalah WordPress.

Ideal dan ‘easy to use‘ untuk digunakan bagi pemula bahkan yang baru pertama kali membuat website. Anda bebas membuat konten blog untuk selanjutnya melakukan analisis Search Engine Optimization (SEO).

Kelebihan lain yang ditawarkan WordPress, yaitu komunitas yang cukup besar sehingga banyak blogger atau developer berpengalaman yang mungkin membantumu.

3. Mencari Supplier yang Lebih Murah Secara Online

Lagi lagi masih memanfaatkan fasilitas yang tersedia secara online. Satu di antara upaya mencari supplier termurah adalah dengan membuat database supplier sekaligus mengumpulkan data supplier sebanyak banyaknya.

Mulai dari nama, tempat tinggal, nomor telepon, akun media sosial atau situs resmi, produk beserta harga jual yang ditawarkan. Berbekal informasi dari banyak supplier, Anda dapat membandingkan harga yang ditawarkan antar supplier untuk suatu komoditi yang sama.

Anda juga bisa mengecek supplier mana yang memiliki sistem pembayaran paling menguntungkan. Bagi perusahaan ternama, mungkin sudah bukan problem besar lagi karena justru supplier yang akan mendatangi.

Berbeda dengan usaha kecil kecilan yang memang harus aktif lebih dulu. Selain melakukan pencarian via online, Anda juga bisa jadi bagian komunitas bisnis secara online untuk kemudian membahas supplier mana yang serasi untuk jenis usaha Anda.

4. Menggunakan Iklan Digital Seperti Google Ads atau Facebook

Website ibarat toko atau bentuk fisik usaha Anda yang terbangun secara online. Salah satu cara agar orang mau mengunjungi ‘toko digital’ Anda adalah dengan menggunakan Google Ads ataupun Facebook.

Keduanya sama-sama menyasar audiens yang potensial tertarik dengan usaha bisnis Anda. Selain itu, keduanya juga memiliki keunggulan tersendiri.

Facebook Ads menampilkan iklan sesuai informasi target audiens yang Anda isi. Adapun Google Ads akan menampilkan iklan berdasarkan kata kunci (keyword) yang Anda targetkan.

5. Meningkatkan Jumlah Modal untuk Diputar

Selanjutnya cara mengembangkan usaha kecil kecilan dengan meningkatkan modal usaha. Jika ingin lebih ahli dalam memutar uang, Anda harus terbiasa menyisihkan sejumlah kecil keuntungan.

Dana tersebut jadi modal kembali untuk proses bisnis yang sudah dijalani atau membuka prospek bisnis menarik di masa depan. Selain dengan cara menyisihkan keuntungan, kamu juga bisa mengajukan permodalan di platform pembiayaan.

6. Mengurus Perizinan Usaha Agar Menjadi Legal

Siapapun pebisnis jelas mengidamkan perubahan status usahanya menjadi ‘legal’. Bukti bahwa usahanya memang benar dalam segi hukum sekaligus meraup sebanyak mungkin peluang nasabah.

Untuk mengurus perizinan, Anda bisa melakukannya sendiri, menggunakan jasa agen perizinan, atau dengan jasa notaris.

Baca Juga :

Terlepas dari keenam cara di atas, sudah pasti masih banyak solusi lainnya dalam mengembangkan usaha. Banyak jalan menuju roma. Maka, banyak jalan pula menumbuhkan usaha kecil Anda. Selamat mengusahakan yang terbaik dan selamat mencoba

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.