Ini Dia Hal yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Memonetisasi Blog

0
47
Ini Dia Hal yang Harus Kamu Perhatikan Dalam Memonetisasi Blog

Bagi kalian yang tengah melangkah ke tahap pengelolaan blog secara profesional, atau bahasa kerennya memonetisasi blog, berhentilah bermain-main. Mulailah disiplin dan serius dalam mengupayakan konten yang berkualitas agar selalu bermanfaat bagi khalayak.

Maksimalkan tampilan blog agar menarik, serta terus mengupayakan progress traffik kunjungan agar selalu ramai.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam memonetisasi blog, kita harus menegaskan batasan. Di mana penanda seorang blogger serius mengelola blog secara profesional yakni ketika ia telah melakukan monetisasi.

Monetisasi Blog, artinya kamu melakukan pengelolaan blog secara lebih serius, di mana kamu membuka peluang bagi blogmu untuk mendapatkan iklan dan jalinan kerja sama komersil lainnya.

Dengan melakukan monetisasi blog, kamu berpeluang mendapatkan pundi-pundi rupiah yang melimpah.

Ada banyak cara untuk membuka peluang blog yang kamu kelola agar bisa dimonetisasi. Salah satunya dengan melakukan upgrade. Kalau kamu pakai WordPress, maka cara yang bisa ditempuh yakni dengan membeli paket premium.

Harga untuk pembelian paket ditarif pakai dolar dan dibayar per tahun. Kalau dirupiahkan, biaya upgrade sekitar 1,3 juta.

Setelah melakukan Upgrade, blog yang kamu kelola tersebut pun dapat peluang untuk melakukan pengelolaan yang profesional (tarik iklan, buka usaha, dapat uang).

Berikut ini uraian tentang hal apa saja yang mesti diperhatikan ketika sedang atau telah memonetisasi blog

1. Jadilah Tuan Rumah yang Ramah

Sebagai tuan rumah, sajikanlah konten yang konsisten bagus dan bermanfaat, tidak tipu-tipu apalagi senang main-main di konten plagiat. Selain cara itu masuk kategori kriminal, bisa-bisa kontenmu akan dihapus dan kena sanksi.

Kamu bisa mempelajari teknik penulisan SEO dan teori-teori blogging lainnya, agar konten kerenmu bisa mudah diindeteksi oleh mesin pencari.

2. Buat Laman Contact Us, About Us dan Disclaimer/Privacy Policy

Ini dia hal yang tak boleh luput dari garapan. Tiga laman berupa Contact Us atau Kontak Saya, About Us atau Tentang Saya, serta halaman disclaimer sangat penting sebagai penanda bahwa kamu show off dengan percaya diri di dunia per-blogging-an. Hehe . . . 

Dengan memuat informasi yang jelas dan tanpa bertele-tele tentangmu, pengunjung akan dengan mudah mendeteksi jati ridimu, percaya padamu dan bisa membuka peluang kerja sama yang profesional.

3. Perhatikan Warna Latar Belakang

Tema apapun yang kamu terapkan di blog, itu terserah sesuai selera. Kamu pastinya punya pertimbangan sendiri dalam menentukan tema sesuai kepribadian dan karakter blogmu, bukan?

Namun sangat direkomendasikan untuk menerapkan warna putih polos sebagai warna latar belakang. Tujuannya, agar pemasangan iklan dengan warna dan bentuk apa saja jadi lebih dinamis.

4. Rajin Promosi

Pengunjung tidak datang dengan sendirinya. Apalagi, di dunia maya terdiri dari ribuan bahkan mungkin miliaran orang yang punya blog seprtimu. Maka, janganlah lelah berpromosi, menjadi blogger tamu yang baik, serta terus membuat konten keren.

Kamu bisa berbagi link blog ke sejumlah komunitas maya, ragam media sosial, serta turut berpartisipasi sebagai blogger tamu di blog orang lain yang mempersilakan. Semua upaya itu sangat memungkinkan dan mudah untuk dilakukan asal punya kemauan.

Baca Juga :

Dengan melakukan empat langkah di atas, diharapkan traffick kunjunganmu akan meningkat, pun peluang dapat iklan akan semakin terbuka. Percayalah, jika terus tekun dan konsisten, kamu akan segera mendapatkan buah yang manis dari kerja keras itu.

Sekian dulu sharing dari saya, semoga artikel ini bermanfaat.

 




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.