Tips dan Cara Menabung untuk Masa Depan yang Lebih Baik

0
34
Cara Menabung untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Cara Menabung untuk Masa Depan – Menabung merupakan salah satu cara untuk menyokong keuangan kita di kemudian hari, sampai pemerintah pun ikut serta supaya kita lebih giat menabung. Hal ini bisa dilihat dari adanya salah satu jenis tabungan di Bank yang diberi nama TabunganKu.

Selain itu, Indonesia sendiri telah menetapkan tanggal 31 Oktober sebagai hari menabung nasional. Ditambah lagi dalam ajaran agama, menabung termasuk dalam akhlak yang baik.

Setelah memahami beberapa hal di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa menabung itu penting dan memberikan dampak positif bagi kita.

Namun, tetap saja ada orang yang tidak peduli dengan hal ini. Menghamburkan uang, kebiasaan hidup boros dan sebagainya. Memang jika baru pertama kali menabung terasa sulit, tetapi jika sudah menjadi kebiasaan akan terasa mudah.

Kalau boleh saya ibaratkan, menabung itu seperti orang merokok. Habis satu bungkus pengen beli lagi, begitu pula dengan kebiasaan menabung. Hari ini kita menyisihkan uang, besok pengen lagi.

Untuk kalian yang mengalami kesulitan, anakdagang.com akan memberikan sedikit tips supaya bisa menyisihkan sebagian uang untuk kebutuhan dikemudian hari.

Cara Menabung untuk Masa Depan

Mulai Menabung dengan Uang Receh

Ketika pertama kali ingin menabung, pasti ada rasa eman-eman (sayang-tidak rela kehilangan). Hal tersebut memang kerap menjadi penghalang, kadang hati berkata “ah, 100 ribu untuk tabungan, mending buat jajan, kenyang”.

Jika kamu berpikir begitu, bisa diatasi dengan menabung uang receh di celengan. Meskipun hanya uang koin hasil kembalian dari warung, jika rutin melakukanya, lama kelamaan bisa menjadi uang dengan nilai yang besar.

Membuka Rekening Tabungan

Nah, jika kamu sudah berhasil dengan cara yang pertama tadi dan sudah terkumpul banyak, sekarang kamu bisa membuka tabungan di bank. Ada berbagai bank yang bisa kamu pilih, misalnya BNI, BRI, MANDIRI, BCA maupun bank lain yang ada di Indonesia.

Selain simpel, kamu akan terlihat lebih maju dan modern. Masa ia 2019 nabung di celengan!!! Selain itu, di bank juga menawarkan berbagai jenis tabungan dan kartu atm, tinggal memilih mana yang cocok.

Membuka Rekening TabunganKU

TabunganKu merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran gemar menabung dalam masyarakat Indonesia. Kamu bisa membuat Rekening TabunganKu di bank BNI, BRI, MANDIRI, BCA dan berbagai bank lain yang ada di Indonesia.

Salah satu kelebihannya adalah kamu tidak akan dikenakan potongan bulanan, setoran awal ringan hanya Rp 20.000 saja, limit transfer BCA TabunganKu juga lumayan besar.

Jadi, bagi kamu yang ingin menabung, TabungKu ini bisa menjadi pilihan.

Menabung Masuk Dalam Daftar Pengeluaran Harian/bulanan

Jika kamu sudah berkeluarga, setiap awal bulan pasti membuat daftar pengeluaran, jangan lupa menabung dimasukkan dalam daftar tersebut. Hal ini bisa membantu kamu memenuhi target berapa uang yang harus disisihkan dari penghasilan.

Yang harus menjadi perhatian adalah melakukannya secara konsisten.

Jangan Gengsi

Bagi sebagian orang, gengsi sudah menjadi gaya hidup. Jika kamu termasuk orang yang menjalani gaya hidup seperti itu, maka harus pandai menempatkan rasa tersebut. Jangan sampai membuat kamu kerepotan.

Beli pakaian bermerk, kendaraan setiap tahun ganti, beli barang yang sebenarnya tidak diperlukan yang akan menghambur-hamburkan uang. Untuk itu, sebaiknya buang jauh-jauh rasa gengsi tersebut. Dari pada uang dipakai untuk gengsi-gengsian, lebih baik ditabung untuk menambah pundi-pundi kekayaan bukan?

Mulai Menabung Dari Sekarang

Semakin cepat kamu mulai menabung, maka lebih cepat pula mendapatkan kesempatan mengumpulkan uang banyak. Jika saat ini umur kamu masih terbilang muda, maka akan menjadi hal positif untuk kehidupan kedepannya.

Membiasakan diri untuk menabung memang susah susah gampang, tapi mau bagaimana lagi? Demi kehidupan yang lebih baik, apa salahnya mencoba, meskipun masih ada pengeluaran lain yang tak kalah pentingnya.

Perlu diketahui, selain bermanfaat untuk menjalani kehidupan di masa mendatang, menabung juga membantu kamu terhindar dari himpitan ekonomi dan hutang.

Baca Juga :

Okey, mungkin itu dulu yang bisa kami sampaikan mengenai cara menabung untuk masa depan. Jika masih ada yang kurang paham, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terpenting, share artikel ini di media sosial favorit kamu.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.