Peluang Usaha untuk Mahasiswa dengan Modal Kecil

0
150
Peluang Usaha untuk Mahasiswa

Usaha untuk Mahasiswa – Dewasa ini, mencari pekerjaan di suatu perusahaan bukanlah hal yang mudah. Gelar yang didapat dari bangku kuliah tidak menjamin dapat memudahkan tujuan Anda. Untuk itulah, sangat disarankan mempunyai usaha mandiri yang bisa diandalkan sebagai jalan kesuksesan Anda.

Sebaiknya planning untuk membuka atau merintis usaha itu dimulai sejak dini, bahkan saat Anda masih di bangku kuliah. Selain bisa untuk membantu orang tua mencukupi biaya kuliah, tentunya tidak menutup kemungkinan usaha tersebut bisa menjadi besar dan menjadi sumber pemasukan utama Anda kelak.

Untuk skala mahasiswa, sebaiknya dimulai dari bisnis kecil-kecilan terlebih dahulu. Banyak sekali jenis usaha untuk mahasiwa yang bisa dicoba, yang tidak terlalu mengganggu jadwal kuliah Anda. Beberapa diantara jenis usaha yang kami ulas berikut ini. Silahkan disimak.

Usaha Modal Kecil untuk Mahasiswa

1. Usaha berjualan pulsa

Peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa

Saat ini, pulsa bisa diibaratkan sebagai kebutuhan utama setiap orang. Selain banyak pangsa pasarnya, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. 

Sepertinya sudah banyak mahasiswa yang menjalankan bisnis jualan pulsa ini, sebagai pijakan untuk memulai bisnis kecil-kecilan mereka. Biasanya para pembelinya tidak jauh-jauh dari lingkungan kampus, misalnya teman kuliah, kost ataupun para tetangga.

Usahakan untuk tidak menerapkan sistem bayar belakang (ngutang). Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resiko kerugian akibat adanya pembeli yang nakal, yang mana biasanya mereka kabur atau sulit ditagih setelah pulsa diisikan.

2. Usaha untuk mahasiswa berjualan aplikasi game

Peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa

Ide bisnis yang kedua adalah jualan game. Bisnis ini juga tergolong mudah dan sedikit modalnya, terutama bagi penggemar game. Anda bisa menjual game-game koleksi Anda sebanyak yang Anda punya. Gamenya juga bisa game handphone ataupun game pc.

Stok koleksi game bisa Anda tambah dengan cara mengopy game dari teman atau  game apa saja yang belum dipunyai. Anda juga bisa membelinya dengan cara mengambil harga yang termurah dari penjual lain, kemudian menjualnya lagi. Selain menjualnya secara offline, Anda bisa juga mencobanya dengan menjual secara online.

3. Bisnis printing mahasiswa

Peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa

Bisnis rumahan dengan modal kecil ini juga layak dicoba buat para mahasiswa. Alasan utamanya, selain mudah dikerjakan dan tidak menggangu jadwal kuliah, juga modalnya hanya sedikit. Hanya perlu menyiapkan laptop dan alat print.

Bisnis ini cukup menjanjikan bagi Anda yang tingal di lingkungan kos-kosan. Banyak mahasiswa yang membutuhkan laporan atau tugas dalam bentuk hard copy, sehingga jasa print Anda akan laris.

4. Bisnis jasa penulisan

Peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda para mahasiswa yang mempunyai hobi menulis. Anda tidak memerlukan modal yang besar, karena ini adalah bisnis jasa. Bermodalkan laptop saja sudah cukup.

Anda bisa mencari partner yang memang mengerti, yang mau memberikan jalan dan membimbing untuk menjadi penulis. Misalnya menjadi kontributor pada sebuah situs online atau media offline.

5. Usaha berjualan makanan

Peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa

Usaha untuk mahasiswa dengan berjualan makanan yang saya maksud disini adalah berjualan makanan ringan. Berjualan makanan ringan bisa benar-benar Anda manfaatkan. Biasanya ada beberapa mahasiswa yang tidak sarapan dipagi hari, ataupun malas pergi ke kantin ketika jam istirahat tiba. Anda tidak perlu malu.

Anggap saja ini adalah pengalaman yang bisa mengasah jiwa bisnis dan tentunya sangat penting buat masa depan Anda. Kalau tidak percaya, silahkan baca beberapa profil pengusaha sukses saat ini. Kebanyakan mereka diusia mudanya atau bahkan saat masih sekolah di bangku SD sudah sering berjualan.

6. Usaha berjualan aksesoris

Peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa

Menjadi mahasiswa tentunya punya banyak teman. Jika Anda jeli, ini adalah peluang bagus untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya dengan jualan aksesoris. Entah itu untuk perumpuan atau laki- laki. Karena pastinya, kalangan mahasiswa yang notabene adalah para remaja puber, sangat peduli dengan penampilan, aksesoris yang selalu update.

Anda bisa menawarkan beberapa aksesoris misalnya gelang , kalung, cincin, jam tangan, bros ataupun segala macam aksesoris untuk gadget. Untuk menawarkannya, Anda tidak perlu membawa seluruh barang dagangan karena hal itu hanya akan menyulitkan.

Cukup membawa katalog barang dagangan dan sampel. Mudah bukan, karena tentunya lebih praktis dan tidak merepotkan.

7. Bisnis online shop (dropship)

Trend membeli sesuatu lewat internet, saat ini semakin meningkat saja. Terlebih di daerah perkotaan. Rutinitas kerja, cuaca terik serta macet mendorong orang untuk menggunakan teknologi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hanya dengan berbaring di kamar sambil menggunakan smartphone, Anda bisa membeli apapun yang diinginkan. Mulai dari membeli baju, memboking tiket kereta api atau bahkan menyiapkan menu makan siang, hanya cukup dengan beberapa klik.

Bagi Anda para mahasiswa, yang notabene adalah kalangan yang mayoritas melek tehnologi, seharusnya memanfaatkan ini menjadi jalan dalam meraih sukses. Tidak perlu modal besar, hanya dengan laptop atau komputer serta biaya paketan data internet, Anda sudah bisa memulai bisnis ini.

Anda bisa membuka toko online dengan memanfaatkan blog gratisan atau dengan memanfaatkan media sosial, semisal facebook atau instagram. Telah banyak yang membuktikan, jika bisnis ini memang layak di jalankan, bahkan untuk dijadikan sumber penghasilan utama.

Nah itulah beberapa pilihan peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil yang bisa dijalankan, semoga bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam upaya mempertebal isi dompet. Selain itu tentunya untuk mengasah kemampuan berbisnis sejak dini. Semoga bermanfaat.