Cara Ampuh Menjadi Pebisnis Waralaba Kuliner yang Unggul

Cara Ampuh Menjadi Pebisnis Waralaba Kuliner yang Unggul

Anda masih bingung ingin memulai bisnis apa? Bisnis waralaba kuliner dapat menjadi salah satu pilihan. Pasalnya, usaha ini cukup menjanjikan karena setiap orang pasti membutuhkan makanan. Dengan menerapkan cara-cara yang tepat untuk menjadi Pebisnis kuliner unggulan, dijamin usaha Anda tidak akan sepi pelanggan.

Bisnis waralaba kuliner memang dianggap dapat memberikan keuntungan cukup banyak dengan modal yang relatif sedikit. Oleh karena itu, tidak heran jika Anda memulai bisnis kuliner akan terdapat banyak pesaing dari mulai warung kaki lima, depot, restoran mewah dan lain sebagainya.

Nah, untuk menjadi yang terunggul di bidang bisnis kuliner. Perhatikan tips menjadi Pebisnis waralaba kuliner unggulan yang akan kita bahas berikut ini.

1. Ketahui Pasar Bisnis Waralaba Kuliner Anda

Ingin dagangan kuliner Anda laris? Maka harus mengetahui apa jenis kuliner yang cocok di daerah Anda.

Contohnya ingin menjual Pizza, maka tentukan siapa target pemasaran Anda. Apakah para pekerja kantoran, mahasiswa, PNS atau masyarakat umum.

Sesuaikan dengan keadaan lingkungan dan tentukan usaha kuliner apa yang cocok untuk dijalankan.

2. Apa yang Beda dari Usaha Kuliner Anda?

Keunggulan! Yups, ini akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Apa yang membedakan usaha kuliner Anda dengan bisnis makanan milik orang lain. Tunjukanlah kelebihan serta ciri khas atau cita rasa tersendiri dari bisnis kuliner yang Anda kelola.

3. Pelayanan Terhadap Pelanggan

Bagaimana cara Anda melayani pelanggan? Ini adalah salah satu hal yang biasa diabaikan oleh sebagian Pebisnis. Tanyakanlah pada diri sendiri, bagaimana perasaan Anda jika ada penjual yang bertingkah tidak sopan, mengabaikan pelanggan, melayani sambil cemberut dan lain sebagainya.

Tentu Anda sendiri akan merasa jengkel dan ingin segara meninggalkan tempat itu bukan?

4. Pemasukan Tambahan

Saat membangun sebuah usaha, tentu ingin menarik keuntungan sebanyak-banyaknya. Namun, juga harus memperhatikan harga jual, jangan terlalu mahal ataupun terlalu murah. Dalam hal berbisnis, pemasukan tambahan adalah salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan bisnis kuliner Anda.

Apa maksudnya pemasukan tambahan di sini? Contoh, jika membangun usaha kuliner kopi, maka Anda jangan hanya menjual kopi, tapi berilah beberapa menu makanan atau cemilan untuk menambah pemasukan.

5. Partner Utama

Dalam berbisnis, partner merupakan hal yang tidak kalah penting. Menjalankan bisnis waralaba kuliner juga demikian, tentu akan berhubungan dengan vendor-vendor yang akan menjadi partner Anda. Contoh vendor air mineral, vendor bahan baku, vendor gas dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin sukses pilihlah partner dengan teliti, karena kualitas adalah hal yang paling utama. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah serta jangan pula mudah tertipu dengan ucapan orang lain.

6. Pengeluaran

Selain mempertimbangkan pemasukan, Anda juga harus mempertimbangkan sumber pengeluaran. Salah satunya adalah menerapkan strategi marketing yang tepat.

Baca Juga :

Contoh, Jika Anda menjalankan bisnis kuliner dengan memberi diskon minuman gelas secara gratis. Maka, Anda harus menambah keuntungan dari sektor makanan untuk meminimalisir kerugian dari minuman gratis.

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca cara menjadi Pebisnis waralaba kuliner yang unggul. Apakah dapat meningkatkan minat usaha Anda?

4.5/5 (2)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.