5 Cara Memulai Bisnis Sendiri dengan Mudah

Cara Memulai Bisnis Sendiri dengan Mudah

Memulai bisnis menguntungkan dan merupakan bisnis yang dikelola sendiri adalah cara paling ampuh dalam mengelola hidup Anda.

Anda bisa mengatur waktu sesuai dengan keinginan, bisa memilih bisnis apa yang ingin dijalankan. Anda bisa bertemu dengan orang yang mempunyai karakter berbeda-beda dan Anda pun bisa memilih teman seperti apa yang dikehendaki.

Kuatkan niat Anda dan pelajari kemudian hayati cara memulai bisnis sendiri berikut ini :

1. Karakter pebisnis

Untuk memulai bisnis sendiri, Anda harus mempunya karakter sebagai seorang pebisnis. Kebanyakan pebisnis yang sukses mempunya karakter atau ciri-ciri berikut :

  • Pengusaha harus disiplin. Contoh penerapan dari karakter ini adalah pengusaha harus disiplin dalam mengelola keuangan usahanya.
  • Berhemat. Berhemat bagi seorang pengusaha adalah hal yang wajib. Pengusaha harus mampu menggunakan sesuatu seminimal mungkin dengan hasil yang maksimal.
  • Percaya diri. Bagi pengusaha pemula, sering terjadi peristiwa dimana kepercayaan diri jatuh ketika bertemu dengan pelanggan atau lawan bicara yang sudah mempunyai pengalaman dalam bisnis yang kita kelola. Masalah ini adalah hal yang lumrah dan jadikan pelajaran untuk Anda agar menjadi lebih baik dari mereka.
  • Komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik adalah bagaimana teknik berbicara dengan lawan bicara Anda. Anda harus mampu menempatkan diri. Sifat egois yang Anda miliki harus mampu dikontrol.
  • Kejujuran. Lagi-lagi kejujuran. Kejujuran sangat dibutuhkan dalam mengelola usaha. Anda bisa menerka sendiri apa jadinya usaha yang dibangun nantinya jika tidak bisa dipercaya.

2. Membuat konsep salah satu cara memulai bisnis sendiri

Untuk memulai bisnis yang Anda kelola sendiri, buatlah sebuah konsep ide usaha sebelum memutuskan keluar dari pekerjaan yang digeluti. Bisnis apa yang akan Anda jalankan.

Silahkan manfaatkan kemampuan Anda, keahlian yang Anda punyai untuk mencari ide usaha ini. Manfaatkan pertanyaan-pertanyaan dari diri Anda untuk menggali lebih dalam.

Mulailah memikirkan ide usaha dengan memanfaatkan apa yang ada di sekeliling Anda. Misalnya, ide usaha laundry. Kita bisa memanfaatkan mesin cuci yang ada di rumah sebagai sarana utama dalam menjalankan bisnis ini. Salah satu cara untuk menekan badget sebagai seorang pemula.

Jika Anda sudah mendapatkan ide usaha yang siap dijalankan, jangan lupa lakukan penelitian dan pelajari bagaimana perkembangan bisnis serupa dengan ide yang akan dijalankan.

3. Pastikan Anda mendapat dukungan sebelum memulai bisnis

Jika Anda seorang single, masalah ini mungkin bukan suatu ganjalan yang berarti untuk memulai usaha baru. Beda halnya kalau Anda sudah berkeluarga, sudah punya anak dan istri.

Silahkan meminta pendapat dari istri dan anak Anda, karena sedikit banyaknya akan berpengaruh bagi kehidupan mereka. Baik secara finansial maupun secara psikologis.

Jika mendapatkan respon negatif, silahkan Anda memberi penjelasan dengan baik. Kalau tidak mampu merubah pikiran mereka tentang usaha yang ingin dijalankan, silahkan dipertimbangkan lagi apakah konsep usaha Anda ini layak untuk dipertahankan atau mundur dan menjadi karyawan abadi sampai Anda meninggalkan dunia yang fana ini.

Penghalang kesuksesan seseorang mayoritas berasal dari orang terdekat

4. Membuat perencanaan bisnis

Beberapa penelitian menunjukkan faktor utama dari kegagalan bisnis yang baru dibuka adalah perencanaan yang amburadul. Buatlah sebuah rencana bisnis sederhana yang menyangkut target pasar atau rencana pemasaran. Lakukan pencarian di search engine google soal cara membuat perencanaan bisnis.

5. Mencari pendanaan yang tepat

Kalau Anda berencana membuka usaha menggunakan dana dari pihak ketiga, hindari pinjaman yang mempunyai bunga tinggi. Karena ini akan menghambat perkembangan bisnis Anda nantinya.

Saran dari AnakDagang.com, carilah pendanaan yang lebih fleksibel dalam hal pengembalian pinjaman. Buatlah proposal dan ajukan kepada keluarga dekat ataupun kenalan/relasi terdekat Anda.

Baca Juga :

Jika usaha Anda sudah berjalan dan mampu memperhitungkan penghasilan yang diperoleh, silahkan mengajukan pinjaman ke bank yang khusus menyediakan kredit usaha kecil. Biasanya, bunga yang ditetapkan khusus kredit usaha kecil menengah terbilang kecil.

Jangan takut membuka pinjaman, karena pebisnis terkenal sekalipun mempunyai banyak utang. Mereka melakukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis mereka. Pepatah dagang yang sering terdengar adalah “Bukan Pengusaha Kalau Tidak Punya Utang

Sekian artikel singkat Cara Memulai Bisnis Sendiri. Semoga bermanfaat




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.