Perhatikan 6 Cara Tepat Memilih Investasi yang Aman

Perhatikan 6 Cara Tepat Memilih Investasi yang Aman

Ada beragam cara yang perlu dilakukan untuk menjamin keuangan Anda lebih baik di masa depan. Salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menabung, dalam hal ini berupa investasi.

Investasi itu sendiri memiliki berbagai jenis, seperti yang populer saat ini yaitu Investasi Emas, Properti, Saham, Obligasi, Reksadana dan lainnya. Pastinya, tentukan jenis investasi yang aman dan tepat untuk keuangan Anda.

Jika berhubungan dengan investasi tersebut, tentu Anda akan menjumpai istilah “High risk, high return”. Artinya, jika Anda ingin berinvestasi dengan laba besar, Anda tentu akan bertemu dengan resiko yang juga besar. Walau demikian, Anda tentu akan lebih memaksimalkan bagaimana mendapatkan keuntungan yang besar dari Investasi bukan?

Pedoman Cara Investasi yang Aman dan Tepat

Berikut ini adalah cara yang perlu Anda perhatikan sebagai pedoman untuk investasi yang aman dan tepat, agar tidak salah pilih menentukan jenis investasi yang akhirnya mendapati kerugian. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pelajari jenis investasi yang dipilih beserta simulasinya

Sebelum menentukan investasi apa yang dipilih, sebaiknya terlebih  dahulu Anda memahami jenis investasi tersebut. Misalnya Anda sudah mantap memilih investasi saham. Maka perlu mencari tahu apa itu investasi saham, bagaimana cara kerjanya, simulasi keuntungan dan kerugian. Baik melalui informasi di Internet maupun konsultasi dengan orang yang lebih paham terkait investasi tersebut.

2. Pahami tujuan investasi

Ketika Anda ingin berinvestasi, perlu tahu tujuan investasi tersebut untuk apa. Karena hal ini berpengaruh dengan langkah selanjutnya yang harus diambil saat melakukan investasi. Termasuk dalam menentukan berapa jumlah uang yang akan diinvestasikan.

3. Mengetahui tingkat resiko investasi yang akan ditanggung

Saat memutuskan berinvestasi, Anda juga perlu mempertimbangkan sejauh mana tingkat resiko serta keuntungannya. Pasalnya, jika memilih investasi dengan keuntungan yang besar, maka Anda  harus siap dengan tingkat resiko tinggi. Begitupun sebaliknya, jika Anda memilih investasi dengan resiko rendah, maka keuntungan yang didapatkan pun rendah.

4. Menentukan jangka waktu dalam investasi

Adanya jangka waktu yang sudah ditentukan, dapat membantu seberapa besar resiko yang dapat Anda tanggung. Baik jangka waktu panjang atau pendek, sesuaikan dengan tujuan dan kemampuan Anda.

Pada umumya, jika orang mengambil investasi untuk jangka waktu panjang, mereka mampu menanggung resiko di depan nantinya. Hal tersebut dikarenakan investasi itu dapat mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Namun demikian, untuk tingkat keuntungannya juga rata-rata stabil untuk investasi dengan jangka waktu panjang.

5. Bandingkan jenis investasi berdasarkan kelebihan dan kekurangan

Kalau masih bingung jenis investasi apa yang akan diambil, Anda dapat membandingkan satu dari beberapa pilihan investasi setelah mengetahui simulasinya. Sehingga, dapat memperoleh keuntungan dengan prinsip kehati-hatian. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui seberapa besar peluang untung dan rugi yang akan didapatkan.

6. Kenali diri sendiri

Hal ini menjadi bagian paling penting setelah Anda mengetahui ke lima poin di atas. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan investasi yang aman dan tepat. Tanyakan pada diri sendiri seperti: apakah Anda akan tetap hidup tenteram walau dengan resiko investasi yang tinggi.

Baca Juga :

Ada baiknya saat akan memilih investasi, pilihlah investasi yang banyak ditawarkan oleh lembaga keuangan terpercaya dan memiliki badan hukum. Izin usaha untuk otoritas yang berwenang dalam investasi tersebut, serta telah dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Supaya investasi Anda lebih terjamin. Semoga artikel ini dapat membantu dalam mencari investasi yang aman untuk keuangan Anda.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.