Belajar Menabung Bersama Program TabunganKu dari Bank Indonesia

Belajar Menabung Bersama Program TabunganKu dari Bank Indonesia
Program TabunganKu merupakan cara terbaik bagi Anda yang ingin mulai belajar menabung

Tidak banyak yang tahu tentang adanya program TabunganKu yang diluncurkan oleh Bank Indonesia sejak beberapa tahun terakhir. Padahal, dengan program ini, kita dapat memanfaatkan beragam fasilitas yang disediakan oleh kebanyakan bank dengan biaya yang cenderung relatif murah.

Program ini pada dasarnya memang dihadirkan untuk mendorong jumlah pengguna rekening tabungan. Oleh karena itu, Bank Indonesia pun berinisiatif memunculkan sebuah model tabungan dengan biaya administratif yang ringan.

Sehingga, masyarakat Indonesia yang tadinya tidak memiliki rekening bank pun tertarik untuk membuatnya melalui program Bank Indonesia ini.

Mari kita bedah jenis tabungan ini lebih dalam lagi!

Program untuk Bank Nasional

Program ini sebenarnya berlaku secara nasional. Namun, karena operasional Bank Indonesia lebih banyak ditujukan untuk menangani kerja-kerja keuangan negara, maka membuat rekening TabunganKu bisa dilakukan di Bank-bank nasional lainnya.

Anda cukup mendatangi bank seperti BRI, CIMB Niaga, BNI, Mandiri, BCA, atau bank-bank besar lainnya untuk membuat rekening tersebut.

Masing-masing bank memiliki ketentuannya sendiri dalam menjalankan program ini. Silahkan pilih bank dengan penawaran yang paling menarik menurut Anda.

Atau buat satu rekening untuk setiap bank yang menyediakan rekening TabunganKu agar dapat menikmati semua manfaat yang ditawarkan.

Bebas Biaya Administrasi Maupun Bunga

Salah satu alasan yang menghambat seseorang saat akan membuka tabungan baru di suatu bank adalah besarnya biaya administrasi. Karena TabunganKu merupakan program yang ditujukan untuk meningkatkan jumlah nasabah perbankan di Indonesia, pemerintah mencoba mengatasi hambatan tersebut dengan meniadakan biaya administrasi untuk rekening TabunganKu.

Sebagai gantinya, jenis rekening ini pun tidak menawarkan bunga, sehingga jumlah uang yang Anda ambil atau setorkan akan selalu sama.

Misalkan Anda menabung sebesar Rp 1.000.000,- di bulan Januari, saldo rekening Anda akan tetap sama persis meski tidak menabung atau mengambil uang pada tabungan tersebut.

Berbeda dengan jenis tabungan biasa di mana saldo akan menyusut atau bertambah setelah beberapa waktu, tergantung dari penghitungan bunga serta biaya administrasi bulanan saldo tabungan Anda.

Ya ibaratnya menabung di celengan babi lah, tapi dengan fitur dan manfaat tabungan modern.

Belajar Menabung Bersama Program TabunganKu dari Bank Indonesia
Manfaatkan program TabunganKu untuk pengalaman menabung konvensional yang modern

Minimal Setoran yang Ringan

Setoran awal saat Anda membuka rekening TabunganKu cenderung lebih rendah jika dibanding saat membuka jenis tabungan biasa. Dengan memanfaatkan program rekening TabunganKu, Anda bisa mulai menabung kapan saja tanpa harus menunggu uang terkumpul untuk setoran awal.

Batas minimal setoran-setoran berikutnya pun juga lebih kecil. Oleh karena itu, Anda bisa lebih rutin menabung di bank, terlepas dari jumlah uang yang ingin disetorkan.

Memiliki Batasan Penarikan dan Transaksi

Sebagai program yang dihadirkan untuk mendorong minat menabung masyarakat di bank, TabunganKu memiliki batasan penarikan dan transaksi yang lebih kecil dibanding jenis tabungan lainnya.

Dengan demikian, TabunganKu merupakan program yang tepat bagi Anda yang benar-benar ingin menabung.

Beberapa program bahkan memberikan batasan transaksi berupa jumlah uang yang dapat ditransfer ke bank lain, sehingga nasabah TabunganKu tidak bisa mengosongkan tabungan begitu saja untuk segala macam urusan.

Dengan cara ini, pemegang rekening TabunganKu diharapkan dapat mengatur pengeluaran mereka dengan lebih baik.

Digunakan untuk Penyaluran Bantuan Tepat Sasaran

Pemerintah juga menggunakan rekening TabunganKu saat menyalurkan bantuan untuk program-program sosial yang dimilikinya. Dengan memanfaatkan TabunganKu, pemerintah dapat menyalurkan bantuan secara aman dan efisien dibanding jika harus menyalurkan bantuan langsung secara tunai.

Baca Juga :

Selain itu, dengan banyaknya orang yang menggunakan rekening TabunganKu, pemerintah juga dapat lebih mudah dalam menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti program TabunganKu, baik untuk pemerintah, pihak bank dan terutama bagi Anda sendiri.

Jika bermaksud menabung dengan batasan transaksi untuk mengatur pengeluaran Anda, program bank yang satu ini merupakan pilihan terbaik untuk memulainya.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.