Makanan Khas Sunda dari Singkong yang Bisa Anda Jual

Makanan Khas Sunda dari Singkong yang Bisa Anda Jual
Sumber : wikipedia

Menjamurnya pedagang saat ini, baik itu online maupun off line merupakan sesuatu yang sangat positif untuk perkembangan ekonomi negara kita. Tanpa pemerintah galakkan pun, dari kota sampai desa sepertinya masyarakat tertantang untuk mencari peruntungan di dunia usaha.

Nah, berbicara mengenai usaha semua sepakat bahwa usaha yang termasuk mudah dijalankan dengan keuntungan yang sangat besar adalah usaha dalam bidang kuliner.

Dalam artikel kali ini, kami akan membahas makanan khas sunda dari singkong yang bisa dijual untuk memperoleh keuntungan. Seperti yang kita ketahui bersama, persebaran masyarakat sunda yang ada di Indonesia cukup banyak.

Sementara untuk total populasi suku sunda ini merupakan terbesar ke dua di Indonesia yakni sebesar 36,7 juta jiwa (15,50 % dari total penduduk Indonesia) menurut sensus penduduk tahun di 2010.

Persebaran penduduk suku sunda ini berada di daerah Jawa Barat 31.743.517 jiwa, Banten 2.411.937 jiwa, DKI Jakarta 1.555.646 jiwa, Lampung 675.270 jiwa, Jawa Tengah 339.997 jiwa, Sumatra Selatan 182.535 jiwa, Riau 93.598 jiwa, Jambi 89.394 jiwa, Bengkulu 59.363 jiwa, Kalimantan Barat 53.191 jiwa, Jawa Timur 41.224 jiwa, Papua 28.597 jiwa, Sulawesi Tenggara 25.228 jiwa (sumber : wikipedia)

Melihat prospek di atas dengan berpatokan pada jumlah penduduk suku sunda, sungguh sangat disayangkan jika Anda tidak turut mengejar keuntungan dengan berjualan makanan khas sunda. Berikut penjelasan lengkapnya ya.

Makanan Khas Sunda dari Singkong yang Bisa Dijual

1. Putri Noong

Makanan Khas Sunda dari Singkong yang Bisa Anda Jual

Kue khas pertama dari tanah sunda yang terbuat dari singkong adalah Putri Noong yang artinya putri mengintip. Kue khas sunda ini terbuat dari singkong parut dan diberi pewarna yang di dalamnya terdapat pisang. Kamudian bagian luarnya diberi parutan kelapa.

Cara membuatnya bisa belajar dari Ibu Siswaty Elfin Bachtiar.

2. Kue Colenak dari singkong

Makanan Khas Sunda dari Singkong yang Bisa Anda Jual Colenak Singkong Bakar

Kue khas sunda berikutnya yang berbahan dasar singkong adalah colenak atau tape bakar. Singkong yang difermentasi (tape singkong) kemudian diberi gula merah dan dibakar.

Colenak sendiri adalah singkatan dari dicocol enak. Cara membuatnya pun sangat mudah, Anda bisa belajar dari resepkoki.

3. Makanan khas sunda Misro

Makanan Khas Sunda dari Singkong yang Bisa Anda Jual Misro

Misro termasuk salah satu gorengan khas Sunda yang sangat disukai. Misro merupakan singkatan dari Amis di Jero yang artinya Manis di Dalam.

Terbuat dari parutan singkong yang bagian dalamnya diisi dengan gula merah. Saat ini, banyak variasi yang bisa dibuat dari misro seperti isian yang beraneka ragam mulai dari isi coklat, stroberi, keju dan lain-lain.

Anda bisa mengintip di Tastemade untuk cara membuatnya ya.

4. Kue Combro khas sunda

Makanan Khas Sunda dari Singkong yang Bisa Anda Jual Combro

Combro yang merupakan singkatan dari Oncom di Jero yang artinya Oncom di Dalam ini sangat disukai orang sunda. Oncom ini mirip dengan tempe yang memiliki gizi, rasa dan tekstur yang berbeda. Cara pembuatannya pun berbeda dengan tempe.

Kembali ke keu Combro. Combro merupakan olahan singkong yang di dalamnya diberi oncom kemudian digoreng hingga kecoklatan. Agar mahir membuatnya, Anda harus latihan terus menerus hingga memperoleh hasil yang maksimal.

Langkah pertama Anda bisa belajar dari Ibu Malka dengan combro pedasnya.

5. Ongol-ongol

Makanan Khas Sunda dari Singkong yang Bisa Anda Jual Ongol ongol

Ongol-ongol juga termasuk makanan khas dari tanah sunda. Bahan utamanya singkong yang diparut dan diolah sedemikian rupa hingga menjadi santapan yang sangat nikmat.

Selain terbuat dari singkong, ternyata ongol-ongol juga bisa dibuat dari tepung tapioka, seperti yang dipraktekkan oleh Ibu Maul.

Baca Juga :

Itulah makanan khas sunda dari singkong yang dapat Anda jual. Jika belum mahir membuat kue seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya perbanyak latihan sebelum memberanikan diri menjajakannya.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.