Membuat Parfum Walet dari Kotoran Walet

Membuat Parfum Walet dari Kotoran Walet

Dalam dunia perwaletan, banyak sekali teknik yang digunakan agar sukses menginapkan burung alet dan berkloni. Salah satu yang akan kita bahas di sini adalah parfum ruangan.

Tujuan pengaplikasian parfum ruangan adalah untuk memanipulasi sebuah gedung atau rumah burung walet agar menyerupai gua yang telah dihuni kloni walet.

Ciri khas dari gedung atau ruangan yang dimaksud jika merujuk pada indra penciuman adalah tentunya bau kotoran walet itu sendiri. Maka dari itu, tidak sedikit petani walet menggunakan kotoran sebagai parfum ruangan untuk memperoleh situasi layaknya gua yang telah berpenghuni ribuan kloni walet.

Maka dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan sebuah ramuan khusus untuk menciptakan parfum RBW (Rumah Burung Walet) dengan bahan utama kotoran walet itu sendiri. Berikut langkah-langkahnya :

Cara Membuat Parfum Walet untuk RBW (Parfum Gedung Walet)

Langkah pertama adalah menyiapkan kotoran walet sebanyak 1 karung (25 kg atau setengah karung juga tidak masalah).

Selanjutnya persiapkan sayuran kol sebanyak 1/2 atau 1/4 yang sudah di cincang kecil-kecil.

Masukkan ke dalam wadah kemudian tambahkan air bersih sebanyak kurang lebih 10 liter. Tutup rapat dan endapkan selama kurang lebih 1 minggu sebelum digunakan.

Cairan dari hasil permentasi tersebut dapat digunakan untuk ruang inap dalam RBW Anda. Parfum ini khusus untuk dinding atau lantai RBW saja ya. Jangan sampai diaplikasikan pada sirip.

Selain menyemprotkan pada dinding, Anda bisa menampungnya dalam wadah seperti ember kemudian diletakkan dalam ruang inap agar aroma tahan lama.

Baca Juga :

Agar tidak repot menyaring hasil dari parfum RBW ini, sebaiknya bahan seperti kotoran walet dan sayuran kol diaduk rata kemudian dimasukkan dalam karung. Selanjutnya, karung yang berisi material parfum tersebutlah yang dimasukkan dalam wadah tertutup.

Jadi air dari permentasi kotoran walet tersebut dapat langsung digunakan tanpa melalui proses penyaringan lagi.

Sekian tips cara membuat parfum RBW. Semoga bermanfaat




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.