Cara Menghilangkan Jamur pada Sirip Walet

Cara Menghilangkan Jamur pada Sirip Walet

Salah satu permasalahan yang sangat sering terjadi pada pengusaha burung walet adalah timbulnya jamur pada sirip (sirip ini juga biasa disebut nesting plank). Penyebab utama timbulnya jamur adalah tingkat kelembaban ruangan yang sangat tinggi.

Salah satu cara mengurangi kelembaban secara alami adalah memaksimalkan ventilasi agar sirkulasi udara lebih baik. Cara tersebut sangat efektif dalam mengontrol kelembaban yang terjadi dalam gedung.

Jika diperlukan, gunakan exhaust fan untuk membuang udara lembab yang ada dalam gedung. Anda bisa menggunakan kipas kecil 220 Volt yang biasa digunakan dalam perangkat elektronik untuk dipasang di lubang angin-angin.

Timbulnya jamur pada sirip ini lebih cepat jika bahannya dari kayu yang kurang maksimal dalam proses pengeringannya.

Jika sudah terlanjur timbul jamur pada sirip dalam gedung walet Anda, maka perlu dilakukan tindakan secepatnya untuk menghilangkan jamur. Berikut beberapa cara menghilangkan jamur pada sirip gedung walet Anda :

  1. Bersihkan jamur pada permukaan sirip menggunakan lap kain.
  2. Langkah selanjutnya menyikat menggunakan sikat kawat.
  3. Lap kembali dengan kain yang telah diberi alkohol dengan kadar 70%. Anda bisa menemukan atau membeli alkohol 70% di apotik-apotik terdekat. Alkohol akan meresap masuk ke dalam pori-pori papan sirip dan akan membunuh jamur sampai ke akar-akarnya.
  4. Agar lebih maksimal, lakukan kembali penyemprotan alkohol pada sirip. Akan terjadi busa yang artinya alkohol sedang bereaksi membunuh sisa-sisa jamur yang ada.
  5. Anda bisa melakukan penyeprotan ulang menggunakan alkohol satu minggu kemudian agar jamur benar-benar hilang dari papan sirip.
  6. Ingat, penggunakan alkohol yang berlebian dapat mengganggu produktifitas gedung walet Anda. Jadi, hati-hati menggunakannya pada gedung yang telah memiliki populasi yang cukup banyak.
  7. Selain alkohol, Anda juga bisa menggunakan air laut. Semprot dengan air laut sambil disikat menggunakan sikat kawat.

Dalam dunia perwaletan, selain menghilangkan jamur dengan alkohol, petani walet menggunakan cara simpel untuk mengatasi jamur yang timbul seperti pelapisan papan sirip menggunakan material besek, anyaman tikar, kawat ram, seng dan sebagainya.

Baca Juga :

Namur perlu diingat juga, pelapisan seperti itu hanya untuk sementara karena lambat laun papan sirip akan keropos dan rusak. Jadi jalan terbaik adalah menggantinya dengan papan sirip yang baru secara bertahap.

Sebelum mengganti papan sirip, perbaiki terlebih dahulu kelembaban ruangan. Walaupun Anda lakukan penggantian sirip, kalau udara yang ada dalam gedung masih terlalu lembab, maka jamur akan kembali tumbuh dan merusak papan sirip gedung walet Anda.

Sekian artikel cara mengatasi papan sirip berjamur. Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk para petani walet




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.