Solusi Kolam Terpal Bocor di Gedung Walet

Solusi Kolam Terpal Bocor di Gedung Walet
Kolam terpal dalam gedung walet yang telah mengaplikasikan 2 dari 6 tips di bawa ini

Banyak keluhan dari para pemilik gedung walet soal kolam terpal yang selalu bocor. Mereka bingung penyebab utama kebocoran tersebut. Padahal sudah melakukan penggantian terpal berkali-kali namun tetap saja bocor.

Bagi Anda yang sedang mencari solusi mengenai kolam terpal bocor di gedung walet, kami akan memaparkan dan memberikan solusinya.

Penyebab Kolam Terpal Bocor

Penyebab utama kolam terpal bocor adalah adanya butiran-butiran atau bekas semen lantai yang tajam. Memang terlihat tidak membahayakan, namun nyatanya lambat laun ketajaman bekas semen itu dapat membuat terpal berlubang walau sangat halus.

Cara mengatasi hal tersebut dapat dilakukan beberapa langkah yaitu :

  1. Menghaluskan lantai dengan batu asa

Batu asa dapat kita gunakan sebagai langkah menghaluskan permukaan lantai. Caranya, menggosok semua permukaan yang akan digunakan sampai semen yang terasa tajam menghilang.

  1. Menggunakan pasir

Pasir dapat digunakan sebagai alas dari kolam terpal. Tebar pasir dengan merata di bawah lapisan terpal sebelum terpal dihampar. Ketebalan dari pasir jangan terlalu tebal, cukup tipis-tipis saja yang penting dapat menyamarkan tajamnya sisa-sisa semen yang ada pada lantai.

  1. Menggunakan kardus bekas

Kardus bekas juga dapat digunakan sebagai dasar dari kolam terpal. hampar kardus bekas yang cukup tebal sebelum memasang terpal kolam di dalam gedung walet.

  1. Menggunakan karpet plastik

Karpet tipis yang biasa digunakan di rumah dapat digunakan sebagai alas kolam terpal. Karpet tersebut dapat menahan butiran-butiran tajam dari sisa semen yang menjadi penyebab bocornya kolam terpal dalam gedung walet.

Baca Juga :

  1. Menggunakan tripleks

Tripleks dapat juga digunakan sebagai landasan kolam untuk mengatasi kebocoran. Kekurangannya tentu ada pada cost yang yang harus dikeluarkan. Lebih besar biayanya dibanding dengan 3 solusi di atas.

  1. Menggunakan styrefoam

Lembaran styrefoam juga dapat menjadi solusi kolam terpal bocor. Sama halnya dengan penggunaan tripleks, cara ini menggunakan biaya yang cukup banyak.

Itulah 5 cara mengatai kebocoran pada kolam terpal di gedung walet. semoga bisa menjadi solusi untuk Anda yang berkecimpung dalam dunia perwaletan.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.