Beranda MOTIVASI & INSPIRASI Cara Kaya Ala Jusuf Kalla

Cara Kaya Ala Jusuf Kalla

Cara Kaya Ala Jusuf Kalla
Sumber : Najwa Shihab

Kalla Group saat ini memiliki 14 anak perusahaan yang bergerak di berbagai lini usaha, mulai dari otomotif, transportasi, logistik, manufaktur, hingga energi. Jusuf Kalla yang merupakan generasi kedua memimpin Kalla Group dan kini menjabat sebagai Wakil Presiden RI, membagikan resep sukses perusahaan keluarga yang bertempat di Makassar ini.

Jusuf Kalla atau akrab disapa JK mengungkapkan bahwa bukan sebuah hal yang mudah bagi suatu perusahaan bisa bertahan dan berlanjut secara baik. Yang penting itu suatu usaha punya etika, tujuan dan harus produktif.

Usaha yang dikembangkan menurut JK juga harus produktif, memberi manfaat bagi masyarakat. Misalnya membangun mall harus menyenangkan masyarakat. JK bercerita mengenai awal mula bisnis Kalla Group berkembang yang berawal dari usaha dealer mobil Toyota.

Pendidikan bagi JK, merupakan hal penting kedua atas suksesnya bisnis perusahaan. Setiap generasi Kalla harus memiliki pendidikan yang baik. Tapi pendidikan tersebut tidak melulu diperoleh dari sekolah formal, tetapi juga pengalaman.

Sebelum masa kepemimpinan satu generasi selesai, Kalla Group telah menyiapkan dan mendidik generasi pengganti. Generasi satu belum habis, maka generasi kedua harus magang kerja. Bagaimana hidup harus menyambung, sudah dipersiapkan.

Pengen Sukses dan Kaya Seperti Jusuf Kalla? Ini Tipsnya

1. Harus punya keinginan dulu buat berbisnis

Jusuf Kalla mengungkapkan, semua bisnis hampir sama. Yang terpenting, Anda punya keinginan terlebih dahulu untuk menjalankan bisnis.

2. Baca dan praktikkan

JK mengibaratkan belajar bisnis mirip dengan belajar renang. Anda gak bakal bisa berenang kalau gak terjun ke sungai atau pantai. Namun, ada baiknya gak langsung terjun ke tempat yang dalam, melainkan ke bagian yang dangkal terlebih dahulu.

Tips bisnis satu ini bisa Anda terapkan. Jadi, saat baru mulai berbisnis, pilih bisnis yang sederhana. Yang penting harus mempraktikkan apa yang sudah Anda baca. Jangan stuck pada rencana aja tanpa aksi.

3. Punya nilai tambah yang jadi pembeda

Jenis usaha boleh jadi sama, namun yang bikin bisnis Anda berbeda adalah nilai tambah. JK mencontohkan, banyak yang berbisnis e-commerce. Banyak yang sukses, tapi gak sedikit pula yang gagal.

Maka itu, penting punya nilai tambah yang jadi pembeda dengan kompetitor untuk menjalankan bisnis Anda. Dengan begitu, pelanggan bakal lebih memilih Anda, walaupun model bisnisnya sama dengan kompetitor.

4. Terapkan prinsip BMW

BMW yang dimaksudkan di sini bukan merek mobil, melainkan singkatan dari biaya, mutu harus dijaga dan waktu jangan lambat.

5. Diversifikasi bisnis

Dengan memiliki beragam jenis usaha, sumber penghasilan pun semakin bertambah. Kalau menggantungkan sumber penghasilan Anda dari satu bisnis aja, bakal susah ke depannya.

Emang sih gak ada yang mau kalau bisnisnya bangkrut, namun peluang tersebut bisa saja terjadi kan? Karena itulah diperlukan sumber uang dari bisnis lain.

Baca Juga :

Selain itu, dengan diversifikasi bisnis, Anda bisa memutar uang yang dihasilkan dari satu jenis bisnis. Jadi, setelah memperoleh keuntungan dari bisnis yang satu, Anda bisa gunakan keuntungan tersebut untuk mengembangkan bisnis lainnya. Dengan begitu, keuntungan dapat berkembang berkali-kali lipat.

Apakah Anda sudah siap menerapkan tips dan cara menjadi orang kaya seperti Wapres Jusuf Kalla?

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.