Napak Tilas Kesuksesan Keluarga Gelael, Ricardo Gelael
Sumber : Team Jagonya Ayam

Di Era Orde Baru, siapa sih yang tidak kenal dengan keluarga Gelael? Nama Dick Gelael merupakan Pengusaha legendaris yang berhasil membangun dinasti bisnis hingga saat ini. Dick Gelael dengan gigih di saat usianya masih 23 tahun, mendirikan pasar swalayan.

Perjalanan bisnis Dick Gelael terus berkembang hingga memiliki pusat perbelanjaan baru, dengan brand Gelael Supermarket di Tahun 1970an. Semua diurus oleh anggota keluarganya. Supermarket yang mampu bertahan dan terus laris itu selalu melakukan inovasi di dalamnya, hingga mampu menarik para konsumen.

Bisnisnya terus berkembang dan membangun usaha baru dengan membawa produk yang berasal dari Amerika Serikat untuk dikembangkan di Indonesia. Produk tersebut tidak lain adalah Kentucky Fried Chicken (KFC) yang bernaung di bawah PT. Fast Food Indonesia.

Berawal dari restoran kecil yang dibuka Oktober 1979 di Jalan Melawai-Jakarta, KFC Indonesia kini telah menjamur di Indonesia. Perkembangan bisnisnya tersebut membuat keluarga Gelael tercatat menjadi keluarga terkaya di Indonesia.

Ricardo Gelael Menjadi Penerus dari Dick Gelael

Kelahiran Jakarta, 13 Januari 1959, Ricardo Gelael  sang penerus dengan mudah melenggang ke dunia bisnis berbekal nama besar sang Ayah. Ricardo Gelael adalah anak pertama dari Dick Gelael. Sebelum terjun berbisnis, dia dikenal sebagai seorang Pembalap.

Di bawah tangan Ricardo Gelael, KFC memiliki kurang lebih 500 gerai yang tersebar dari Sabang sampai Merauke

Tentu saja banyak kisah untuk sampai pada tahap tersebut. Perlu keteguhan dan kreatifitas serta inovasi untuk terus mempertahankannya. Tidak semudah membalik telapak tangan pastinya.

Ricardo mengawali bisnisnya memang berangkat dari pondasi yang telah dibangun sang Ayah. Namun hal itu tidak serta merta membuat Ricardo menikmati hasil kesuksesan bisnis Ayahnya tersebut. Ia harus belajar dari bawah, Ayahnya mengajarinya dari Nol.

Dia terjun sebagai seorang pelayan di Supermarket Gelael. Dituntut layaknya pelayan lain, harus ramah dan melayani konsumen sebaik mungkin, serta paham produk-produknya. Dalam proses belajarnya tersebut, Ia pun pernah melayani pelanggan sampai membawakan tasnya.

Sang Ayah pun mengajarinya bagaimana memotong ayam, cara memilih ayam yang bagus, sampai menjaga kualitas ayam untuk disajikan di restoran miliknya.

Setelah belajar dari dasar, ia mulai dipercaya memegang jabatan dan harus menemukan inovasi baru. Salah satu inovasi yang sukses adalah menjadikan gerai KFC sebagai tempat nongkrong anak muda.

Karena inovasi dari Ricardo itulah, maka KFC menjadi pelopor paket bundling CD musisi tanah air dengan penjualan menu di KFC. Melalui Artis-Artis, secara tidak langsung bisa ikut mempopulerkan KFC.

Hingga April 2013, waralaba yang didirikan Col Harland Sanders dan Bermarkas di Louisville, Kentucky, AS ini telah memiliki sebanyak 440 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Rencana, sepanjang tahun 2013 itu, KFC akan membuka 25 hingga 30 gerai.

Baca Juga :

Tidak hanya sampai di situ, banyak sepak terjang yang dilakukan oleh Ricardo demi mengembangkan KFC di Indonesia maupun Internasional.

Bakat Pembalapnya Diturunkan pada Sean Gelael

Masuk dalam balapan internasional tidaklah memerlukan modal yang sedikit. Maka dari itu, muncullah ide kreatif Ricardo untuk mengembangkan bisnis sekaligus mendukung karir sang anak.

Sean Gelael mulai terjun di dunia balap internasional dengan menggunakan baju balap warna kuning bertuliskan KFC produk bisnis sang Ayah.

Demikian napak tilas dari perjalanan sukses Ricardo Gelael. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi penyemangat dalam membangun bisnis.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.