6 Tips Menjadi Mitra Franchise yang Sukses

0
107
Tips Menjadi Mitra Franchise yang Sukses

Mitra Franchise – Dalam menjalankan bisnis franchise, bukan hanya nama baik atau sistem kerja dan keunikan produk saja yang bisa diandalkan untuk mencapai kesuksesan. Kesuksesan pemilik franchise juga bergantung pada mitra kerja yang dipilihnya.

Keberadaan mitra bisnis yang memiliki visi dan misi yang sejalan, bisa dipercaya serta bertanggung jawab terhadap perkembangan franchise turut berperan serta mengembangkan nama baik franchise yang dijalankannya.

Lalu apa saja kiat sukses menjadi mitra franchise?

Kiat Jitu Menjadi Mitra Franchise yang Sukses

1. Pilihlah bidang bisnis yang Anda sukai

Langkah pertama untuk menjadi mitra franchise yang ideal adalah memilih bidang bisnis yang benar-benar Anda sukai. Ketika seseorang menjalankan bisnis yang ia sukai, maka akan timbul rasa memiliki, kecintaan dan tanggung jawab terhadap  bisnis  franchise tersebut.

Dengan demikian, ia akan melakukan apapun agar usahanya ini tetap bertahan dan mencapai kesuksesan. Seakan akan franchise ini adalah bagian dari hidupnya.

2. Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang usaha

Sebagai mitra franchise, sudah seharusnya Anda juga meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang yang digeluti. 

Anda bisa mempelajari tentang cara menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dan karyawan. Cara memasarkan produk secara efektif serta bagaimana menjaga nama baik brand franchise melalui situs-situs online, buku maupun seminar-seminar bisnis. 

Teruslah memperluas pengetahuan Anda untuk menemukan strategi terbaik mengembangkan bisnis yang ditekuni.

3. Mengikuti peraturan sistem franchise

Setiap franchise tentunya memiliki aturan dan sistem tersendiri yang harus dipatuhi oleh setiap mitra bisnisnya. Pahami dan patuhi aturan tersebut dan jalankan dengan sebaik-baiknya. 

Berusahalah menjalin komunikasi yang baik dengan pemilik franchisor untuk membangun kepercayaan. Agar dapat mengurangi perselisihan yang mungkin terjadi diantara pemilik dan mitra franchisenya.

4. Memberi dukungan secara total

Selain menginvestasikan dana, sebagai mitra bisnis, Anda juga harus  memberikan dukungan secara total terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Anda harus berperan aktif untuk mengembangkan dan menjaga nama baik franchise di pasaran. 

Diskusikanlah strategi-strategi baru maupun kendala bisnis yang dihadapi dengan franchisor. Jalin komunikasi yang baik secara berkesinambungan, sehingga franchisor tidak merasa seperti berjuang sendiri ketika menjalankan bisnisnya.

5. Bangun kredibilitas yang baik

Kredibilitas Anda sebagai mitra bisnis juga mempengaruhi kesuksesan bisnis franchise yang Anda pilih. Tentunya franchesor juga tidak ingin nama baik produknya hancur akibat mitra bisnis yang tidak kredibel atau berlaku curang ketika menjalankan bisnisnya. 

Oleh sebab itu, bangunlah nama baik, jaga kehormatan Anda di mata franchisor, karyawan maupun keluarga. Hindari melakukan tindakan-tindakan yang curang ketika melakukan bisnis. Bangun komunikasi yang baik dengan semua pihak yang berhubungan dengan bisnis Anda.  

6. Buat perjanjian tertulis

Bila diperlukan, Anda bisa menawarkan suatu perjanjian tertulis kepada pihak franchisor untuk meningkatkan kepercayaan mereka. Perjanjian tersebut akan mengingatkan Anda akan pentingnya bisnis ini. Akan meningkatkan semangat untuk selalu mengusahakan yang terbaik ketika sedang mengalami penurunan motivasi atau bahkan memiliki keinginan hendak mundur dari bisnis ini.

Itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menjadi mitra franchise yang ideal dan sukses. Ingat, tanggung jawab mengembangkan bisnis franchise tidak hanya bergantung pada pihak franchisor saja, tetapi juga bagian dari tanggung jawab seorang mitra bisnis franchise. 

Baca Juga :

Teruslah berinovasi dan jaga kepercayaan dengan pemilik bisnis agar franchise yang Anda kembangkan bisa bertahan di tengah persaingan. Salam sukses!




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.