Rincian Biaya Pemasangan Behel di Dokter Gigi

Rincian Biaya Pemasangan Behel di Dokter Gigi

Pemasangan behel atau kawat gigi bertujuan untuk merapikan kondisi gigi agar secara fungsi dan estetika gigi kita bisa berfungsi normal kembali. Kondisi gigi yang tumpang tindih/crowded misalnya akan membuat makanan mudah terselip di antara gigi dan juga akan sulit untuk dibersihkan.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk pasang behel di dokter gigi jika kita memiliki masalah susunan gigi yang tidak rapi.

Kenapa Harus Pasang Behel di Dokter Gigi?

Kenapa Harus Pasang Behel di Dokter Gigi

Dokter gigi memiliki keahlian khusus untuk melakukan perawatan behel secara keseluruhan. Tidak seperti tukang gigi yang cenderung asal-asalan menggunakan kawat gigi dan menarik gigi sesuka hati tanpa ada rencana perawatan yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Silahkan lihat daftar dokter gigi terbaik di kota Medan yang sudah dirangkum oleh medandentist.com

Pemasangan di dokter gigi juga sangat aman karena dilakukan langsung oleh ahlinya. Untuk kasus gigi yang sulit, biasanya akan ditangani langsung oleh dokter gigi spesialis orthodontist atau Sp.Ort.

Berapa Harga Pemasangan Behel?

Tarif yang dikenakan biasanya beragam, tergantung setiap dokter atau klinik gigi. Untuk kota besar seperti Jakarta, Surabaya, ataupun Medan biasanya harga pasang behel berada di sekitar Rp 7-15 juta (jenis behel metal). Dengan biaya kontrol bulanan mencapai Rp 200-500 ribuan.

Kalau ada promo biasanya bisa turun hingga 50%, jadi silahkan Tanya dokter gigi kamu ya. Namun sayangnya untuk pembiayaan behel tidak bisa menggunakan asuransi karena termasuk perawatan estetika atau yang sifatnya kosmetik. Bukan seperti tambal gigi, cabut gigi ataupun pengobatan gigi lainnya.

Berapa Lama Penggunaan Kawat Gigi?

Pasien disarankan untuk memakai behel selama kurang lebih 2 tahun agar mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal. Untuk kasus merapikan gigi yang ringan, bisa mendapatkan hasil lebih cepat sekitar 1,5 tahun.

Setelah selesai proses pemakaian behel, pasien juga diharuskan menggunakan retainer gigi agar posisi gigi bisa dipertahankan. Pemakaian retainer behel ini biasanya cukup 1 tahun saja. Bisa dilepas saat mau makan dan tidur malam.

Kunci Sukses Agar Gigi Bisa Rapi dengan Behel

Kunci Sukses Agar Gigi Bisa Rapi dengan Behel

Rahasia agar gigi bisa jadi rapi dengan pemakaian behel adalah dengan melakukan kontrol rutin tiap bulan. Jenis behel termahal sekalipun, kalau pasien malas kontrol maka tidak akan bisa progress.

Pada saat kontrol bulanan behel, dokter gigi akan melihat perkembangan pergerakan giginya dan bisa melakukan adjustment. Apalagi kekuatan karet behel seperti power o, ataupun power chain hanya bisa bertahan 3 minggu saja. Jadi memang karet gigi harus selalu diganti yang baru sebulan sekali agar proses merapikan giginya bisa sukses.

Jenis Behel Perawatan

Jenis Behel Perawatan

Ada 5 jenis behel perawatan gigi yang sering ditemui di dokter gigi; seperti behel metal, behel keramik, behel damon, invisalign, behel safir. Harga tentu bervariasi ya, biasanya yang termahal adalah invisalign yang harganya mencapai 50 juta an. Jika kamu mau behel transparan, bisa memakai damon clear yang harganya 11 jutaan.

Kesimpulan

Penggunaan behel disarankan untuk merapikan kondisi gigi yang maju, tumpang tindih, crowded, underbite, crossbite, dll. Silahkan konsultasi pada dokter gigi terdekat dengan lokasi kamu untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut seputar langkah perawatan, biaya, dll. Semoga bermanfaat




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.