Menghasilkan Uang – Blog Saya Mati Sebelum Berkembang. Berikut Hal yang Harus Kamu Perhatikan !

0
102
Blog Saya Mati Sebelum Berkembang. Berikut Hal yang Harus Kamu Perhatikan !

Tahukah kamu, berapa banyak jumlah blogger di Indonesia saat ini? Menurut hasil observasi dari UCWeb, jumlah blogger Indonesia kurang lebih 3 juta atau sekitar 3,8 % dari total jumlah pengguna internet aktif (Sumber : Marketing.co.id). Melihat dari jumlah tersebut, apakah kamu yakin mampu bersaing dengan blogger yang sudah lebih dahulu menjajal dunia content digital ini?

Kamu membaca artikel ini pastinya sudah mengambil langkah berani untuk menguji kemampuan, baik dalam hal kemampuan menulis konten sampai pada kemampuan memecah kebuntuan dalam berbagai masalah. Mulai dari memperebutkan tempat terhormat di search engine sampai trial and error dalam menerapkan ilmu marketing yang kamu miliki.

Setelah berbulan-bulan bahkan sudah memasuki 2 atau 3 tahun ngeblog, kenapa masih saja banyak yang tumbang dan tidak sanggup berdiri kembali untuk mengelolah blognya?

Nah, agar kamu tidak masuk dalam daftar blogger gagal Indonesia, simak pembahasan berikut ini yang ditulis berdasarkan hasil pengamatan setelah bertahun-tahun menekuni dunia blogging.

Blog Kamu tidak Kunjung Menghasilkan Uang dan Akhirnya Mati? Berikut Poin yang Harus Diperhatikan

1. Fokus menulis konten berkualitas tanpa memperhatikan aspek lain

Dalam tulis menulis, memang yang menjadi nomor satu adalah kualitas dari konten yang dihasilkan. Konten berkualitas bukan hanya tata bahasa yang baik, melainkan harus bisa dipertanggung jawabkan oleh penulisnya.

Pastinya kamu sering memperhatikan gaya penulisan media besar yang ada di negeri ini bukan? Mereka menghasilkan suatu tulisan yang sangat kredibel, sesuai dengan fakta lapangan.

Perlu kamu tahu, media-media besar tersebut memiliki tim yang handal. Orang yang bergabung dalam tim memiliki tugas masing-masing, mulai dari pencari berita, penulis, editor sampai pada pemasaran.

Coba bandingkan seorang blogger, bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain. Mencari ide, menulis, mengedit, memasarkan dan sebagainya dilakukan seorang diri. Jika kamu fokus hanya pada kualitas konten, saya pastikan kamu akan masuk dalam daftar blogger gagal Indonesia.

Maka dari itu, mulai sekarang, cobalah belajar memasarkan produk (tulisan) kamu. Banyak sekali teknik digital marketing yang siap membuat blog kamu menjadi terdepan, seperti mempelajari SEO atau memperkuat kemampuan dalam membangun brand lewat digital marketing sosial media.

2. Terhipnotis anggapan “Jika suatu blog memiliki tampilan yang menarik serta kualitas konten yang super wah, maka pengunjung akan datang dengan sendirinya”

Poin ini sebetulnya tidak lepas dari pembahasan poin pertama di atas, salah satu alasan saya memotong dan menjadikan bagian lain seperti ini tidak lain karena mengejar kualitas SEO konten. Baik, kita lanjutkan pembahasannya!

Pertama kali saya ngeblog, saya juga beranggapan bahwa jika konten yang saya tulis memiliki nilai yang positif dan masih jarang atau bahkan belum ada blogger yang mengeksploitasi, maka pengunjung akan datang dengan sendirinya. Belakangan saya sadar, anggapan tersebut merupakan sesuatu yang keliru.

Jadi mulai sekarang, kamu harus belajar mendatangkan pengunjung. Berikut beberapa cara yang biasa saya lakukan :

  • Menerapkan pengetahuan SEO
  • Melakukan promosi melalui media sosial seperi facebook, google plus, pinterest dan lain-lain. Ingat, kamu harus hati-hati dalam menerapkan promosi melalui media sosial. Jangan sampai kamu melakukan spam yang akan membuat citra blogmu tercoreng.
  • Menjadi penulis tamu di berbagai blog terkenal. Tuangkan ide terbaik kamu melalui tulisan, kemudian kirim tuisan tersebut pada media/blog yang bersedia menerbitkan tulisanmu.

3. Malas membaca

Rajin membaca merupakan suatu keharusan bagi seorang blogger. Bagaimana mungkin kamu menghasilkan tulisan yang baik jika malas membaca. Setidaknya, sering membaca membuat kosa kata kamu bertambah.

Selain itu, membaca juga membuat kamu menemukan ide baru dalam mengembangkan blog. Nah, poin penting yang ingin saya sampaikan pada bagian ini agar blog kamu tidak mati sebelum berkembang dan menghasilkan uang adalah membaca kisah blogger sukses.

Dalam kisah seorang blogger sukses, biasanya terdapat situasi dimana blogger tersebut berada dalam tekanan dan menemukan momen untuk bangkit sehingga cita-citanya tercapai. Sebagai seorang pembaca yang baik, harusnya mampu memetik hikmah dari cerita para blogger sukses.

4. Kurang persisten dan sabar

Semua yang telah kamu lakukan sampai membaca artike ini, bisa saja masih kurang gigih dalam berjuang mencapai posisi terbaik sebagai seorang blogger.

Coba kembali renungkan apa yang telah kamu lakukan, bandingkan bagaimana blogger lain dalam mencapai kesuksesannya!

Kemudian, kamu harus tetap bersabar sambil melakukan yang terbaik. Jangan berpikiran bahwa kesabaran itu ada batasnya seperti argumentasi segelentir orang di luar sana. Saya yakin, dengan kesabaranmu itu pasti akan mendapat balasan yang setimpal dari Maha Pencipta.

Baca Juga :

Italah beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan agar blog yang kamu kelola tetap eksis dan berkembang dikemudian hari. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses untuk para blogger Indonesia.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.