4 Hal yang Harus Anda Ketahui untuk Mempercepat Loading Blog

0
4 Hal yang Harus Anda Ketahui untuk Mempercepat Loading Blog


Kecepatan internet di Indonesia memang masih jauh dari standar internasional, maka dari itu para blogger berusaha bagaimana caranya mempercepat loading blog agar pengguna nyaman dalam menggali informasi yang diberikan melalui blog pribadi. 


Selain dari kenyamanan pengguna, tentunya akibat lambatnya proses pemuatan data akan mempengaruhi kekuatan SEO suatu blog dalam bersaing di search engine. Nah, lantas apa yang saya lakukan untuk mempercepat loading blog ini? Berikut saya jelaskan dengan simple dan ringkas.

Oia, sebelum melakukan tips berikut, coba cek kecepatan blog Anda saat ini di gtmetrix.com.

1. Mengganti Template

Karena saya tidak paham soal kode-kode html yang ribet itu, maka hal pertama yang saya lakukan adalah mencari template premium dengan spesifikasi fast loading. Untuk premium atau gratisan, tergantung dari agan saja, karena gratisan pun tidak kalah cepat dari yang premium.

Biasanya yang membedakan premium dengan gratisan pada satu template yang sama hanya pada link kredit, variasi desain dan atau support update.

Ingat semakin simple suatu desain template, maka kemungkinan kecepatan dalam load data akan semakin maksimal.

2. Widget

Hal yang kedua adalah memaksimalkan penggunaan widget blog. Memaksimalkan di sini artinya menggunakan widget yang sekiranya bermanfaat untuk pengunjung dalam hal navigasi halaman. Jangan memasang widget hanya untuk memperindah tampilan, karena orang yang berkunjung kecil kemungkinan memperhatikan keindahan blog Anda.

Beda halnya jika yang berkunjung seorang blogger, biasanya selain mencari informasi mereka juga akan memperhatikan desain dari blog yang dikunjunginya.

Gunakan widget conditional, maksudnya pilih widget apa saja yang ingin ditampilkan di home page, postingan artikel atau halaman statis. Harapannya ini akan menekan penggunaan widget pada setiap loading halaman tertentu.

Misalnya, untuk widget artikel populer bisa dimunculkan pada halaman postingan saja. Silahkan kembangkan imajinasi Anda, kira-kira orang yang berkunjung langsung ke postingan baik melalui search engine atau sosial media membutuhkan informasi apa saja selain artikel yang dituju.

Untuk cara membuat widget conditional, banyak blogger yang sudah menulisnya. Silahkan searching di mbah google.

3. Gambar

Gambar sangat menentukan kecepatan dari sebuah blog. Biasanya para blogger pemula tidak memperhatikan hal ini. Mereka memuat gambar di blognya dengan kualitas high, sampai berukuran sekian MB.

Khusus untuk blog artikel, saya rasanya ukuran gambar cukup berada pada ukuran maksimal 100kB. Lebih kecil tentunya lebih baik asalkan informasi dari gambar tersebut dapat terbaca atau setidaknya memberikan gambar yang tidak terlalu pecah.

Anda bisa memperkecil ukuran gambar di compressjpeg.com sebelum menguploadnya di blog. Jika hasilnya masih di atas 100kB, gunakan fasilitas setting untuk lebih memperkecil ukuran gambar tersebut. Baca : Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan PhotoScape

Jangan sekali-kali memasang gambar menggunakan url link dari blog sebelah, selain melanggar karena Anda memanfaatkan hosting orang lain tanpa izin, juga akan memperberat loading halaman.

4. Iklan

Kode iklan juga salah satu faktor terbesar dalam memperlambat loading blog. Banyak blogger yang seenaknya memasang kode iklan tanpa memperhatikan kode apa saja yang perlu dimasukkan.

Contohnya pada kode iklan adsense, terkadang setiap kode iklan dari adsense dimasukkan semua. Padahal ada kode JS seperti “<script async src=”//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js”></script>” yang hanya perlu sekali di input untuk satu blog. Jika semua di masukkan untuk setiap kode iklan yang terpasang, ya akan memperbesar data tiap halaman blog Anda.

Jangan memparse semua kode tersebut jika ingin memasang iklan dalam artikel.

Perlu diketahui, jika memasang iklan sudah pasti akan memperlambat dalam memuat data suatu blog. Jadi apakah lebih memilih kecepatan blog atau uang yang dihasilkan. Semakin banyak widget iklan yang terpasang maka semakin lambat loading blog Anda dan itu merupakan suatu keniscayaan.

Baca Juga :

Itulah 4 hal dasar yang seharusnya diperhatikan untuk mempercepat loading blog. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.