Beranda MOTIVASI & INSPIRASI Perjalanan Orang Terkaya di Indonesia Sri Prakash Lohia!

Perjalanan Orang Terkaya di Indonesia Sri Prakash Lohia!

Perjalanan Orang Terkaya di Indonesia Sri Prakash Lohia!
Sumber : # Paul Chan

Semua orang pasti mengenal Sri Prakash Lohia. Orang terkaya yang menduduki peringkat  kelima di Indonesia dalam Daftar Forbes 2016. Pria keturunan Cina ini pindah ke Indonesia pada tahun 1973, lalu menjadi Direktur di perusahaan petrokimia dan tekstil.

Sebagai pengakuan atas prestasinya, ia diberikan Pravasi Bhartiya Samman Award (Penghargaan India Rantau) oleh Presiden India pada 2012.

Sri Prakash Lohia adalah Pendiri dan Pemilik dari Indorama Corporation (Perusahaan petrokimia dan tekstil). Ini semacam pembangkit tenaga listrik petrokimia yang membuat berbagai produk industri.

Perusahaan telah berkembang menjadi Produsen bahan baku tekstil terbesar dan memiliki fasilitas manufaktur yang tersebar di seluruh Indonesia, Uzbekistan dan Thailand. Indorama menjadi hasil perpaduan dari kata Indo dan Rama. Dimana, Indo singkatan dari Indonesia dan Rama berasal dari Dewa Rama.

Perjalanannya untuk menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, dimulai hampir empat dekade lalu. Pria ini dilahirkan di Kolkata pada tahun 1952 dan belajar perdagangan di Universitas Delhi sebelum lulus pada tahun 1971.

Meskipun sekarang tinggal di London untuk mengurus bisnis internasionalnya, dia masih orang Indonesia. Bahkan, membuka sekolah Politeknik bernama Politeknik Sekolah Teknik Indorama.

Dia pun menginvestasikan banyak uang di sana. Terlebih, Ia juga memiliki beberapa perusahaan di negara lain seperti Turki dan Nigeria. Salah satu anaknya sekarang membantunya menangani beberapa aspek bisnis.

Bagaimana Perjalanan Orang Terkaya Di Indonesia Sri Prakash Lohia?

Awal bisnis keluarga

Lahir di India pada tahun 1956, yang pindah bersama keluarganya ke Indonesia pada tahun 1973. Ayahnya bernama Mohan Lal Lahia, sudah memiliki bisnis garmen kecil. Menginspirasi Sri Prakash untuk kemudian memulai sebuah perusahaan baru bernama Indorama Synthetics pada tahun 1976.

Pada awalnya, perusahaannya hanya memproduksi benang sintetis. Kemudian ia dan saudaranya Anil Prakash mulai mengembangkan produk mereka seperti serat poliester dan PET (Polyester grade botol). Kemudian pada tahun 1995, perusahaannya juga memproduksi resin sehingga keuntungan mulai mengalir dalam jumlah yang sangat signifikan.

Dari satu perusahaan, bisnis Sri Prakash kemudian berkembang ke Indorama Shebin, ISIN Lanka dan Indorama IPLIK. Semua menghasilkan produk yang berkaitan dengan serat sintetis seperti polypropylene, resin PET, polietilen dan semacamnya. Ia juga membangun Medisa Technologies yang membuat sarung tangan medis.

Bidang bisnis lainnya

Pada tahun 1995, Indorama merambah ke bisnis properti yang cukup sukses. Kemudian pada tahun 2006, ia membangun pabrik Olefin baru di Afrika Barat. Hingga, tumbuh menjadi fasilitas pabrik Olefin terbesar kedua di Afrika.

Baca Juga :

Pada tahun 2009 Indorama diakui sebagai Produsen serat sintetis terbesar di dunia serta go public di Bangkok Stock Exchange. Keberhasilan internasional Indorama kemudian tumbuh lebih lanjut di dunia menjadi Indorama Ventures.

Pecinta seni & buku

Sri Prakash juga seorang ahli seni yang terkenal dan merupakan salah satu Kolektor buku langka terbesar di dunia. Dia mengoleksi yang mencakup ‘The Holy Bible‘ edisi ke-16 dan ‘The Holy Quran‘ versi ke-18. Ia juga seorang Kolektor litograf terbesar kedua di dunia, dari abad ke-17 ketika karya seni itu ditemukan.

Saat ini, Sri Prakash Lohia dibantu oleh putranya yang bernama Amit dalam menangani beberapa bisnisnya. Lulus dari Wharton School of Business di Pennsylvania, Amit sekarang menjadi Manajer untuk Indorama dan membantu Ayahnya dengan beberapa bisnis yang dijalani.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.