Formula Penentuan Harga Content Placement – Sponsored Content

14
Formula Penentuan Harga Content Placement - Sponsored Content

Beberapa bulan yang lalu, saya mencoba mencari informasi mengenai dunia content placement (Rate Card Personal Blog) dalam kehidupan blogger Indonesia. Dengan bantuan mbah google, saya menemukan beberapa artikel yang ternyata belum bisa memberikan jawaban memuaskan.

Namun, mereka sepakat bahwa standarisasi suatu harga layak belum ada kepastian. Bahkan, ada beberapa pengalaman blogger yang mendapat tawaran dari pihak agency jauh di bawah standar kelayakan. Kata pemilik blog “kemungkinan pihak agency/pengguna jasa tersebut tidak melakukan riset sebelum mengajukan tawarannya“.

Begitupun yang dialami oleh para pengguna jasa ini, mereka sering menemukan blog dengan tarif yang sangat tinggi. Sehingga, mengurungkan niatnya untuk menghubungi pemiliki blog.

Melihat dari keabua-abuan tersebut, maka saya mencoba membuat suatu formula sederhana untuk menentukan tarif content placement dengan harapan bisa menjadi suatu acuan harga yang pantas dengan berbagai tolak ukur.

Formula tersebut bisa digunakan oleh para blogger dan advertisers untuk memasang atau melakukan negosiasi tarif. Dengan demikian, masing-masing pihak tidak merasa dimanfaatkan dalam melakukan kerjasama.
 

Karena artikel ini mungkin akan memberikan dampak terhadap perubahan nilai pasar lokal, maka saya mewawancarai beberapa blogger papan atas via email .

Tujuan wawancara tersebut untuk memperoleh informasi akurat sebagai acuan dalam membuat formula yang tepat dalam menentukan biaya content placement pada suatu blog (Rate Card Personal Blog).

Namun beberapa blogger tersebut tidak memberikan responnya terhadap apa yang saya lakukan. Mungkin itu merupakan privasi dan kode etik mereka dalam menekuni dunia blogging. Secara pribadi, saya menghargai sikap mereka.

Formula Penentuan Harga Content Placement - Sponsored Content

Acuan Pembuatan Formula Penentuan Tarif Content Placement/Sponsored Content

Sebagai informasi, dalam formula ini saya tidak membedakan antara content placement, artikel review atau apalah namanya. Karena, semua bermuara pada peningkatan nilai suatu brand atau blog, baik di mata pengunjung maupun mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan sebagainya. Namun untuk review suatu produk tentunya harga lebih tinggi, apalagi dari brand ternama bisa tembus di harga minimal 1 jutaan.
 
Faktor pertama yang sering menjadi tolak ukur dalam melihat kualitas suatu blog adalah besaranya DA (Domain Authorty) meskipun tidak menjadi jaminan tingginya pengunjung dari suatu blog. Namun seperti yang kita perhatikan belakangan ini, hal tersebut merupakan pertanyaan pertama yang diajukan oleh para pengguna jasa.
 
Bukan hanya itu, jenis domain, umur blog, tipe blog (nice/gado-gado), desain blog, kualitas dari artikel, jumlah artikel juga merupakan suatu alasan pengguna jasa memberikan tawaran dan menjatuhkan pilihan terhadap suatu blog.

Selain dari hal tersebut, sebagian dari pihak pengguna jasa ini menjadikan FB fanspage, twitter follower atau subscriber sebagai tolak ukur untuk memberikan nilai lebih pada suatu blog.

Seperti halnya para penyelenggara usaha dalam bidang PPC, pengguna layanan content placement juga akan mempertimbangkan sumber lalu lintas pada sebuah blog. Sehingga nilai dari blog yang mayoritas sumber trafiknya dari search engine akan lebih tinggi dari blog dengan lalu lintas sosial media atau yang lainnya.
 
Itulah sedikit penjelasan dari faktor penentuan harga sponsored content dalam membuat formula ini.

Formula Sederhana untuk Menentukan Rate Card Personal Blog/Harga Content Placement

Dalam formula ini, saya tidak mengikut sertakan poin-poin yang bersifat subjektif (pandangan calon pengguna jasa) seperti, kualitas artikel, desain blog dan sebagainya.

Tabel Formula dalam menentukan Harga Content Placement

Formula Penentuan Harga Content Placement - Sponsored Content
Note : Khusus untuk subdomain, kolom DA diisi dengan nilai PA blog

Perhatikan tabel di atas, setiap poin telah diberikan nilai tertentu untuk menentukan kualitas dari suatu blog. Misalnya untuk jenis domain, TLD akan memperoleh nilai 2, sementara subdomain hanya memperoleh nilai 1. Begitupun pada poin-poin yang lainnya.

Sehingga total dari semua poin untuk menentukan posisi kualitas blog dalam formula ini sebesar 15 untuk domain anakdagang.com. Jadi berapa besar harga yang pantas untuk blog ini jika seseorang ingin bekerjasama dalam hal sponsored content? Berikut tabel harganya :

Formula Penentuan Harga Content Placement - Sponsored Content


Jadi berdasarkan tabel harga di atas, maka range harga untuk anakdagang.com adalah Rp 200.000,- hingga Rp 350.000,-.

Itulah formula acuan dalam menentukan harga sponsored content/content placement untuk blog Anda. Semoga bisa membantu mengatasi kegalauan jika mendapat tawaran.

Baca Juga:

Perlu diketahui, kalau mendapat tawaran dari brand ternama, jangan sungkan menawar harga yang lebih tinggi dari hasil formula ini. Semoga bermanfaat dan salam sukses.

14 KOMENTAR

  1. Good, nice info. Kita jadi punya standarisasi untuk menentukan harga ke klien. Tapi kadang kalo nawar terlalu tinggi, biasanya klien malah lepas, hehehe. Tapi kalo setelah liat tabel ini, semoga gak sih

  2. Sesuai dengan pengalaman saya sih, harga yang tercantum di atas sudah menjadi standar yang diberikan oleh para adventiser. Kalau takut jobnya lepas, biarkan saja calon advertiser memberikan tawarab harga, kalau sekiranya terlalu kecil langsung ditolak saja sebagai pembelajar bagi mereka (advertiser) agar sebelum memberikan tawaran terlebih dahulu melakukan analisa.

  3. Ini yang saya cari2, beberapa hari yang lalu saya mendapatkan email dari salah satu penyedia hosting dan domain di Indonesia mengenai tawaran kerja sama, ya intinya mereka mau pasang konten di web saya entah itu dalam bentuk review atau yang lainnya.

    Jujur, saya tidak tahu patokan harga yang harus saya tawarkan ke mereka. Dan setelah lihat artikel ini, saya sudah ada gambaran berapa harus ngasih penawaran ke mereka. Thanks.

    Oh ya, satu lagi. Memang betul, kita juga sebagai pemilik blog/web jangan mudah banting harga sekalipun jarang dapat tawaran. Setidaknya itulah salah satu cara agar kita sebagai "content creator" tetap dihargai.

  4. Betul gan, kebanyakan sekarang penawaran dari pihak pengguna jasa post berbayar sekitar 100 ribuan. Namun, jika mengacu pada brand-brand ternama, rata-rata mereka memberikan penawaran 350 ribuan/post.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here