Ternyata Begini Cara Investasi Emas yang Benar! Rekomendasi untuk Pemula

Ternyata Begini Cara Investasi Emas Yang Benar! Rekomendasi Untuk Pemula

Saat ini jenis investasi yang banyak dipercayai orang adalah emas. Apalagi cara investasi emas sangatlah mudah. Anda perlu tau bahwa emas adalah salah satu jenis investasi yang kebal akan inflasi.

Selain itu, jika anda butuh uang sewaktu-waktu, emas sangat mudah untuk diperjual belikan. Barangnya juga tidak gampang rusak. Maka dari itu, saat ini orang sudah mulai berlomba-lomba untuk investasi emas.

Tips Investasi Emas untuk Para Pemula

Walaupun minat untuk investasi emas sudah mulai tinggi, namun masih banyak yang belum tahu cara mainnya. Terutama bagi para pemula.

Nah, bagi Anda yang saat ini juga punya minat yang sama, simak tips dari akuntansi lengkap  di bawah ini.

1. Tentukan tujuan investasi

Ini merupakan poin penting yang harus dipikirkan sebelum memulai investasi emas. Rata-rata orang hanya tergiur dengan cerita para investor yang lain.

Mulai tanyakan pada diri sendiri, ingin melakukan investasi emas untuk apa?

Jika tujuannya untuk pergi ibadah haji, umroh, beli rumah atau tanah, maka Anda harus konsisten. Terutama dalam hal membeli emas. Karena, semakin banyak emas yang dibeli, semakin banyak keuntungan yang akan didapat.

2. Rajin cek harga emas

Cara kedua adalah sering-sering update harga emas. Jangan asal beli.

Saat ini, situs yang menampilkan harga emas sudah banyak. Contohnya di situs PT. Antam kemudian di toko emas online resmi maupun di PT. Pegadaian. Bahkan Anda juga bisa update harga pasaran emas lewat aplikasi seperti tamsia.

Anda wajib membeli ketika harga sedang turun. Kemudian menjualnya ketika harga sedang naik. Itu adalah rumus yang harus diterapkan jika ingin dapat keuntungan banyak dari investasi emas.

Jangan salah, emas adalah jenis investasi modal kecil yang lumayan menguntungkan loh.

3. Menentukan emas yang akan dibeli

Perlu diketahui bahwa cara berinvestasi emas bagi para pemula adalah menentukan emas yang akan dibeli.

Pada dasarnya, emas batangan itu dibagi berdasarkan beratnya. Ada yang 1gr, 3gr, 5gr sampai 100gr. Namun yang sering digunakan untuk investasi adalah emas dengan berat 5gr.

Nah, ketika Anda sudah menentukan ingin investasi emas 5gr, maka sebaiknya lakukan secara konsisten. Dengan begitu, hasil keuntungan yang akan didapat bisa diperhitungkan dengan mudah juga.

4. Menentukan tempat pembelian

Anda pasti sudah tahu, saat ini banyak sekali kasus penipuan untuk investasi emas. Jadi sebaiknya jangan mudah tergiur beli emas di tempat-tempat yang tidak resmi.

Harga emas semuanya sama. Ketika naik, semua ikut naik. Begitu juga ketika turun.

Jadi alangkah baiknya beli di tempat yang sudah terpercaya saja. Rekomendasinya, bisa di PT Pegadaian, PT Antam, Bank Syariah, PT Pos Indonesia dan di Toko Emas Online.

5. Periksa kondisi emas dengan teliti

Memeriksa emas juga bagian dari cara investasi yang baik dan benar. Karena, investasi Anda akan gagal jika emas yang dibeli ternyata adalah palsu.

Jika Anda seorang pemula yang tidak begitu tahu tentang emas, sebaiknya ajak orang yang sudah expert dibidang tersebut. Minimal untuk menemani pada saat membeli emas. Dengan begitu, setidaknya Anda terhindar dari resiko penipuan.

6. Memilih tempat penyimpanan emas

Yang terakhir, pastikan bahwa emas investasi Anda disimpan di tempat yang aman.

Pertama, bisa ditaruh pada brankas di dalam rumah agar terhindar dari pencurian/perampokan. Namun harus keluar modal untuk membeli brankasnya.

Kedua, bisa dititipkan pada jasa penyewaan kotak penyimpanan harta/surat-surat berharga. Biasanya layanan ini disebut “Safe Deposite Box” (SDB). Anda harus keluar biaya untuk sewa jasa layanan tersebut.

Atau ketiga, bisa simpan di Brankas PT. Antam. Brankas di PT. Antam memiliki perlindungan 24 jam penuh. Anda hanya akan dikenai biaya Rp25.000/bulan.

Baca Juga :

Yuk ! Jalankan setiap cara investasi emas diatas, jika ingin mendapat keuntungan yang maksimal. Jangan sia-siakan kesempatan investasi ini. Apalagi jika tujuannya untuk jangka panjang.

5/5 (1)

Nilai kualitas artikel




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.