Beranda REVIEW PRODUK Sekilas Tentang Kereta Kertajaya, Salah Satu Teman Perjalanan Terbaik

Sekilas Tentang Kereta Kertajaya, Salah Satu Teman Perjalanan Terbaik

Sekilas Tentang Kereta Kertajaya, Salah Satu Teman Perjalanan Terbaik
Sumber : Dimas P Nugraha

Kamu sering melakukan perjalanan dari kota Surabaya menuju ke Jakarta ataupun sebaliknya? Baik itu untuk perjalanan bisnis, perjalanan wisata, merantau maupun untuk menempuh pendidikan.

Lalu, apakah moda transportasi yang sering kamu gunakan? Bus, kereta api ataukah travel? Manakah moda transportasi darat favorit dan yang terbaik bagi kamu?

Mencari moda transportasi terbaik (nyaman, aman dan cocok bagi kamu), tentunya bukan suatu hal yang mudah. Namun meski begitu, hal tersebut juga bukan suatu perkara yang susah. Terlebih di zaman yang semakin maju ini.

Akan tetapi, semua kembali kepada diri kamu sendiri. Bagi kamu yang mabuk perjalanan darat, transportasi berupa bus dan travel tidaklah disarankan. Sebab biasanya orang yang mabuk darat, tidak pernah bisa tahan dengan dua transportasi umum tersebut.

Meski demikian, kamu masih bisa menggunakan moda transportasi darat lain, seperti halnya kereta api.

Bahkan, tak sedikit kereta api yang bisa kamu jadikan teman terbaik dalam perjalanan. Hal ini diakibatkan oleh pelayanan serta fasilitas yang disediakan.

Tak hanya itu, harga yang lebih terjangkau juga menjadi salah satu alasan utama dalam pemilihan moda transportasi (khususnya kereta api). Salah satu jenis kereta api terbaik untuk perjalanan dari Surabaya menuju Jakarta ataupun sebaliknya adalah Kereta Kertajaya. Mengapa bisa begitu?

Memangnya apa sih kereta api Kertajaya itu? Mau tahu jawabannya? Ingin tahu lebih banyak tentang kereta api Kertajaya? Perhatikanlah uraian mengenai kereta api Kertajaya berikut ini :

Kereta Kertajaya

Kereta Kertajaya merupakan salah satu kereta api yang di keluarkan langsung oleh PT KAI (Kereta Api Indonesia). Kereta api yang dijadikan transportasi umum untuk wilayah operasi B Surabaya ini, merupakan kereta api dengan kelas ekonomi AC.

Sehingga bukan hal yang aneh, apabila kereta api Kertajaya memiliki harga tiket yang sangat terjangkau. Selain harga yang terjangkau dengan menggunakan kereta api Kertajaya, kamu juga akan dimanjakan oleh fasilitas serta layanannya yang cukup lengkap.

Fasilitas-fasilitas tersebut, meliputi :

  1. Kursi yang diatur saling berhadapan,
  2. Dua buah AC di setiap gerbong,
  3. Tersedia selimut dan bantal (memiliki tarif di luar biaya tiket),
  4. Sebuah toilet di setiap gerbong,
  5. Dua buah stop kontak di bawah meja kecil dan di bawah jendela, serta
  6. Beberapa fasilitas ataupun layanan umum lainnya

Rute Perjalanan dari Kereta Api Kertajaya

Seperti hal yang selalu dibahas sebelumnya, rute perjalanan utama kereta api Kertajaya adalah dari Jakarta menuju ke Surabaya, maupun sebaliknya.

Untuk satu kali perjalanan, kereta api ini membutuhkan waktu sekitar 11 jam 40 menit. Perjalanan tersebut dimulai dari stasiun Pasar Senen, Jakarta menuju ke stasiun Pasar Turi di Surabaya.

Durasi waktu perjalanan yang cukup lama tersebut sudah termasuk perhentian yang dilakukan di 10 stasiun utama (stasiun-stasiun yang menjadi rute pendek perjalanan kereta api Kertajaya ).

Lalu, dimanakah stasiun-stasiun yang dijadikan pemberhentian sementara dari kereta api Kertajaya? Berikut ini adalah daerah dimana stasiun-stasiun pemberhentian dari kereta api Kertajaya berada.

  1. Bekasi
  2. Cirebon Prajakan
  3. Tegal
  4. Pekalongan
  5. Semarang Tawang
  6. Randublatung
  7. Cepu
  8. Bojonegoro
  9. Babat
  10. Lamongan

Harga Tiket yang Ditawarkan

Harga tiket kereta api Kertajaya biasanya digolongkan berdasarkan tidak dari kelas (karena hanya terdiri dari kelas ekonomi), melainkan berdasarkan sub kelasnya.

Tiket kereta api ini dijual dengan harga sekitar 150 ribu rupiah untuk sub kelas P. Sedangkan untuk sub kelas C dibanderol mulai harga 165 ribu rupiah . Harga ini ditujukan untuk rute perjalanan penuh Jakarta – Surabaya.

Baca Juga :

Sedangkan untuk perjalanan atau rute yang lebih pendek, maka kamu hanya perlu membayar 100 ribu rupiah untuk sub kelas C dan 90 ribu untuk kamu yang memilih sub kelas P.

Bagaimana cukup murah dan terjangkau bukan? Bahkan, kamu bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah lagi. Tentunya hal tersebut, ketika kamu menggunakan aplikasi traveloka untuk mencari tiket. Sebab seperti yang kamu tahu, bahwa traveloka adalah teman perjalanan terbaik.

No ratings yet.

Nilai kualitas artikel

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.