5 Kunci Sukses Untuk Mengembangkan Bisnis Waralaba

0
86
Kunci sukses bisnis waralaba

Sukses Bisnis Waralaba – Sekarang ini, sering dijumpai outlet makanan atau minuman dengan produk dan merk yang sama, entah itu di dekat kantor, kampus atau rumah. Pertanyaannya adalah apakah itu milik satu orang saja? Tentu tidak, itulah yang dinamakan dengan Waralaba atau Franchise.

Saat ini, waralaba cukup digandrungi oleh masyarakat. Kelebihannya adalah Anda bisa memiliki usaha sendiri hanya bermodalkan sejumlah uang, tanpa harus ribet mengurusi proses pembuatan gerobak, menu, resep, ataupun merk dagang.

Hal tersebut tentu memudahkan Anda untuk memulainya. Sekalipun seorang pemula dalam dunia bisnis, dijamin masih memiliki kesempatan yang besar untuk sukses.

Lalu kiat-kiat apa saja yang dilakukan agar sukses menjalankan bisnis waralaba? Berikut ulasannya.

Kiat Sukses Bisnis Waralaba

1. Tentukan segmentasi pasar

Hal terpenting sebelum memutuskan untuk memulai bisnis waralaba adalah menentukan segmentasi pasar. Anda harus memutuskan kepada siapa produk itu akan dijual nantinya. Apabila sasarannya mahasiswa dan warga kampus, tentu yang paling tepat adalah waralaba dengan harga jual terjangkau.

Hal ini juga bertujuan untuk menentukan posisi paling strategis pada penempatan outlet nantinya. Tempat yang strategis akan sangat mempengaruhi pendapatan dan kelancaran bisnis ini. Jika memang segmentasi pasar adalah mahasiswa, Anda bisa mencari info di mana saja lokasi yang ramai dengan tempat kos mereka.

2. Pilihlah waralaba yang simpel

Bisnis waralaba sangat banyak jenisnya, sehingga terkadang bingung ingin memulai yang mana. Namun, sebagai pemula dalam dunia bisnis, ada baiknya Anda memilih jenis waralaba yang simpel. Karena dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan potensi diri untuk belajar lagi dalam pengembangan bisnis ini.

Misalnya, sebelum memilih waralaba dengan menu makanan yang memiliki banyak variasi, Anda bisa memulainya dengan waralaba berjenis makanan yang fokus dengan beberapa variasi menu saja.

Hal ini juga bertujuan untuk menekan modal usaha, karena semakin banyak variasi belum tentu akan semakin laris pula. Bisa jadi, beberapa menu ada yang tidak difavoritkan sehingga hasilnya pun mubadzir. Akan lebih bijak apabila Anda fokus pada menu inti yang memang digemari, sehingga konsumen akan datang lagi dan lagi.

3. Promosi

Setelah menentukan segmentasi pasar dan jenis waralaba apa yang akan dikelola, hal terpenting selanjutnya adalah promosi. Tidak harus promosi dalam media cetak seperti brosur atau pamflet yang memerlukan modal cukup besar. Anda dapat memaksimalkan promosi dengan media digital seperti internet.

Saat ini, hampir semua orang memiliki akun social media, mulai dari Twitter, Facebook, atau Instagram. Anda bisa memaksimalkan potensi promo lewat media social seperti Instagram misalnya. Banyak akun dengan jumlah follower tinggi yang menawarkan jasa endorsement untuk mempromosikan sebuah produk. Selain untuk promosi, hal tersebut juga bermanfaat agar Anda bisa lebih dekat dengan para konsumen.

4. Sharing dengan Franchisor

Malu bertanya sesat di jalan” kira-kira itu adalah pepatah yang tepat untuk Anda para penggerak bisnis. Tidak perlu jaim untuk bertanya dan berkonsultasi kepada Franchisor mengenai produk yang dijualnya. Mereka pun dengan senang hati berbagi pengalaman dan memberi tips untuk Anda dalam menjalankan bisnis waralaba ini.

5. Jalin hubungan baik dengan karyawan

Jika memutuskan untuk meng-hire karyawan, yang perlu Anda lakukan adalah memperlakukan mereka dengan baik. Bukan hanya hubungan sebatas atasan dan bawahan, tetapi lebih seperti pertemanan. Hal ini bertujuan agar karyawan lebih menghormati Anda, bukan hanya memandang jabatan semata tetapi karena hubungan interpersonal yang baik.

Dengan begitu, dijamin para karyawan akan lebih loyal dan bekerja dengan baik, sehingga bisnis pun semakin lancar.

Baca Juga :

Itulah 5 tips yang bisa diterapkan agar bisa sukses bisnis waralaba. Perlu diingat bahwa hal terpenting dalam memulai bisnis adalah belajar, komitmen dan lakukan dengan bertahap. Satu hal lagi, sifat yang harus Anda punya adalah pantang menyerah dan jangan gampang puas.




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.