Apakah Harus Terdapat Kolam Dalam Gedung Walet?

0
Apakah Harus Terdapat Kolam Dalam Gedung Walet?

Dalam pembangunan gedung walet, para petani tidak pernah lepas dari pembahasan mengenai ukuran gedung, jenis sekat, luas void, luas kolam atau jenis suara yang digunakan. Dari sekian banyak yang menjadi perhatian tersebut, ternyata ada 1 poin penting yang jarang terjamah sampai mendetail yaitu mengenai kolam dalam gedung walet.

Fungsi utama dari kolam pada gedung walet adalah untuk menjaga kelembaban agar suasana dalam gedung sesuai dengan habitat asli dari walet itu sendiri. Jika suatu gedung memiliki kelembaban yang pas, maka sebetulnya penggunaan kolam tidak diperlukan.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk memenuhi tingkat kelembaban tanpa harus menggunakan kolam atau alat seperti pengabut?

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki hutan alam yang cukup luas. Sehingga udara yang ada di alam bebas memiliki tingkat kesejukan yang baik.

Maka dari itu, jika udara bebas tersebut bisa kita pindahkan ke dalam gedung walet, tentunya akan sangat menguntungkan. Kenapa? Karena partikel-partikel air yang ada di udara bebas pastinya sangat memadai untuk menemukan kelembaban yang proposional dalam gedung walet.

Artinya apa, artinya pemilik gedung tidak lagi memerlukan teknik atau cara lain untuk menjaga kelembaban seperti pembuatan kolam atau pemasangan alat pengabut.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memindahkan udara bebas tersebut ke dalam gedung walet?

Jalan satu-satunya adalah memperbanyak ventilasi. Semakin banyak ventilasi maka semakin bebas pula udara keluar masuk dalam gedung yang akan menstabilkan kelembaban layaknya dalam gua.

Memblock Panas Matahari dari Luar

Setelah menggunakan ventilasi udara yang memadai, tidak serta merta suasana dalam gedung walet menjadi sejuk dan nyaman untuk burung walet. Kelembaban bisa terpenuhi namun suhu ruangan bisa saja cukup tinggi jika panas dari luar tidak diblock dengan sempurna.

Beragam cara mengatasi panas dari luar agar tidak menembus masuk ke dalam gedung, mulai dari penggunaan cat warna putih, penambahan paranet, styrofoam, kardus, atap daun atau penggunaan material dinding yang tidak menyerap panas.

Jika pemilik gedung walet mampu mengatasi hal tersebut, maka dengan ventilasi yang cukup, kami pastikan suasana dalam gedung walet akan sama dengan suasana dalam gua yang merupakan habitat asli dari burung walet. Ingat, walaupun tanpa kolam air atau alat pengabut.

Keuntungan Penggunaan Ventilasi yang Memadai

Beberapa keuntungan ventilasi yang memadai dalam gedung walet adalah :

  1. Suasana dalam gedung menjadi sejuk.
  2. Udara menjadi sehat untuk keberlangsungan kloni burung walet karena zat berbahaya dari kotorannya dapat cepat terbuang.
  3. Mengurangi tingkat kematian burung walet muda yang baru belajar terbang karena minimnya hembusan angin yang membantu anakan walet terbang.

Baca Juga :

Semoga artikel yang membahas tentang kolam walet ini dapat bermanfaat untuk Anda. Salam sukses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.