Cara Menghilangkan Bau di Kandang Ayam Semi Intensif/Kandang Umbaran Tertutup

Cara Menghilangkan Bau di Kandang Ayam Semi Intensif Kandang Umbaran Tertutup

Salah satu permasalahan utama pada ternak ayam, baik itu secara intensif maupun semi intesif adalah bau kotaran. Bau kotoran dari ayam itu sendiri tentunya akan sangat mengganggu untuk tumbuh kembang ayam peliharaan Anda.

Khusus untuk Anda yang memelihara ayam di kandang umbaran tertutup, Anda dapat menerapkan air fermentasi sebagai langkah menghilangkan bau kandang agar ayam tetap sehat.

Pemupukan alas kandang dengan menggunakan air fermentasi dapat mengurai bakteri dan menghilangkan amoniak yang bersumber dari kotoran ayam.

Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu pusing lagi dengan kotoran ayam. Anda tidak perlu lagi membersihkan kandang selama rutin melakukan pemupukan alas kandang. Berikut cara menghilangkan bau di kandang ayam dengan sistem pemupukan alas kandang :

Cara Menghilangkan Bau di Kandang Ayam Semi Intensif (Kandang Umbaran Tertutup) dengan Air Fermentasi

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • Air bersih 10 liter
  • Gula Pasir 10 sendok makan atau kira-kira 1 Ons
  • EM4 atau probiotik untuk peternakan 5 tutup botol
  • Jerigen

Larutkan gula pasir di wadah kecil terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan air biasa atau air panas. Jika menggunakan air panas, biarkan dingin terlebih dahulu kemudian masukkan EM4.

Setelah teraduk dengan sempurna, masukkan ke dalam jerigen. Setelah itu, tambahkan air sebanyak 10 liter.

Selanjutnya tutup rapat jerigen, usahakan jangan sampai ada udara yang masuk agar hasil lebih maksimal. Diamkan larutan fermentasi tersebut selama 4 hari di tempat teduh agar tidak terkena sinar matahari langsung. Ingat, jangan membuka tutup jerigen sebelum 4 hari agar fermentasi air berhasil.

Setelah 4 hari, Anda sudah boleh menggunakannya. Larutan fermentasi yang berhasil ditandai dengan aroma menyengat seperti bau tape. Jika di simpen di wadah tertutup kemudian dikocok, maka akan timbul busa dan memiliki tekanan gas yang cukup kuat.

Dalam 10 liter air fermentasi dapat digunakan pada alas kandang dengan luas kurang lebih 10 m2. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, gunakan alat bantu yang biasa digunakan menyiram bunga agar penyebaran lebih sempurna.

Baca Juga :

Hasil pemupukan alas kandang ini akan mengurai bakteri jahat yang terdapat di dalam tanah, kotoran ayam ataupun jamur-jamur yang berbahaya untuk ternak ayam Anda.

Semoga pembahasan kami tentang cara menghilangkan bau di kandang ayam semi intensif/kandang umbaran tertutup bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.