Prospek Usaha Cuci Motor dan Bagaimana Memulainya

0
233
Prospek Usaha Cuci Motor dan Bagaimana Memulainya
Sumber : steamtbpyko.wordpress.com

Membahas soal usaha tidak pernah ada habisnya, walaupun jenis usaha cuci motor ini sudah merebak dimana-mana. Namun jangan khawatir, dengan berbagai teknik dan strategi dalam menjalankan bisnis, maka tetap saja mampu memberikan penghasilan yang maksimal.

Misalnya saja dengan memberikan layanan jasa cuci motor panggilan, maka saya yakin usaha yang baru Anda bangun ini akan mendapat respon yang positif.

Banyak diantara kita terkadang malas untuk menunggu di workshop pencucian motor karena berbagai alasan, sehingga pastinya akan lebih senang jika ada yang bersedia melakukan pencucian kendaraan kita di rumah.

Prospek Peluang Usaha Cuci Motor

Peningkatan kendaraan roda dua dari tahun ke tahun semakin membuka lebar peluang usaha dari kalangan menengah kebawah seperti usaha cuci motor ini. Menurut data Badan Pusat Statistik, kendaraan roda dua pada tahun 1987 sebesar 5.554.305 unit. Sementara pada tahun 2013, jumlahnya sudah mencapai 84.732.652 unit.

Dengan melihat peningkatan pengguna roda dua dari tahun ketahun dan tingkat kesibukan masyarakat kita, membuat usaha cuci motor semakin laris.

Mereka lebih condong memanfaatkan waktu luangnya bersantai bersama keluarga dari pada menggunakan waktu tersebut untuk mencuci motor. 

Analisa Modal Usaha Cuci Motor

Usaha jenis ini termasuk usaha yang tidak membutuhkan modal besar. Hanya bermodalkan mesin semprot bertenaga bensin dengan kisaran harga 2 jutaan (kualitas baik), Anda sudah bisa memulainya dari rumah.

Untuk modal shampo motor, pengkilat ban, spons, bensin atau ember, mungkin tidak menjadi beban karena harganya yang relatif murah.

Besaran Keuntungan

Rata-rata harga jasa pencucian motor saat ini sebesar Rp 10.000,-/unit. Jika memperoleh job sebanyak 10 unit motor/hari, maka penghasilan kotor Anda adalah Rp 100.000,-.

Asumsi biaya shampo, pengkilat ban dan bensi adalah Rp 50.000,- (maksimal), maka penghasilan bersih Anda adalah Rp 50.000,-/hari.

Jadi 1 bulan Anda bisa memperoleh penghasilan sebesar Rp 1.500.000,-.

Woow, enak ya cuma mencuci motor bisa dapat gaji perbulan 1,5 juta. Bayangkan kalau memperoleh pelanggan lebih dari 10/hari, saya yakin Anda akan tersenyum lebar.

Tips Menjalankan Usaha

Carilah tempat usaha cuci motor di pinggir jalan yang ramai, sehingga usaha Anda mudah ditemukan. Tempat tersebut tidak usah terlalu besar, cukup ukuran 2 x 3 meter, usaha Anda sudah bisa berjalan.

Selanjutnya adalah bersikap ramah pada calon pelanggan. Jangan sok memasang muka sangar. Bersikaplah seperti pembantu mereka, buatlah mereka bagaikan raja, sehingga mereka tidak akan canggung mampir di tempat usaha Anda.

Kembangkan bisnis Anda dengan merekrut pekerja dengan sistem bagi hasil. Rata-rata pekerjaan seperti ini akan lebih baik jika menggunakan sistem bagi hasil agar para pekerja tidak bermalas-malasan.

Satu hal lagi yang harus menjadi perhatian Anda yaitu cara mengatasi pemakaian shampo motor, pengkilat ban dan sebagainya agar tidak boros. Lakukan pembagian hasil setelah dipotong pemakaian aksesoris tersebut untuk menghindari pekerja menggunakan secara tidak wajar.

Baca Juga : 

Semoga artikel usaha cuci motor ini bisa memberikan inspirasi dalam menempuh kehidupan yang lebih baik. Aamiin




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.