Mengenal Layanan Data Center

0
Mengenal Layanan Data Center

Data Center, pernahkah Anda mendengar istilah satu ini? Istilah ini merupakan nama dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dan juga dalam hal penyimpanan data (Data Center).

Secara harfiah, data center merupakan sebuah layanan atau fasilitas yang bekerja dengan menggunakan sistem komputerisasi, serta dukungan dari beberapa teknologi lainnya. Layanan seperti ini umum digunakan untuk sistem pencegah kebakaran, catu daya, maupun aspek keamanan lainnya.

Data center terdiri atas dua jenis, yaitu EDC dan IDC. EDC merupakan layanan data center yang bekerja secara internal. Hal ini berarti layanan tersebut hanya diperuntukan bagi kegiatan internal sebuah perusahaan. Sementara IDC merupakan bentuk layanan data center yang bersifat publik.

Lalu apa saja manfaat dari layanan Data Center ini?

Manfaat Layanan Data Center

Sebuah layanan data center harus memiliki beberapa kriteria agar dapat digolongkan sebagai perusahaan profesional. Di antaranya, layanan data center tersebut harus berada pada kawasan yang aman. Misalnya, aman dari ancaman bencana banjir, gempa bumi, maupun ancaman bahaya lainnya.

Kemudian, data center juga harus diletakkan pada kawasan yang mudah dalam memperoleh air. Hal ini bertujuan untuk mensupport sistem pendingin yang dibutuhkan oleh komponen data center itu sendiri.

Selain itu, data center harus pula memiliki kehandalan dari sisi pengaksesannya. Berikut beberapa manfaat dari layanan data center secara umum.

1. Mendukung sistem keamanan

Seperti yang telah diketahui, bahwa data center sering digunakan dalam sistem penanggulan kebakaran yang sering dijumpai di gedung-gedung perusahaan. Hal ini tentunya akan semakin meningkatkan sistem keamanan dari perusahaan itu sendiri, sehingga operasional dari perusahaan tersebut dapat berlangsung dengan aman. 

2. Efisiensi biaya perusahaan

Layanan data center diketahui pula memiliki manfaat dari sisi efisiensi biaya dari suatu perusahaan. Layanan ini mampu mendukung optimalisasi penggunaan biaya awal bagi perusahaan. Sehingga nantinya biaya tersebut akan dapat digunakan sebagai salah satu sumber biaya operasional sehari-hari dari perusahaan itu sendiri. 

3. Memiliki skalabilitas yang baik

Layanan data center  mampu memenuhi segala kebutuhan perusahaan terkait dengan sistem data yang dimilikinya. Pasalnya, layanan ini memiliki skalabilitas yang baik sesuai dengan keaktifan perusahaan sebagai member dari layanan tersebut.

Di samping manfaat di atas, layanan data center juga memiliki manfaat dari aspek Availability. Hal ini dikarenakan layanan tersebut dapat mensupport proses operasional perusahaan dengan sistem zero failure. Sistem akan bekerja pada seluruh komponen dari layan itu sendiri.

Nah, Itulah tadi beberapa manfaat dari layanan data center. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan layan seperti ini, Anda dapat memanfaatkan IDC dari NEX Datacenter. Layanan yang diberikan oleh NEX akan mendukung dari optimalisasi operasional perusahaan Anda.

NEX datacenter merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam hal data center. Sebelumnya, perusahaan ini bernama CBN Nusantara, hal ini semata-mata merupakan upaya dalam meningkatkan pelayanan oleh perusahaan itu sendiri.

Baca Juga :

Perusahaan data center ini diketahui telah beroperasi lebih dari 6 tahun dan telah tumbuh menjadi salah satu layanan data center ternama di Indonesia. Jasa dari layanan ini sering kali dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan sistem data center dalam operasional mereka.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.