Usaha Kue Kering, Bisnis Rumahan untuk Menyambut Bulan Ramadan dan Lebaran

Bisnis Rumahan untuk Menyambut Bulan Ramadan dan Lebaran
Kue kering yang umum menjadi suguhan di bulan Ramadan maupun lebaran, peluang bisnis rumahan yang menguntungkan

Menyambut datangnya bulan Ramadan, usaha kue kering bisa menjadi pilihan kegiatan untuk ditekuni sebagai alternatif penghasilan tambahan. Terlebih menjelang masa lebaran, bisnis rumahan yang satu ini akan semakin mudah ditemui hampir di semua daerah.

Bisnis yang satu ini memang memiliki banyak keuntungan yang membuat pelaku usaha tertarik untuk meliriknya. Beberapa di antaranya juga bisa Anda jadikan pertimbangan jika masih ragu apakah ingin ikut menekuni bisnis ini atau tidak. Simak pemaparan berikut ini :

1. Bisa dimulai dari rumah

Tidak seperti kebanyakan bisnis lainnya, Anda tak perlu memiliki toko khusus untuk memasarkan kue-kue yang sudah dibuat, tergantung skala usahanya. Anda juga tidak membutuhkan pabrik untuk memastikan produksi terus berjalan.

Bisnis ini bisa dijalankan dari rumah, mulai pembuatan, pengelolaan, hingga pemasarannya pun dapat dilakukan tanpa pergi ke luar rumah. Bagi Anda yang tidak menyiapkan modal terlalu besar, bisnis ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik yang menggiurkan.

Bisnis Rumahan untuk Menyambut Bulan Ramadan dan Lebaran
Bisnis rumahan kue kering bisa dilakukan dengan modal yang minimal dari mana pun Anda berada

2. Anda dapat memanfaatkan momen Ramadan dan lebaran

Menyiapkan camilan manis untuk berbuka puasa bisa dibilang sebuah tradisi yang terus dipertahankan oleh masyarakat kita. Masalahnya, tidak semua rumah memiliki waktu untuk menyiapkan sendiri camilan manis tersebut.

Manfaatkan peluang ini untuk menjajakan kue buatan Anda. Selain bulan puasa sendiri, bisnis rumahan ini juga banyak digemari pada saat lebaran.

Sudah umum bagi setiap rumah menyediakan suguhan untuk tamu yang datang di masa lebaran atau bahkan mengirimkannya sebagai parsel pada teman maupun kolega.

Momen semacam ini tentu sayang untuk dilewatkan begitu saja, bukan?

3. Pasar selalu tersedia

Meski bisnis serupa sudah menjamur, tetapi keuntungan yang didapatkan tetap tinggi. Alasannya karena masih banyak orang yang terbiasa untuk membeli camilan ringan ini di beberapa tempat.

Tidak perlu takut kehabisan pasar karena akan selalu ada orang yang membutuhkan kue-kue buatan Anda untuk sajian buka puasa maupun hantaran serta suguhan di waktu lebaran. Terlebih lagi, budaya menyuguhkan penganan di masa lebaran tidak hanya terbatas pada mereka yang merayakan lebaran saja, sehingga pasar yang bisa Anda sasar pun bisa lebih luas.

4. Bisnis rumahan dengan biaya yang dapat disesuaikan

Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis yang satu ini bisa dibilang cukup fleksibel. Anda bisa menyesuaikan produk yang ingin dibuat dengan modal yang dimiliki, berapa pun itu.

Jenis kue yang bisa Anda buat pun cukup beragam sehingga dapat lebih mengontrol kue apa yang ingin dibuat dan berapa modal yang diperlukan untuk membuatnya.

Agar biaya yang dikeluarkan lebih efektif, Anda juga dapat memasarkan produk kue tersebut dengan sistem PO, di mana Anda hanya perlu membuat kue sesuai dengan pesanan yang masuk.

Dengan demikian, tidak perlu khawatir lagi akan adanya biaya berlebihan yang disebabkan bahan terbuang karena pesanan yang masuk tidak sesuai.

5. Dapat dipasarkan di mana saja

Dengan majunya produk teknologi, tak perlu lagi bingung bagaimana harus memasarkan kue-kue yang sudah Anda buat. Selain dengan cara konvensional melalui testimoni dari mulut ke mulut, atau kepada keluarga maupun teman-teman terdekat, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai platform digital untuk melakukan pemasaran.

Media sosial juga masih menjadi salah satu alternatif menarik untuk memasarkan produk. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai macam platform e-commerce atau marketplace digital untuk melakukannya.

Tentunya, dengan platform-platform digital tersebut Anda pun tak perlu lagi harus keluar rumah, bukan?

Baca Juga :

Usaha kue kering mungkin terdengar sederhana, tetapi tetap menjadi salah satu peluang bisnis rumahan yang bisa Anda maksimalkan untuk menambah pendapatan di bulan Ramadan. Terlebih lagi adanya pandemi virus corona, mungkin akan membuat bulan Ramadan tahun ini terasa sedikit berbeda.

Memiliki sumber pendapatan yang tidak mengharuskan Anda sering-sering ke luar rumah tentu menjadi salah satu pilihan yang patut untuk dipertimbangkan, bukan?




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.