Kebiasaan Suku Sunda yang Bikin Para Wisatawan Betah Berada di Tanah Sunda

Kebiasaan Suku Sunda yang Bikin Para Wisatawan Betah Berada di Tanah Sunda
Sumber : Wikipedia

Suku Sunda merupakan salah satu suku yang berada di Indonesia. Mendiami provinsi Jawa Barat, membuat populasinya berpusat di provinsi ini.

Selain itu, beberapa keluarga dari suku Sunda juga ada yang melakukan imigrasi maupun transmigrasi dan menyebar di seluruh Indonesia meskipun tidak banyak. Setiap suku, tentu saja memiliki adat istiadat dan kebiasaan masing-masing yang membuatnya khas dan menarik.

Begitu pula dengan suku Sunda. Saat wisatawan berkunjung ke Jawa Barat akan merasa betah saat berada di tanah Sunda. Hal ini karena kebiasaan-kebiasaan hidup mereka yang menarik.

Tidak hanya hal tersebut, masyarakat Indonesia juga terkenal akan keramah tamahannya, termasuk suku ini. Yuk simak ulasan berbagai kebiasaan suku Sunda yang bikin para wisatawan betah berada di tanah Sunda berikut ini :

Kebiasaan Khas Suku Sunda

  1. Menjunjung tinggi kesopanan

Masyarakat suku Sunda memiliki etika kesopanan yang selalu dijunjung tinggi kepada siapapun. Tidak hanya orang tua saja, namun juga anak-anak dan remaja.

Mereka memiliki pedoman bahwa hidup itu harus rukun saling menyayangi dan tidak pernah berselisih. Itulah kenapa mereka selalu menghargai sesamanya dan menghindari kerusuhan.

Selain itu, budaya menyapa kepada siapa saja orang yang lewat di depan mereka menunjukkan kesopanan yang tinggi di kehidupan suku. Keramah tamahan dan kesopanan inilah yang membuat wisatawan betah saat mengunjungi tanah Sunda dan membuat mereka mendatanginya kembali saat liburan tiba.

  1. Humoris

Seseorang yang humoris tentu saja akan lebih menarik dan nyaman ketika diajak untuk berinteraksi. Kekhasan dari sifat masyarakat Sunda adalah gaya humoris mereka.

Memiliki logat yang khasnya, cara mereka melampiaskan amarah tidak terkesan menakutkan. Sebaliknya, cara marah mereka terkesan humoris sehingga siapapun yang berinteraksi dengan mereka akan terasa menyenangkan.

Karakter humoris ini membuat selebritis yang memiliki bakat melawak datang dari tanah Sunda. Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena pada setiap pribadi orang Sunda memang memiliki karakter ini.

  1. Murah senyum

Karakteristik yang murah senyum pada diri seseorang tentu saja akan membuat mereka lebih menarik. Salah satu hal yang membuat orang Sunda menarik adalah ciri khas mereka yang murah senyum.

Selain murah senyum, mereka juga ramah kepada siapapun. Pada setiap pribadi masyarakat Sunda telah melekat karakter ramah, bersikap baik kepada sesama, menjaga dan menjamu serta membahagiakan tamu.

Seseorang yang murah senyum akan membuat orang lain menjadi lebih nyaman karena terkesan tidak mudah marah. Itulah mengapa membuat wisatawan yang berkunjung ke tanah Sunda menjadi betah.

  1. Kreatif

Kreatif merupakan jalan hidup masyarakat Sunda. Hal ini terlihat dari kenyataan bahwa banyak produk fashion yang datang dari daerah Bandung, dimana Bandung sendiri ini dihuni oleh hampir semua orang Sunda.

Hal tersebut menandakan bahwa masyarakatnya merupakan orang-orang yang kreatif. Selain itu, sedikitnya orang Sunda yang merantau menunjukkan bahwa mereka mampu memajukan daerah sendiri dengan usaha mereka.

Baca Juga :

Saat Anda mengunjungi tanah Sunda, akan disuguhi wisata belanja yang menjajakan berbagai macam fashion yang dapat dipilih. Selain itu, wisata kulinernya pun berbagai macam yang membuat Anda betah dan dijamin tidak kelaparan.

Hal-hal tersebut merupakan berbagai kebiasaan yang membuat wisatawan betah saat mengunjungi tanah Sunda. Demi membuktikan kebiasaan mereka yang memang menarik, luangkanlah waktu libur Anda untuk mengunjungi tanah Sunda sambil menikmati wisata belanja dan kuliner.




LEAVE A REPLY

Tulis komentar Anda
Masukkan nama Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.